Hyundai H-1, Kejutan MPV Premium

“Haaaa nyetir mobil segede ini?” Saya benar-benar suprise begitu melihat langsung Hyundai H-1 (baca: H one), Luxurious MPV boyongan PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI).

Tepat di awal bulan ini, saya mendapat kesempatan mencoba Multi Purpose Vehicle (MPV) anyar milik Hyundai di Intercontinental Bali Resort, Jimbaran. Peluncurannya sendiri baru dilakukan di Senayan City, Jakarta, Jumat kemarin.

Awalnya, jujur, ngeliat bodinya saya rada-rada males. Maklumlah, untuk mobil segede ini, tentu lebih enak jadi penumpang, duduk nyaman di bangku belakang.

“Wah kalo mobil gini sih mending jadi bos di belakang,” kataseorang rekan.

Sekilas dari luar, Hyundai H-1 memang cocok membawa keluarga, wisatawan atau pelaku bisnis dalam jumlah banyak.

Tengok saja bodinya yang benar-benar bongsor. Panjangnya mencapai 5.125 mm hanya kalah 165 mm dari Volkswagen Transporter. Tingginya 1.925 mm dan lebar 1.920 mm–malah–merupakan yang terlebar di kelasnya.

HMI untuk saat ini menyediakan varian dengan sembilan dan 12 tempat duduk. “Kita tengah merancang yang berkapasitas tujuh tempat duduk,” kata Jongkie D. Sugiharto, Presiden Direktur PT HMI.

Tampilan luar dilengkapi large headlamp, fog lamp, dan grille radioator berlapis chrome. Di belakang rear plastic garnish plus Parking Sensor Distance.

Untuk masuk, pintu samping sistim geser–meski tidak elektrik–sangat memudahkan dan hemat tempat. Lebarnya 97,5 cm alias sedikit lagi satu meter sehingga tak ada masalah.

Interior? Two tone colour–black & baige–pada dasboard memberikan kesan mewah. Semua perangkat mudah dijangkau. Electro Chromatic Mirror meredam intensitas cahaya dari belakang pada malam hari dan stir dilengkapi Tilt Steering yang menyamankan pengemudi.

Awalnya, saya mencoba duduk di row kedua, nyaman. Pindah ke row ketiga, nggak kalah nyaman. Lalu masuk ke bagian paling belakang di row keempat, hmmm oke juga.

Hal ini lantaran Hyundai H-1 menggunakan uspensi Macpherson Strut (depan) dan Multi Link (belakang). Penumpang baris kedua dan tiga juga mengatur suhu pendingin berkat rear seat air control.

Kaca yang lebar di kiri kanan membuat penumpang bisa menikmati pemandangan dengan leluasa sembari dihibur audio system yang lumayan lengkap seperti CD, MP3, DVD, i-Pod ready dan dua LCD monitor.

Lama-lama penasaran juga. Di hari kedua, dari Bali Collection menuju Bandara Ngurai Rai, saya akhirnya mencoba juga menyetir.

Begitu duduk, ternyata handlingnya tak sesulit dibayangkan. Meski rada-rada khawatir dengan bodinya bongsor, Hyundai H-1 ternyata cukup mudah dikendalikan. Ini lantaran radius putarnya yang mencapai 5,61 meter. Jadi tak sulit jika mau parkir, tikungan atau berputar di U-turn.

Ini dibuktikan saat muter-muter melewati jalanan Kuta dan Legian yang terkenal kecil, sempit bin macet. Toh, tak ada keraguan sedikitpun saat membelokkan kendaraan besar ini.

Untuk mesin mobil berpenggerak belakang ini hanya mengeluarkan satu versi yaitu bensin 2.4 liter 16 valve DOHC. Sedangkan untuk transmisi ada yang 5-speed manual (sembilan seat) dan 4-speed otomatis (sembilan & 12 seat).

Masuk ke kelas MPV premium jelas bukan pekerjaan gampang. Meski terbilang tak subur-subur amat, tapi kebutuhan akan sebuah kendaraan yang bisa mengangkut banyak orang sekaligus terus meninggi.

Pemain lawas sudah banyak Mercedes-Benz Vito, Volkswagen Caravelle dan Transporter, Toyota Alphard, Honda Elysion, atau Nissan Elgrand. Toh, banyaknya peminat membuat HMI terjun ke pasar yang bakal menjanjikan ini.

“Kami optimistis, target kami 1000 unit di tahun ini,” kata Erwin Djajadiputra, Vice President Sales and Marketing PT HMI.

SPESIFIKASI
Hyundai H-1
Mesin:
2.4 MPI 16 valve DOHC
Kapasitas: 2359 cc
Daya: 175 ps/6000 rpm
Torsi: 227.7 Nm/4200 rpm
Transmisi: 5-speed manual, 4-speed automatic
Dimensi (pxlxt): 5.125/1.920/1.925 mm
Wheelbase: 3.200 mm
Ground clereance: 190 mm
Harga:
- Rp 299 juta (M/T 9 seater)
- Rp 315 juta (A/T 9 seater)
- Rp 330 juta (A/T 12 seater)

RIVAL
Honda Elysion 2.4 i-VTEC

Mesin: 2.354 cc
Dimensi (plt): 4.840/1.830/1.790 mm
Wheelbase: 2.900 mm
Harga: Rp 560 juta

Nissan Elgrand 3.5 L
Mesin: 3.498 cc
Dimensi (pxlxt): 4.835/1.815/1.920 mm
Wheelbase: 2.900 mm
Harga: Rp 575 juta

Toyota Alphard 2.4 L AS
Mesin: 2.362 cc
Dimensi (pxlxt): 4.845/1.805/1.935 mm
Wheelbase: 2.900 mm
Harga: Rp 590 juta

VW Transporter 1.9 L
Mesin: 1.896 cc
Dimensi (pxlxt): 5.290/1.904/1.960 mm
Wheelbase: 3.400 mm
Harga: 529 juta

About these ads

30 Responses

  1. Walah….
    IMHO, harga sih menarik….mesin 2.4L kuat gak tuh buat nyeret bodi segede itu ?
    Tapi kalau saya punya uang segitu, mungkin lebih milih mobil2 second seperti MB V-Class atau Caravelle.
    Thx !

  2. Satu lagi, kayaknya desainer Korea (as well as China juga) masih mesti banyak belajar sama desainer mobil Nippon & Amrik atau Eropa, on how to draw something more logical and nice 2 look

  3. Mesin yg terpasang di H-1 sama dengan yg dipakai sedan Sonata. Soal tenaga, di putaran rendah memang sedikit berat. Tapi saat masum rpm tinggi, larinya lumayan punya…. Lagipula dgn mobil ini tentunya gak ada yg pengen ngebut :)

    Soal desain, Korea memang msh kalah dibanding Jepang, Amrik, atau Eropa. Utility sepertinya lbh jd fokus mereka… Tp thn2 ke depan saya pikir produk Korea bakal mulai jd pilihan.

    Contoh kasus perangkat elektronik dan handphone. Kini kita tak lg ragu dan malu memilih produk Negeri Gingseng itu.

  4. wew!!! keren banget!!! pengen jg seh… tapi gw masih terlalu muda bwt dapetin itu smua…. ya… sekarang seh dengan hyundai atoz jg dah cukup bwt aq…

  5. hehehe jim, atoz oke juga kok… kalo mau naik jgn jauh2 dulu lah… Getz aja dulu heheheh

  6. Mas, saya mohon ijin utk me-link artikel mas rajufebrian ttg H-1 ini, sebagai referensi, kalau nanti2 saya ingin membahasnya di forum (forum automotif non-profit serayamotor).
    Tentu saja akan saya cantumkan artikel ini sbg sumber referensi.
    Apa saja yg boleh saya kutip, dan apa saja yg tidak boleh saya lakukan mas? (saya belum paham etikanya, krn saya bukan jurnalis).
    Terimakasih sebelumnya.

  7. Silahkan Andy… tulisan ini terbuka buat siapa aja… kalo ada pertanyaan, saya jg bs sampaikan ke pihak hyundainya langsung… regrads…

  8. Ternyata setelah membeli H-1, saya kecewa berat.. karena suspensinya keras! Jd tidak enak untuk jalanan berlubang kecil… saya kebetulan jg ada daihatsu xenia, masak untuk mobil harga 300jt an kalah empuk sama xenia???

  9. wah gitu ya bos gatot… saya akan sampaikan pada pihak hyundai… moga2 mereka bisa cepat menjawab keluhan anda…

  10. FEB, tolong sampaikan kepada hyundai cocok untuk jemputan sekolah internasional gak?meski saya bukan sopir jemputan…(masih anak kecil

  11. mas aku minta katalog hyundai yah,,,, kirim via email soalnya aku kan sales hyundai bnyak yg tanya H1 nih

  12. wah yg mana nih dendy? nanti saya usahakan ya… kebetulan barusan telp org hyundai minta dikirimin hehehehe

  13. Mas, mau tanya, mobil yg masuk melalui ATPM gini ama mobil yang CBU tapi tdak lewat ATPM, pajak tahunannya gede mana ya? Tks

  14. Soal pajak gak ada bedanya kok wiliam… Yg beda adalah soal pelayanan dr atpm. Kalo beli dr atpm, mobil ada garansi, servis yg jelas, dll… Tp kalo di IU (Importir UmumY itu gak dpt…

  15. saya pingin beli..tlong hubungi no ini>>085646605652

  16. sayang,untuk jadi luxury car cukup dengan 3 row kursi saja,kalo ini sih kyk mobil travel dong

    • Yolan, varian awal memang terdapat model dengan 12 seat atau empat row. tapi saat itu juga ada model 9 seat dengan tiga row… Nah, krg sdh ada varian 9 seater yg sudah lebih sip dan mantap termasuk berbagai fitur interior dan entertainment…

  17. Ini sangat bagus
    dan bisa menjadi pilihan bagi yang mengingin kan mobil dengan banyak penumpang sekali angkut

    tapi bagai mana dengan pemakaian Bahan bakar nya
    kalau dilihat dengan kapasitas mesin nya sama dengan pesaing nya

  18. Untuk mobil2 people carrier semacam ini sepertinya memang kodratnya bersuspensi relatif keras. Tapi coba jejali dengan penumpang, pasti jadi lebih empuk. Saya lihat masalahnya sama dengan APV yang sedikit berbeda kelas. Keras sewaktu menyetir sendirian, tapi dibawa mudik seru dan nyaman..

    Hanya saja karena dimensinya cukup raksasa, proses parkir dan menikung pasti memakan energi ekstra.

    Ngomong2, mobil2 Korea seperti ini memiliki banyak masalah kualitas mesin tidak? Susah sekali meyakinkan orangtua saya untuk membeli H-1 karena mereka sudah terpatri dengan kualitas mesin Toyota..

    • yup… adit bener bgt… tipe mobil seperti ini suspensinya memang “ditargetkan” utk penumpang dalam jamlah banyak… soal parkir sih nggak juga, H-1 model baru (tipe XG) sdh dilengkapi dengan rear camera….

      soal kualitas, mobil2 korea sebenarnya nggak kalah dibandingkan jepang atau eropa… persoalnya unik di Indonesia adalah brand minded yg membuat org agak sulit pindah ke lain hati… mungkin di ajak test drive aja dit, siapa tahu bisa berubah pikiran.. :)

  19. mas, numpang tanya
    kl mobil hyundai H-1 untuk penggunaan bahan bakarnya boros ato tidak ya?
    kira2 1 banding berapa utk yang matic 12 seater?

    • melvin… Konsumsi bbm H-1 tol/dalam kota: 14,1 dan 9,2 km/liter… standar lah melihat mesin 2.5 liter dan bodinya yg gede… apalagi kalo hrs bawa penumpang banyak….

  20. Mau ikut komen ya….
    Alhamdulillah, akhirnya saya dapet juga unit H1 CRDi XG.
    Menurut saya untuk urusan mesin terbilang sangat responsif namun saya belum sempat menghitung konsumsi bahan bakar karena bloom melakukan isi full yang kedua (lagian jarang dipake). Tapi rasanya sih akan dapet lebih dari 11 km/ltr biosolar .
    Untuk ukuran kekerasan suspensi rasanya termasuk empuk. Tapi memang kalo menghadapi jalan berlubang akan terasa tidak nyaman. Analisa saya koq kemungkinan ban yang dipake kurang tebal dindingnya. mungkin kalo dicoba ganti yang lebih tebal akan lebih baik rasa benturannya.
    Yang mengganggu adalah bunyi derak pada saat kita melakukan rem dan mendekati Berhenti. Ini mungkin karena bobotnya yang gambot dan kanvas remnya dikasih yang banyak metalnya. sehingga bila selesai digunakan, akan banyak sekali jelaga yang tertingal di velg bagian luar.

    • wah top deh bos Diki… mungkin utk suara berderak saat pengeram bisa di cek ke bengkel… soal ban, analisa anda tepat 100%, ketebalan dan kompsisi bahan sebuah ban memang ada pengaruhnya…

  21. Berapa harga on the road untuk H-1 CKD Automatic dan bagaimana terms and conditions untuk cicilan selama maksimal 18 bulan?

    • Mas Yopie… berikut daftar harga Hyundai H1
      - 2.4 Elegance Gasoline AT 351,000,000
      - 2.4 Elegance CRDi MT 378,000,000
      - 2.4 Elegance CRDi AT 400,000,000
      - 2.4 XG Gasoline AT 371,000,000
      - 2.4 XG CRDi AT 417,500,000

      utk detail term and condition saya tdk tahu pasti… jika ingin informasi lengkap silahkan hubungi:

      Indonesia Mobil Indonesia
      JL.Sultan Iskandar Muda No.81 Arteri Pd.Indah Jakarta Selatan
      Phone : +62-21-7289 5555/6666
      Fax : +62-21-729-3072
      Email : cs@hyundaimobil.com

  22. Bos, selama ini sy gak pernah punya mbl Korea lbh ke Jepang & Eropa. Ortu berminat H1 ini, kalau mnrt Mas Raju, lbh recommend mana antara H1 baru dgn second rival2nya? Thanks.

    • Sebenarnya kualitas mobil2 korea (baca: hyundai) nggak kalah kok dibandingkan dengan mobil2 Eropa atawa Jepang. Kalo misalnya H-1 dibandingkan rivalnya seperti VW Caravelle, Mercy Vito, Toyota Alphard, atau Nissan Elgrand memang secara tampilan satu strip di bawah. Tapi soal kemampuan angkut sih nggak kalah. H-1 punya kabin yang lapang. Bahkan soal interior, model terbarunya juga sdh pakai 2 layar TV (depan dan tengah).

      Performa nggak kalah. Saya pernah menjajal dari Semarang – Denpasar dan nggak ada masalah sepanjang perjalanan. Konsumsinya juga standar2 aja sesuai kapasitas mesinnya.

      Yg kerap jadi persoalan hanya nama, krn org Indonesia sdh terpatri dgn merek2 Jepang atau Eropa… So, kalau mau milih H-1, kenapa nggak?

  23. bravo ..hyundai H1..saya tertarik dg mobil ini..sayang uangnya masih belum cukup hahhahaha….rencana pengen yg diesel engine..perbaikan sudah dijalankan oleh hyundai dg memasang wiper belakang pada H1 yg baru,hanya perlu hyundai memperhatikan detail interior misalnya pada warna seatbelt seharusnya senada dg warna kulit jok..juga baut seatbelt kok dibiarin telanjang terkesan murahan..saya kebetulan menggunakan trajet yg baut seatbeltnya tertutup rapi …remeh tapi penting diperhatikan….ok ini aja comment nya..thanks folks

  24. yang 12 seat bisa ngangkut semua anggota keluarga soaat al harga kayaknya sedang sedang aja.h 1 cocok buat rombongan dan saya berminat membelinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 58 other followers

%d bloggers like this: