Tata Nano, Si Murah dari India


“Saya melihat satu keluarga mengendarai sepeda motor. Sang ayah memegang kemudi, anak laki-lakinya di depan, istri duduk di belakang sambil menggendong seorang bayi.”

Semua berawal dari keprihatinan Ratan N Tata, Chairperson Tata Group, induk perusahaan Tata Motors Co, perusahaan asal India. “Saya berpikir tentang sebuah kendaraan roda empat yang aman, layak, bisa dikendarai kapanpun bagi keluarga seperti itu,” katanya.

Maka lahirlah Tata Nano yang diperkenalkan secara resmi pada Delhi Motor Show 2008, pekan lalu. Dinasbihkan sebagai “Mobil Rakyat”, Nano dibanderol seharga 1-Lakh alias 100 ribu rupee. Nah, angka ini kalau dikonversikan ke rupiah menjadi sekitar Rp 24 juta!

Yup… Rp 24 juta saja.

Maklum pada awalnya, Nano awalnya ditujukan bagi keluarga India yang memiliki kendaraan roda dua tapi tak bisa membeli kendaraan roda empat alias mobil.

Nano adalah city car terkecil dunia dengan dimensi panjang 3.100 mm, lebar 1.500 mm dan tinggi 1.600 mm tapi sanggup menampung empat penumpang.

Tapi jangan salah, mobil hatchabck 5 pintu ini di pasangi Value Motronic fuel injection buatan Bosch. Mesin dua silinder berkapasitas 623 cc berbahan alumunium ini dipasang dibangian belakang.

Berkekuatan 33 hp dengan transmisi 4-speed manual. Bosch’s Value Motronic fuel injection and Engine Management. Konsumsi bensinnya cukup irit berkisar antara 5 liter per 100 km.

Nano yang dikembangkan sejak 2003 ini diklaim bisa mencapai kecepatan sampai 105 km/jam dengan akselerasi 0-70 km yang dicapai dalam waktu 14 detik.

Itu baru soal mesin. Yang cukup mengejutkan Tata mengklaim mobil ini sudah lulus uji <I>crash test<I> dan tes emisi tingkat EURO 4.

Soal fasilitas memang sesuai dengan harganya. Tata akan memproduksi Nano di Tata Singur Plan, Bengal Barat, yang berkapasitas 250 ribu sampai 350 ribu unit.

Tata memproduksi dua varian Nano; standar dan luxury. Untuk model standar mobil rear-wheel drive ini benar-benar standar. Tidak dilengkapi power steering, penyejuk udara (AC), airbags apalagi ABS (Antilock Braking System).

Dashboard pun hanya dipasangi speedometer analog, fuel gauge dan oil light. Tapi semua kelengkapan ini tersedia di varian luxury. Plus warna double tone, fog lamp, central lock, dan power windows.

Apakah akan masuk ke Indonesia? Memang belum ada kabar. Di Indonesia sendiri tak banyak ATPM yang berani bermain di segmen mobil bermesin di bawah 1.000 cc. Kalaupun ada adalah hanyalah Chery QQ dan Daihatsu Ceria yang sama-sama dipasok mesin 800 cc.

Ceria yang menyediakan tiga varian dengan rentang harga Rp 68 juta hingga Rp 80 juta tak lagi banyak terdengar.

Barangkali Chery QQ yang lagi naik daun. Dari tiga model yang ada dengan rentang harga Rp 75 juta sampai Rp 80 juta, sepanjang tahun 2007, total sudah terjual sebanyak 752 unit.

Satu lagi adalah Subaru dengan duet R1 dan R2. Tapi mobil bermesin 650 cc ini dibanderol Rp 155 juta (R1) dan Rp 145 juta (R2). Alhasil dari data penjulan Gaikindo (Gabungan Industri Otomotif Indonesia), dua model ini baru terjual 13 unit.

Nah, kalaupun masuk ke Indonesia maka harga Si Mobil Rakyat inipun akan tetap melambung terkena bea masuk. Seperti yang dialami Cherry yang di Cina sana dijual sekitar Rp 47 juta-an.

Hmmm… kalau memang jadi masuk Indonesia, saingan ama “kancil” nggak sih?

Kenapa bisa murah?

- Bensin, 2-cylinder, 625cc, 33 PS, Bosch
- Konsumsi bahan bakar: 20 km/liter
- Kecepatan maksimal 105 km/jam
- Spedometer analog, odometer, penunjuk bahan bakar
- AC opsional
- Tidak ada radio, power steering, ABS, dan air bags
- Bagasi depan hanya aki, botol air wiper
- Wiper tunggal
- Rear wheel drive
- Menggunakan continous variable transmission
- Bodi ringan karena menggunakan campuran plastik
- Hanya cukup kuat melaju hingga 72 km/jam, tapi mudah goyang di kecepatan tinggi

Sumber: Tata, Business Standar Motoring, Graphic News

About these ads

82 thoughts on “Tata Nano, Si Murah dari India

  1. Aku tertarik untuk membeli mobil itu karena hemat energi dan harganya pas dikantong,tapi kalau masuk ke indonesia pasti harga jadi selangit karena dengan alasan pajak bea masuk jadi timggi akhirnya mobil itu bukan lagi jadi mobil rakyat.apalagi membuat ATPM mapan jadi kebakaran jenggot takut mobil2 mereka ngak laku ujung2nya mereka rame2 menyuap bea cukai utk menerapkan bea tinngi utk hadang kehadiran Tata Nano iya kan? indonesia kan milik orang2 kaya? orang miskin kan hanya numpang.

  2. Mobil kecil & murah memang menjadi mimpi banyak pihak… Pabrikan dunia sebenarnya sdh banyak yg tengah membangun mobil murah.. Utk Tata Nano, bener yg Han bilang, jika benar masuk Indonesia maka harganya akan naik tinggi… Persoalannya: bea masuk yg tinggi.

    Satu contoh adalah Chery QQ. Di Cina sana, QQ dijual di bawah Rp 40 juta. Di sini?
    - Chery QQ GX 0.8 M/T: Rp 80,200,000
    - Chery QQ LX 0.8 M/T: Rp 78,250,000
    - Chery QQ SX 0.8 M/T: Rp 75,900,000

    Soal campur tangan ATPM utk bea masuk, saya pikir nggak akan sejauh itu. Chery–mungkin juga Karimun Estilo–terbukti ttp gak bisa laku2 amat. Konsumen di Indonesia sudah pintar… dan tdk bisa tergiur dgn produk yg menawarkan harga murah saja.

  3. Ok Raju ,konsumen Indonesia itu punya kebiasan ikut2an aja bukan karena melihat kuwlitas produk bukti banyak karena terpengaruh suatu merk laku keras dan laris meskipun harganya makin hari oleh pabriknya dibikin MAHAL harga naik terus mereka tetap aja ikutan rame2 beli ngak mikir apa produk2 itu selanjutnya punya kuwalitas atau tidak pada akkhirnya mereka ketipu karena suatu merk laku keras akhirnya soal kuwalitas dilupakan contoh: motor jepang bergambar sayap,dulu memang kuwalitas bagus tapi sekarang? kalah jauh sama pesaing2nya tetapi karena merk terkenal terpaksa konsumenya membeli meski akhirnya pada ngedumel.
    kembali keproduk India aku lebih percaya komitmen tehnologi India di banding Cina,jaman dahulu produk baja india sudah sangat di akui kuwalitasnya di Indonesia,juga tehnologi india sudah merambah keruang angkasa.jadi aku percaya meski Tata Nano murah tapi tetap berkuwalitas.moga2 Tata Nano dalam waktu singkat bisa dipasarkan diIndonesia.

  4. sebenarnya gw tertarik ama harga, lumayan bisa bawa ke sekolah, tapi bener tuh yang di bilang Han ama Raju, pasti kalo masuk Indonasia, harganya melambung tinggi macam QQ ama Estilo……… kalo sampe melambung tinggi, kayaknya jauh lebih baik gw make avanza kale!!!

  5. Konsumen kita ikut2an? bisa jadi, dgn kata lain biar nggak ketinggalan trend hehehehe….

    Tp ada satu hal yg membuat konsumen Indonesia “unik” (ini diakui banyak ATPM). Sebelum membeli mereka sdh jual. Artinya: Oke, saya beli Toyota atau Honda krn harga second nya ttp tinggi.

    Ini yg membuat mobil (contoh aja) Renault, Peugeot, Chevrolet, Nissan atau Mazda ttp gak bisa menembus tiga besar Toyota, Honda dan Suzuki… padahal kalo dilihat kualitasnya gak kalah….

    Soal teknologi, saya setuju dgn Han, India justru lebih maju dr Cina. Buktinya Tata Motors skrg ini adalah pemilik sebagian saham Jaguar dan Land Rover. Mereka bahkan tengah membangun proyek kendaraan murah bersama Renault dan Nissan.

    • Mobil india lebih maju dari mob cin? yg bener aja?

      Soal akuisisi Jaguar dan Land Rover, itu mah cuman soal duit aja

      China udah bisa bikin mobil hibrid, bahkan bikin mobil listrik yg lebih canggih dari GM volt, sementara India belum kedengeran.

      Apakah India sudah mampu bikin mesin mobil yg cukup baik?

  6. Satu bulan lalu aku sempat dongkol saat menebus motor Honda Tiger dg bandrol Rp.23.5jt sesampai dirumah aku nyesal dan berangan2 andai aja si Tata Nano dijual di Indonesia pasti deh aku ngak akan jadi beli tiger pasti uangnya sudah aku belikan Tata Nano kalau dikendarai pasti ngak akan kehujanan dan kepanasan.Tentu Raju setuju kalau memahami ceritaku aspek kenapa nanti ATPM jenggotnya pada kobong? Kalau Tata Nano dijual seharga Tigi? Wah bisa2 colon pembeli motor rame2 lari pilih si Tata mungil..

  7. Pengendara roda dua inilah yang sebenarnya menjadi market target dari Ratan N Tata, Chairperson Tata Group, ketika memproduksi Tata Nano.
    Bicara soal harga kendaraan, entah motor atau mobil, sebenarnya ada jarak antara harga kosong (bukan off-the-road lho ya) dgn harga jual yg kita tau di dealer2….
    Jadi saya dpt cerita dr se-org teman, yg mau beli motor bebek. Di hrs membayar ke dealer seharga Rp 18 juta. Nah, ternyata harga kosong motor itu cuma Rp 10 juta. Lalu selisih Rp 8 jutanya?
    Tapi saya pikir menarik jg seandainya Tata Nano bener masuk ke Indonesia… Atau Han mau jd main dealer-nya? :)

  8. kalau regulasi memihak rakyat sehingga kita bisa jual murah si Nano,aku siap deh jadi main dealer.tapi kalau kondisi pemerintahan seperti sekarang ini kayaknya ngak akan mungkin kalau terpaksa masuk indonesia pasti harga tidak mihak rakyat lagi ujung2nya dikaitkan BBM dll bisa-bisa harga si Nano jadi Rp 60jt an.iya kan..?

  9. Kalau kita melihat kondisi masyarakat Indonesia sepertinya banyak sekali ketidakadilan yg terjadi. Mobil-mobil mewah berseliweran hanya ditumpangi 1 atau 2 orang, sementara sepeda motor ditumpangi 4 orang. Bahkan, tidak jarang kita melihat bayi digendong naik motor.

    Kondisi angkutan umum juga sangat buruk, bus dipenuhi sesak penumpang tanpa memperdulikan aspek keselamatan apalagi kenyamanan. Kereta Api Listrik lebih parah lagi, sangat berjubel dan rawan kejahatan.

    Pertanyaan sekarang? Apakah rela mereka yang sudah nyaman dengan kondisi seperti ini menyaksikan masyarakat ekonomi menengah ikut menikmati sedikit perubahan.

    Praktek KKN yg sudah sangat menggurita akan berpengaruh masuknya produk baru, seperti Tata Nano, ke Indonesia. Banyak pemain lama yang tidak ingin hancur usahanya. Itu pasti!

  10. To Iwan… situasi, kondisi, di Indonesia emang rada aneh… bahkan atpm mobil pun mengakui hal itu. Tengok aja, mobil yang bagi sebagian kita mahal ternyata justru laku keras bak kacang goreng…

    Soal, apakah Tata Nano masuk Indonesia akan merusak? Saya pikir memang akan ada pengaruh tp nggak akan besar, alias kecil sekali. Alasannya? Org Indonesia udah pinter dlm urusna beli mobi.

    Mereka dah tau kualitas dan harag jual kembali… Inilah yang diakali atpm dgn berlomba2 memasukkan mobil baru, tentu dgn catatan harga yg baru pula..

  11. Tata nano akan menjadi mahal apabila masuk ke Indonesia. Kalo di India harganya 25 jutaan, tapi kalo masuk indonesia mungkin jadi 60 jutaan. Harga bengkak karena bea masuk yang tarifnya tinggi. Sebenarnya pengusaha industri mobil di india terobsesi menciptakan mobil murah untuk rakyat kelas bawah karena kasihan melihat pengendara sepeda motor yang berdesak-desakan sekeluarga diterik panas ataupun diguyur hujan. Indonesia punya orang kaya yang bahkan terkaya di Asia, yaitu Aburizal Bakri. Kita cinta produk indonesia. Cobalah buat produk mobil murah seperti pengusaha india itu lo, nah kalo tidak kena pajak karena diproduksi di indonesia kan kami wong cilik ini bisa kredit. Jangan mikirin untung melulu dong, mana baktimu untuk bangsa ini yang sudah menobatkan anda sebagai orang terkaya di Asia,

  12. Wahai konglomerat Indonesia yang budiman, jiplak itu mobil murah buatan india “Si tata nano” kalo tidak bisa ciptakan sendiri. Soal nama ganti aja jadi kuntil, asal jangan dipanjangin jadi kuntilanak! nanti kuntilmamak bisa marah. Soal jiplak menjiplak indonesia kan jagonya.
    Kalo pengusaha India perduli rakyat kecil (wogn cilik), kenapa konglomerat malah buat rakyat melarat. HUtan digundili, tambang dikerokin, lumpur dibiarin, masak nggak diapa-apain. Kapan Indonesia akan maju seperti jepang, Korea atau India kalo rakyatnya dibodoh-bodohin. Sadar dong sebelum dikubur.

  13. saya pernah lihat mobil india yang lebih mungil lagi dari Tata Nano, dua pintu, waktu saya sedang jalan2 di market place di bangalore, sayang saya gak melihat merk-nya, berapa kursinya. saya sempat ambil fotonya, kalo ada yang tertarik saya akan kirim fotonya, mungkin ada yang tahu mobil apa ini.

  14. wah menarik tuh bos.. kirim aja, mungkin foto plus sedikit cerita kapan dan dimana… barangkali bisa buat bahan diskusi kita….

  15. Bulan maret lalu saya ada kesempatan ke India, sempat ke Bangalore selama 6 hari. Waktu jalan2 di market place (namanya kok lupa ya) ada iring2an kendaraan mungil, lucu, jadi saya potret. Nah waktu ada berita tentang mobil murah India, saya jadi tertarik buka2 internet sampe ketemu blog anda ini. Semula saya mengira mobil yang saya lihat tsb adalah Tata Nano, ternyata bukan. Saya kagum dengan India yang komit untuk bangun negerinya, dalam segala hal, meski negeri itu memiliki kemiskinan yang amat menyedihkan (30% penduduk miskin, pengemis dimana2), tetapi mereka punya kebanggaan dan kemandirian. Oya ke mana potret mobil tsb dapat saya kirimkan, Pak Raju? saya tidak melihat ada button untuk upload gambar di blog anda ini (maaf saya gak mahir dengan pemrograman web).

  16. kalo coma buat Mobil Murah Gampang kali lah BAGI bangsa kita YANG BESAR ini (Indonesia)….Besi Terbang aja (PESAWAT) BISA.
    MASALAHNYA Indonesia Negara Kaya dan KONSUMENois???, jadi kalo kita juga Buat Mobil Murah, Super Murah Malah, Trus Mobil Jepang, Eropa, Amrik, Malaysia, China DLL yang beli Mobil mereka Siapa? kalo Bukan Bangsa kita Yang Kaya ini dan Terkenal Dengan Gaya Hidup BOROS nya???
    Hayoo jawab?? Bgimana??

  17. Apa yg dikatakan Heri ada benernya… masa kita bisa pesawat terbang, masa giliran bikin mobil (nasional) kita nggak bisa??

    Tapi ada satu sifat yg membuat Indonesia ini “hebat”… Kalo urusan mobil, org Indonesia nggak mau yg sama atau yg banyak dipake org (alias mobil sejuta umat)…. kalo bisa mobil yg dipake cuma 1-1 nya di indonesia…

  18. Pingback: Tata Nano Versi Diesel « raju febrian’s weblog

  19. Saya sgt tertarik sekali, sayangnya indonesia belum
    berani memasarkan. kira2 kapan indonesia
    bisa menjual tata nano ini ya

  20. Sampai saat ini memang blm ada kabar sama sekali soal bakal masuknya Tata Nano ke Indonesia… tapi denger2 Toyota yg akan bikin mobil murah thn 2010… detailnya masih serba rahasia: modelnya, harganya, namanya… masih rahasia… jadi kita tunggu aja perkembangannnya bos gunawan….

  21. Sebenernya kita punya peluang utk punya mobil seperti Tata Nano. Coba cek detik.com, PT INKA udh bisa bikin prototipe mobil murah berkapasitas 600-an cc. Pabrinya di madiun dan kalo dipasarkan harganya maksimal Rp 45 juta tp kosong tanpa tape & AC. Nah, ini bagus dong. Kalo pemerintah serius, proyek itu dibantu biar harganya bs lebih murah lagi & kita bener-bener punya mobil murah buatan dalam negri

  22. dhi PT INKA Itu Buatannya “kancil”Jangan Salah Kalo harga lebih mahal 4 juta(hingga seterusnya)untuk berhadapan dengan”airbag”

  23. KALO Baru sekitar 24 juta,berarti bekas…….kita tunggu jawabannya.1hari,1 minggu,1 Bulan 1 tahun, 1dekade,1 abad(walah… belum juga kelar,bodo amat)

  24. King…. menurut lu sanggup nggak sih Indonesia bikin mobnas? modelnya yg kaya apa? karakteristiknya? dan harga kisaran berapa?

  25. Biar Gimana juga gw pengin tuh mobil, masa dari dulu cuma mimpi. Orang kaya tuh ada kasihannya gak sih sama orang kita yang cuma bisa ngeliat mereka.

  26. hahahaha anis… kita berdoa aja pemerintah bener2 serius ngegarap mobnas (mobil nasional) krn saya yakin harganya akan jauh lbh murah dibandingkan mobil2 yg ada skrg..

  27. kayaknya bagus tuh mobil tata nano…
    sudah ngak kena hujan,murah lagi….
    tapi kalau masuk ke indonesia pasti mahal…
    kan pemerintah juga kejar uang..hehehehe

  28. bagus yach, ada mobil murah….
    modelnya unik, seperti estilo….
    tapi kalau masuk ke indonesia pasti haRGanya mahal…
    kasihan ya,orang indonesia…

    jangan mau kalah donk,
    masa indonesia taunya buat becak n angkot…
    indonesia buat mobil baru juga donk….
    kalau perlu mobil yanfg harganya terjangkau tapi modelnya keren…hehehehehheheeh

  29. buat siska dan fonny… salah satu masalah yg kerap bikin pusing atpm di Indonesia adalah pajak. Bayangin aja kalau sedan dari Jepang masuk ke Indonesia pajaknya bisa 50%.
    Oke, bener mobil seperti Tata Nano cukup bagus utk dipasarkan di Indonesia. Tapi kalau saya pribadi menilai ada bbrp kesulitannya:
    1. Ya soal harga tadi, ketika masuk Indonesia harganya akan lbh mahal ketimbang di India sana.
    2. Merek. Orang Indonesia termasuk yg loyal terhadap merek. Nah, apa sanggup Tata menembus dominasi itu.
    3. Ini seharusnya bisa jadi pemicu Indonesia utk bisa bikin mobil nasional sendiri…

    • Iya neh Bang Raju, seharusnya ada ATPM yang berani mengambil segmen pasar anak kolong. Tapi di Indonesia, mimpi kalee ye?

  30. mobil tsb ikut GT4 lo gw pernah pake lambat juga tapi menang di test course(atau twin ring motegi ya?lupa gua soalnya maen tadi pagi kenapa lupa ya??memory gw dah penuh)
    Equipment interior & xtrior:
    xterior:
    Sunroof / Moonroof:Not Present
    Front fog lamp:Option
    Rear fog lamp:Not Present
    Xenon headlight (Discharge lamp):Not Present
    Projector headlight:Not Present
    Rear wiper:Option
    Front spoiler:Not Present
    Rear or roof spoiler:Not Present
    ABS (Antilock brake system):Not Present
    TCS (Traction control system):Not Present
    LSD (Limited slip differential):Not Present
    Privacy glass:Present
    UV cutting glass:Not Present
    Aluminium wheel:Not Present

    interior e-quipment:
    Air conditioner:Manual
    Wood panel:Option
    Cruise control:Not Present
    Centralized door lock:Not Present
    Power window:Not Present
    Steering wheel telescopic:Not Present
    Steering wheel tilt:Not Present
    Leather steering wheel:Not Present
    Power front seat:Not Present
    Power rear seat:Not Present
    Leather seat:Not Present
    Falling down type rear seat:Not Present
    Child seat fixed with seat belt:Not Present
    Rear ELR3 point seat belt :Not Present
    Front seat pretensioner seat belt:Not Present
    Fourth limited front seat belt:Not Present
    Side impact bar:Not Present
    Airbag (Driver):Option
    Airbag (Passenger):Not Present
    Airbag (Side):Not Present
    Audio deck:Not Present
    CD-player:Not Present
    Car navigation system:Not Present

  31. eh video youtube ini mesti loe lihat tapi addressnya?

    cerita iklan saingan sienta dari daihatsu:
    orang mo rekam video(mukanya mirip vj daniel)di dlm mobil.tapi begitu ngmng:Standby!OK!langsung Ada peringatan baterenya habis.mo ngmbil batre di roof storage(klu nggk slh)eh malah digangguin balitanya sendiri langsung deh si orang ketakutan kejedot
    (kalau nggak zalh)ngomong:heeeeeeeeeeeeee?langsung gantian si ibu deh ngerekem lalu orang yang mrp VJ Daniel tsb pura2 mnt maaf sama anaknya sendiri.lhoooo?(padahal ada yg slh tdk?simak dulu videonya)model maaf:sujud.
    mobil apakah yang jadi saingan Sienta tsb yang diceritakan di atas?
    A.Tanto
    B.Move Conte/customnya

  32. pemerintah kalau memang peduli dg rakyat jelata import tu mobil tata nano biar gak motor satu dinaiki 6 orang seperti akrobat kalau gak ditilang polisi krn yang naik lebih dari dua.
    Memangnya kalau ke rumah saudara anak2nya gak diajak??
    Kapan nano mau di import saya mau beli duluan tapi harganya 25 jutaan biar sekali kali merasakan naik mobil sendiri

  33. Pingback: Nano, Mobil Rp 30 Juta dari India « raju febrian’s weblog

  34. Mumpung musin kampanye neh. capres mana yang mau bangun mobil nasional seharga tata nano tak pilih wis. setuju sodara-sodara?

  35. Tolong pemerintah bisa merealisasikan hal ini. Masyarakat kita sudah semakin sengsara ditambah dengan adanya krisis global, harga mobil melonjak 20-30%. Inilah suatu kebijakan yang sangat baik khususnya buat pengendara roda 2, bisa memilih yang lebih aman dan irit. Tidak harus ugal2an lagi di jalan demi memburu waktu (lewat tol) atau ketika sedang kehujanan. Pemerintah jangan hanya sibuk memikirkan partai berilah solusi buat rakyat. Salam hormat buat kita semua.

  36. waaahhh…untuk ibu rumah tangga…mengantar anak dan belanja…lebih efisien, harga terjangkau lagi…harga melambung tinggi kalau masuk ke Indonesia??? entahlah…kapan ada orang kaya Indonesia ada yang tidak egois, mau berfikir tentang nasib orang kecil seperti Ratan N Tata…? kalo enggak mau mobil kaya Tata Nano masuk ke Indonesia, kenapa gak coba mikir bikin mobil 24 jutaan juga…? Tapi kelamaan buat kita…pantes banyak yang golput…gak ngerti arah Indonesia…maunya memperkaya orang yang sudah kaya…!Go…Go…Tata nano…gw do’ain…dia masuk dengan harga hanya 40 jt saja(Kalo orang kaya di Indonesia mau bersedekah sedikit saja untuk orang kecil…)

  37. Setuju bu Ika. cuman yg boleh beli ibu2 yg antar anak sekolah aja. Kalo semua pada beli buat gantiin motor, wah ngga kebayang macetnya jalanan di Indonesia raya ini.
    Salam.

  38. Ini baru namanya mobil yang benar-benar murah dan sangat membantu daya beli masyarakat kelas rendah dapat memiliki mobil pribadi yang berkualitas karena tata sudah teruji dengan bus kotanya yang hilir mudik di kota seluruh indonesia

  39. Nggak ada untungnya jadi rakyat indonesia.,.,.,.
    Pemerintahnya nggak memihak kerakyat.,.,
    cuman memihak ke orang kaya

  40. kapan masuk ke Indonesia? tolong jangan dikenai pajak terlalu tinggi, biar orang2 biasa bisa naik mobil. Kan kita tidak mau dicap sebagai negara motor, yaitu rakyat yg hanya mampu beli motor dan pemerintahnya tidak sanggup menyediakan Mass Rapid Transport yg layak.

    • Luke…. sampai saat ini belum ada informasi sama sekali soal rencana masuk Indonesia. Tapi seandainya masuk diperkirakan harganya di kisaran 40-an juta… Nano sendiri sudah punya 2 tipe, standar dan lux

  41. untuk semua…klo boleh saya tau…alamat,nomor telephone dealer resmi TATA NANO untuk wilayah jakarta…
    kalau ada yang tau tolong dong add ke email saya : opieadhin@gmail.com
    atau telp ke saya : (021)91701818
    Thanks to ALL

    • mas darwain… Tata belom punya perwakilan di Indonesia.. saya denger2 mereke sudah melakukan study tp belom ada kepastian kapan akan resmi masuk Indonesia….

  42. tolong di indonesia hrs di terapkan mobil seperti ini agar jakarta tidak macet…….buat apa mobil besar2 isinya cuma 2 atau 1 penumpang saja…..jadi mobil sesuai dengan fungsinya……………………..biar kalangan mennegah kebawah bisa merasakan nikmatnya naik mobil………

  43. Pemerintah Indonesia tak sedikit pun terlihat berpihak kepada rakyat kecil dalam urusan kendaraan keluarga yang aman tapi harganya terjangkau kalangan bawah. Nanti jika ada perbincangan mengenai izin memasukkan Tata Nano ke Indonesia, di seberang sana akan ditanya “Wani Piro?” Sehingga kemudian, harga jualnya di sini menjadi 2 – 2.5 kali lipat harga aslinya di tingkat produsen. Padahal kenapa harus dibebani pajak/bea masuk begitu besar? Pemerintah sudah akan mendapatkan banyak pemasukan dari pajak kepemilikan kendaraan, kan. Lebih banyak kendaraan, lebih banyak pajak masuk ke kas negara.

  44. harusnya Indonesia sudah bisa memproduksi mobilmurah secara masal dan berkualitas, dong,,, sudah merdeka 65 tahun masih dicekokin sama mobil luar negeri terus ( dari jepang ,, eropa , amerika cina dll) kapan kapan kapan kapan majunya,,/?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  45. kapan majunya indonesia sudah merdeka 65 tahun masih dicekokin mobil luar negeri terus ??????????????????????????????????????????????????

  46. INDONESIA KAPAN BISA BIKIN MOBIL MURAH DAN BERKUALITAS ??????????????????????????????????????????????????????

    kapan DOOOOOONG

  47. pingin banget ngantar anak sekolah gak pake kehujanan dan kedinginan… kasihan anak2… bisa sakit… ongkos lagi buat ke dokter… seandainya mobil ini beredar di indonesia seharga (..jangan mahal2 yah… ngarep.com…) 30 jutaan gitu mau deh ambil … ( ada syaratnya… kredit gitu … maklum masih masuk ke golongan orang kebanyakan… miskin.. heheh…

  48. yang jelas kawan-indonesia blum mampu punya mobil sendiri jd barang negara lain mahal………ada mobil anak bangsa itupun tidak ada kelanjutannya ,,,,,,,,,,padahal saya cinta produk indonesia terutama mobilnya….tp gimana masih banyak koooooruuupppppsiiiiii d indonesia……..

  49. kalo mobil murah sampe 24 jtan..harga mtr jd pada anjlok dong…asyiiiik…ahahaaa
    tapi bli mblna dlu deh………..
    tata mtr kini udah ada iklannya di tipi2 kok…………….
    tinggal nunggu wktunya aj………….
    moga2 harga ndak jauh dr 24 jtan…………….
    tapi sodara barusan ane daped info hosnyut ttg mobil saingan nano tata: http://oto.detik.com/read/2012/09/17/151656/2022306/1207/mobil-murah-toyota-dan-daihatsu-untuk-jegal-tata-nano?o9911011207
    cegidot…
    kye ane pilih nie barang aje….

  50. Kalau bener tata nano dijual dengan harga murah,pasti akan banyak membantu masarakat yang kurang mampu beli mobil jepang.Tapi harus pastikan mesin awet dong.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s