Lega ala Nissan Livina XR

Kelas mini MPV menjadi kelas yang paling subur di pasar otomotif Indonesia. Tak ayal sebagian ATPM menempatkan setidaknya satu produk untuk meraup penghasilan di kelas ini.

Nah, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) juga tak mau ketinggalan berebut kue gemuknya pasar di ini.

Jumat pekan lalu, bertempat di lima lokasi sekaligus di Jakarta, NMI meluncurkan varian terbarunya Nissan Livina XR.

Dilihat dari tampilan, Livina tak ada bedanya dengan Grand Livina (GL) yang dilansir bulan April 2007 lalu. Dari depan hingga ke belakang 100% sama. Bisa dibilang inilah Grand Livina versi pendek.

“Masuknya Nissan ke segmen hatchback menambah variasi produk Nissan serta memperkuat penetrasi Nissan di pasar otomotif Indonesia,” kata Norio Ota Presiden Direktur NMI.

Livina memang memiliki misi berbeda dibandingkan saudara tuanya.

Sesuai dengan embel-embel hatchback, Livina XR hanya menyediakan dua baris tempat duduk untuk lima penumpang, satu baris atau dua orang lebih sedikit dari kapasitas versi terdahulu.

Dari sisi mesin, Livina hanya tersedia satu varian yaitu 1.5 liter. Versi sebelumnya selain varian mesin 1.5 liter juga tersedia varian 1.8 liter. Pengkhususan mesin 1.5 liter untuk Livina XR ini memang didasarkan pada kecocokan dengan bodinya yang lebih pendek.

Pangsa pasarnya pun berbeda. Grand Livina lebih ditujukan sebagai mobil keluarga. Sementara Livina ditujukan bagi orang muda yang aktif, dinamis, energik dan senang mengekspresikan diri.

Untuk versi Livina XR, Nissan menyediakan dua varian berdasarkan jenis transmisi. Untuk transmisi manual (M/T) lima percepatan dibanderol Rp 140,5 juta dan otomatis (A/T) empat percepatan dilego Rp 148,5 juta.

Persoalannya seberapa mampu Livina XR menggeser pesaing-pesaingnya? Pasalnya pasar segmen ini sudah cukup padat. Sebelumnya sudah ada Honda Jazz, Toyota Yaris, Suzuki Swift, Hyundai Getz, dan Daihatsu Sirion.

Tapi Teddy Irawan, Deputy Director Sales and Marketing NMI mengatakan Livina punya keunggulan dibandingkan saingannya di kelas ini yaitu ruang kabin yang lebih lega dan bagasi yang lebih luas.

Jika dibandingkan Grand Livina, versi terbaru ini lebih pendek 24,5 sentimeter dan dari sisi tinggi Livina lebih pendek 0,5 sentimeter.

Tapi tetap saja dengan panjang total 4175 mm, Livina menjadi satu-satunya di kelas ini yang punya panjang bodi lebih dari 4000 mm.

Kelegaan makin bertambah karena penghilangan satu baris bangku paling belakang menjadikan ruang bagasi tersedia luas.

“Keluhan para pengguna mobil jenis hatchback adalah ruang bagasi yang kecil dan sempitnya baris kedua. Livina meminimalkan keluhan ini,” katanya.

Selain itu Livina XR juga dilengkapi teknologi Electronic Power Steering (EPS) untuk mencergah power loss karena tidak mengambil tenaga mesin saat pengoperasiannya.

Tambahan lagi adalah pengaplikasian teknologi drive by wire yang kerap digunakan untuk mobil-mobil di kelas yang lebih tinggi.

Keunggulan ini toh, tak membuat Nissan terlalu gegabah. Mereka hanya menetapkan target penjualan 700 unit per bulan.

“Target penjualan Livina tahun ini adalah 7000 unit dari total target penjualan Nissan 35 ribu unit tahun 2008. Livina diharapkan memberikan kontribusi 20%,” kata Norio Ota.


SPESIFIKASI
Mesin:
HR15DE 4-cylinder, inline, 16 valve, DOHC & CVT (Continous Variable Valve-Timing Control)
Kapasitas: 1498 cc
Daya: 109 ps/6000 rpm
Torsi: 15.1 Kgm/4400 rpm
Transmisi: 5-speed manual, 4 speed otomatic
Dimensi (p/l/t): 4175/1690/1600 mm
Wheelbase: 2600 mm
Harga: Rp 140,5 juta (M/T); Rp 148,5 juta (A/T)

About these ads

62 thoughts on “Lega ala Nissan Livina XR

  1. Pro Parto…
    Setiap daerah selalu ada perbedaan harga… biasanya itu tergantung pada besarnya pajak di daerah masing2.. gitu bos…

  2. Mohon sharing-nya u/ konsumsi BBM, 1:…. BTW, pk Premium kan..
    Krn Swift & Yaris kudu pk Pertamax atw Premium TT spy kinerja mesin jd optimal & gk boros.

    Jg informasi perawatan (maintenance-nya), krn Jazz agak mahal di perawatan, kabarnya perawatan 20rb km pertama ngabisin dana hampir 1jt-an..

    Tx a lot

  3. Hi ceukokom.com…

    Nissan mengklaim konsumsi BBM Livina 1:17. Tapi perlu dicatat, pemakaian bahan bakar sangat tergantung pd gaya dan pola mengemudi kita masing2 lho…

    Nah, apakah bisa menggunakan premium? Jawabannya bisa2 saja.

    Tapi, ini ada tapinya, Nissan Livina–seperti jg Toyota Yaris dan Honda Jazz–diklaim lulus tes emisi level Euro 3. Ini artinya ketiga jenis mobil ini, jika ingin mesin bekerja optimal, sebaiknya & disarankan minimal menggunakan Pertamax.

    Kalo soal maintenence, standar aja sama. Kalo sampe 20km sih emang bisa 1 jt-an… Itu kan utk 3 kali servis :)

  4. aje gileee…
    ini raju kan?
    keren bro… tapi gw kok gak liat poto lo dipejeng? wah..wah kapan-kapan gw konsultasi nih…
    salut bro…
    (kelompok slah paham)

  5. saya tertarik juga nih mobil tapi saya juga tunggu jazz 2008,
    bolehkah minta masukan untuk maintenance mana yang lebih mahal, nissan LXR atau H jazz 2008 utk yang A/T, trims

  6. tarikan rada lebih lambat dibanding swift, jazz, Tapi senyap juga sich. Untuk main betot masih kalah ama swift, ini cocok untuk yang rada nibgrat lah bro

  7. Nissan punya nyali rupanya. Tiba-tiba saya ingat omongan Toru Hasegawa (Presdir Nissan Motor Indonesia sebelum Norio Ota). Dia bilang, “Nissan akan menjadi Mercedes-Benz nya mobil Jepang. Makanya range produk kami cukup besar”.
    Mungkin ada benarnya. Kalau lihat di pasaran -dimana Jazz dan Yaris lenggang kangkung- maka sangatlah mungkin Nissan memasuki segmen hatchback.
    Jujur, Livina keren, tapi Nissan sepertinya masih setengah hati buat memperbagus Livina. Tapi, mungkin itu strategi utk menyiasati pasar kali ya. Biar konsumen bisa dikejutkan dengan embel-embel baru ala pedagang, misalnya ada tambahan airbags, foglamp, etc,etc….

  8. Pro YaiM_King:
    Soal maintence sebenarnya mobil2 mini MPV cuma beda2 tipis… Khusus Livina kalo boleh saya bilang ya, so-so lah…
    Nah, kalo Jazz 2008, tak esktrim2 amat dibanding versi lama. Saya pernah liat di Tokyo Motor Show, Oktober 2007 lalu. Yg jelas tampil depan, lampu, bumper beda… Maintence? reasonable :)

    Pro itono:
    Soal performance, Suzuki emang terkenal bisa ngambil rpm bawah sampe ke atas. Lainnya? kalo nggak cuma bawah doang, ya atas doang. Tapi kadang tergantung gaya ngegasnya jg bos :)

    Pro andi:
    Sebenarnya masuknya Livina ke Indonesia rada kebalik. Aslinya, di Cina sana, Livina-lah produk pertama, baru Grand Livina. Sementara di Indonesia Grand Livina duluan baru Livina.
    Alasannya, kata mereka sih, Grand dimasukkan untuk menggerus pasar Avanza-Xenia yang super dominan. Kita tau juga pasar MPV adalah pasar paling gemuk. Sementara Livina buat menghambat Jazz dan Yaris.
    Kedua produk ini sebenarnya gak ada beda, istilahnya Grand Livina dipotong pantatnya jadilah Livina. Sehingga semua fitur nggak jauh beda…

  9. Pro ilham…
    Wah kalo soal inden kayaknya gitu deh, lama…
    Kasus yg sama jg terjadi pada Grand Livina. Itu lantaran permintaan yg banyak sementara kemampuan Nissan memproduksinya terbatas… jadi kalo mau beli, ya sabar2 aja bos :)

  10. Numpang lewat bror..

    Gw baru indent livina. lamanya indent 2 bulan.

    Interior sama seperti kakaknya. cuma utk exterior, dgn harga livina yg ada (harga hampir selevel Grand Livina tipe 1.5 SV = 143.5 jt), Livina memberikan kualitas yg lebih tinggi (setara Grand Livina tipe 1.8 XV), yakni Grill depan & handle pintu sdh Crom, Mirror sdh eletrik & warna sebodi.Dan yg pasti shock breakernya empuk & kelegaan bangku depan dan kedua serta bagasi, ok punya.

    thanks Bro Raju !

  11. Thanks Bro Harry atas infonya…

    Soal kelegaan emang menjadi salah satu item jualannya Nissan. Dibandingkan sekelasnya kayak Jazz, Yaris, Swift, atau Getz, Livina emang panjang. Jd gak salah kalo ruang kaki penumpang lbh oke…

    ‘N buat sekedar tambahan, kalo soal harga:
    - Nissan Grand Livina XV 1.5 A/T Rp 160 juta
    - Nissan Grand Livina XV 1.5 M/T Rp 151 juta
    - Nissan Grand Livina SV 1.5 M/T Rp 143,5 juta
    - Livina XR 1.5 A/T Rp 148,5 juta
    - Livina XR 1.5 M/T Rp 140,5 juta

  12. bro semua, gw mo indent livina XR yang M/T sekitar 8 jt kalau kita beli di pekan baru daripada jakarta. ada yg bisa kasih info lebih, kna gw dah jatuh cinta neh ama XR pas tadi sore nyoba punya teman gw…katanya livina dan grand lvina punya masalah di fuel indicator nya ?

  13. Setelah penantianku yg cukup lama… akhirnya datang juga!! horee.. LIVINA-ku dah nongkrong di garasi

    Mantab nih mobil, tarikannya maut… hehehe maap aja ya, soalnye mobil aye pake penggerak roda belakang… jadi begitu ganti yg ini…wuuiih kaget2 ama tarikannya.
    interiornya bagus, lega & bagasinya guede.

    Gw kasih jempol deh ama nissan. Top markotop !!

  14. Wah sida…. selamat ya. “Akhirnya datang juga” ngambil salh satu judul acara variety show di TV… hehehehe

  15. Saya rencana mau beli tapi masih khawatir sama biaya maintenance yang mahal, seperti merk Toyota. Boleh dong dikasih informasi mengenai biaya maintenancenya. Penggunaan BBM juga masih saya perhitungkan, apakah bener-bener jauh lebih irit?

  16. Andreas… meintanence kendaraan baru saat ini kalo dibilang sih so-so lah, nggak jauh2 beda… soal penggunaan bbm, utk mesin 1500 cc memang nggak terlalu boros… sekitar 12-15 km/liter… spt saya singgung di atas, penggunaan bbm jg sangat terpengaruh cara kita mengemudi:
    - jgn injak gas tiba2
    - jgn ngerem tiba2
    - pertahankan prm di kisaran 1500-3000

  17. Bro, mohon pencerahan nih..
    gw pengen beli mobil, pilihan sementara : Jazz, Livina, Swift, and Yaris.
    yg pengen dicompare :
    1. dgn gaya mengemudi yg sama, mana yg lebih hemat? & mana yg perform walau pake premium?
    2. mana yg lebih baik fitur2nya?
    3. mana yg menwarkan safety lebih baik?
    4. kualitas & kemudahan spare part dan maintenance?
    5. overall performance?

    thanks berat ya Bro…

  18. gw indent grand livina bulan 2 tanggal 3, ampe sekarang tanggal 21 may lom datang-datang..katanya sih bulan depan baru datang!?? apa memang gitu lama indent grand livina A/T?

  19. oh ya gw lupa, gw ditawar warna lain seperti warna hitam n silver, sedangkan gw indent warna grey, gw kecewa dengan nissan yang tidak tepat dalam pendistribusian, karena sebelumnya gw mendapakan kuesioner yang ternyata nama, alamat sama, tetapi tipe mobil beda..padahal gw baru pertama pemakai brand nissan yang sebelumnya gw pemakai toyota avanza, tetapi apa mau dikata gw da terlajur kecewa ma sistem nissan yang lambat dan plin plan..

  20. Buat bro Ricky….
    Jumlah pemesanan Livina (Grand Livina, Livina XR, maupun terakhir Livina X-Gear) memang di luar dugaan pihak nissan… ini membuat mereka kesulitan memenuhi permintaan yg lbh besar dr pasokan yg mereka dpt-kan…
    mengalihkan ke model, varian, atau warna lain adalah salah satu cara mereka mengatasi persoalan ini, tp jelas bkn solusi yg pas buat pemesan spt ricky…. mudah2an pesenannya cpt datang ya bos…

  21. Saya pernah bawah Grand Livina XV 1.5 M/T ke Bandung, dengan muatan 7 penumpang, tapi dengan mesin 1.5 lt ini tidak powerful pada putaran mesin rendah jadi tidak bertenaga pas nanjak, jadi kudu pake gear-1, gear-2 gk ada tenaganya.
    Apakah Livina XR mempunyai performance yang sama?
    Terus dengan beda harga 10-15 jutaan dengan XR, apakah X-gear patut dipertimbangkan?
    Pilih Toyota atau Suzuki? kayaknya udah mobil sejuta umat de, kalo Nissan ada kesan exclusivenya :)

  22. Hi putra…
    Jika bicara soal kapasitas mesin Grand Livina dan Livina XR sama aja. Tenaga maupun torsi. Tp, XR akan lebih bertenaga karena torque to weight-nya lbh baik. Artinya, bobot XR lbh ringan dari Grand Livina, sehingga kemampuan menarik kendaraan jd lbh bagus.
    Soal pertimbangan, Anda mau milih mobil utk apa? Personal atau keluarga? Kalo personal ya pasti lbh enak XR krn lbh kecil, tp Grand menang di kapasitas penumpang.

  23. Bung Raju, bolehkah sy bagi pengalaman dikit ke temen2 yang masih penasaran bgmn dg performa Nissan Livina XR…
    Setelah 4 bln sy pake, ini faktanya :
    1. Bensinnya super irit… jarak tempuh Solo-Jogja PP cuma berkurang 3 strip di Fuel indicator (pekiraaan sy sekitar 1ltr / 17-18 km)
    2. Mesin HR15DE 4-cylinder, inline, 16 valve, DOHC & CVT bikin tarikannya cukup responsif
    3. Handling & kenyamanan berkendaraan cukup bagus (joknya oke banget). Suspensinya jg ok
    4. Untuk di tanjakan, yg jenis Livina XR tdk ada masalah sama sekali, tapi pernah sy pinjam Grand Livina teman memang rada payah u/ nanjak. Hal ini bisa disadari bhw dgn penggerak roda depan Grand Livina akan terasa ngoyo jika menanjak dg muatan penumpang full 7 org (kalo ga salah design asli dr Jepun kan mmg yg Livina, sdgkn Grand Livina dimunculkn u/ memenuhi pasar MPV 7 seater di asia tenggara)
    5. Utk maintenance jelas lebih murah krn penggantian oli setiap 10.000km / 6 bulan (perbandingannya dg Toyota Kijang setiap 5.000km / 3 bln)
    6. Yang jelas kalo diparkiran umum (Mall, Kampus, dll) rasanya lebih PD & Exclusive aja… kalo Jazz , Avanza, ato Kijang kesannya memang “mobil sejuta umat”

    Thanx buat semuanya…

  24. wew…kalo saya ke kampus kira2 pp 73 km menghabiskan bensin 6 literan…jarak rumah dari bsd ke grogol…….
    termasuk irit ga sih?
    thx….

  25. 73 km menghabiskan 6 liter berarti sekirar 12,1 km/liter… hmmm standar2 aja sih aguro… tapi mungkin bisa naik “dikit” bgt… coba cek settingannya lagi di bengkel resmi…

  26. Bos Arya…. saya kebetulan bukan org yg terlalu suka banyak pernak pernik,jadi kalau disuruh memilih saya prefer g XR aja…

  27. salam kenal, saya pemakai xr di surabaya. sering surabaya kediri kalau nyetirnya lagi kalem… bisa 1/19 bensinnya lho. tapi emang kalau lagi pengen adrenalin naik 1/17an lah. udah ada clubnya neh?

  28. pak raju, nyetir XR yang matic itu susah nggak sih. apa aja yang mesti diperhatikan di tuas persnelling waktu genjot yang matic? kan ada huruf P, N. D, R, terus apa lagi ya???

  29. Arif… sebenarnya mengemudi mobil dengan transmisi matic nggak susah kayak yg dibayangin org2.. kuncinya ada bbrp hal yg hrs diperhatikan:

    1. Posisi persneling
    P = parking, N = netral, D = drive utk jalan, dan R = reserve untuk mundur. Nah perhatikan benar urut2an nya, jgn sampai salah. Kebanyakan org over yakin sehingga maunya memasukkan gigi ke D ternyata nyelonong ke R… ini sering terjadi pada persneling matic yg modelnya in-line (lurus) bukan gate type shift lever (berbelok) misalnya pada New Avanza.

    2. Rem
    Usahakan kaki tetap berada di rem sebelum persneling benar2 ada di posisi yg sdh kita inginkan. Jgn lepas dulu sebelum kita yakin.

    3. Gas
    Pada sebagian mobil ketika kita melepas rem, mobil sudah bergerak lumayan kencang tanpa harus menginjak pedal gas. Artinya, kenali benar2 tenaga mobil anda yg disalurkan pd gas. Bahkan dlm kondisi macet terkadang kita tdk perlu menginjak gas, cukup dgn rem, mobil sdh melaju…

    Semoga membantu….

  30. Mas Raju, saya senang dengan opini2 tentang otomotif. Kebetula saya juga sedang mempertimbangkan untuk membeli produk Nissan Livina XR. Dengan opini2 anda dan teman2 yang sudah memiliki, semakin mantaplah pertimbangan saya dalam memilih Livina. Terima kasih buat anda dan teman2.

  31. Mas Raju,

    mohon info, untuk Livina XR / 1.5 L ,
    putaran mesin yang optimal berkisar antara :
    — rpm sampai dengan — rpm ,
    agar penggunaan bahan bakar optimal irit.
    Bila mungkin diberi petunjuk, kenapa demikian.

    Saya cari2 pada buku panduan, anehnya tidak
    dicantumkan keterangan yang penting ini.

    Terima kasih mas atas info nya.

    • Mas Yanto, dlm spesifikasinya disebutkan:
      Max. output (PS/rpm): 109 / 6000
      Max. torque (kg-m/rpm): 15.1 / 4400
      Artinya, Livina XR memang bermain di torsi atas… di rpm berapa utk bisa optimal penggunaan bahan bakar? memang tidak ada aturan atau panduan atau petunjuk yg “saklek” krn penggunaan bahan bakar sangat tergantung bagaimana cara kita mengemudi…

      secara umum tipsnya antara lain:
      - jgn menginjak gas tiba-tiba, injak lah pedal gas dgn lembut sesuai kebutuhan anda
      - jgn terlalu banya bermain di kecepatan tinggi
      - jgn mengerem tiba-tiba

      hentakan gas dan rem yg tiba2 akan membuat bahan bakar boros, demikian juga dengan melarikan kendaraan di kecepatan tinggi… cuma itu Mas Yanto…

  32. Mas Raju,..klo mo beli cash msh indent jg kah?brp lama yaa?dpt discount max brp? rencana mo ngambil nyang LIVINA XR

    • jain… setahu saya, cash atau kredit ttp hrs menunggu, berapa lama? tergantung ketersediaan barang… tp pastinya yg cash akan mendapat prioritas… XR? wah pilihan yg bagus… semoga cepet ya….

  33. Mas Raju,..harga livina XR saat ini berapa yah??kalau di kota makassar ada dealer resminya ga?trus malsah garansi servis gratis dapet sampe brp bulan/km?mohon infonya kepingin beli Livina XR

  34. Mas Raju,

    Saya lagi bingung, pilih Livina XR M/T atau Yaris E M/T. Klo liat kenyamanan, kayaknya Livina menang…tapi kalo model, Yaris lebih oke (tapi udah sejuta umat).
    Kalo tarikan n handling-nya menang mana?

    Thx advice-nya

    • Dari sisi dimensi, Livina XR memang lebih besar (4175 x 1690 x 1600) sementara Yaris E MT (3750 x 1695 x 1520).

      Keduanya sama-sama menggunakan mesin 1.5 liter. Livina unggul sedikit dari torsi. Livina punya daya maksimum 109 ps pada 6000 rpm dan torsi 15.1 @ 4400 rpm. Tapi beratnya 1117 kg.

      Sedangkan Yaris Daya Maksimum 109 ps @ 6000 rpm dan Torsi Maksimum 14.4 kgm @ 4200 rpm. Namun punya berat cuma 1035 kg.

      Nah, kalo berdasarkan dua data itu, Livina secara tarikan lebih unggul tapi harus menarik beban yg lebih berat dibandingkan Yaris. Dgn kata lain gesit nya, lebih gesit Yaris.

      Satu yg perlu jadi pertimbangan lain adalah soal harga. Livina XR MT dibanderol Rp 171,7 juta sedangkan harga Yaris Rp 198,150 juta.

  35. Mas lagi bingung nih.. Mending mana mazda2 s/at,terios ts/at apa livina xr at.. Dari segi hemat bbm,biaya maintance,harga jual kembali. Mohon petunjuk.. Trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s