SX4 Versi Lokal Rasa CBU


X-Road, varian khusus untuk Indonesia

Terkaget-kaget, barangkali itulah kata yang tepat menggambarkan bagaimana PT. Indomobil Niaga Internatioal (PT. IMNI) mendapati permintaan pasar Suzuki SX4.

Gimana nggak? Sejak pertama kali diperkenalkan April tahun lalu SX4 diterima PT. IMNI langsung dari Jepang berbentuk CBU (Compeltely Built Up) sebanyak 300-an unit per bulan. Tak dinyana, permintaan hampir dua kali lipat dari angka itu. Walhasil deretan inden sudah mencapai bulan 11 di tahun ini.

Gerak cepat langsung dilakukan. Guna memenuhi permintaan pasar, PT. IMNI merubah strategi dengan memproduksi sendiri versi CKD (Completely Knock Down) di pabrik mereka di Tambun, Bekasi. Hal yang sama juga dilakukan pada Suzuki Swift.

Nah, untuk produk lokal crossover pertama di Indonesia ini diperkenalkan dalam dua varian; X-Over dan X-Road. Bedanya?

“X-Over lebih ditujukan sebagai kendaraan dual purpose, bisa dipakai off road ringan dan on road. Sedang X-Road untuk keperluan city use,” kata Soebronto Laras, Presiden Direktur IMNI, saat launching di Manado, Sulawesi Utara, akhir bulan lalu.

Saya mendapat kesempatan menguji SX4 X-Over. Sepintas, khusus X-Over yang di uji, sama dengan versi CBU Jepang-nya. Kelebihannya, ada tambahan dua cakram di roda belakang.


X-Over, lebih sangar dan macho

Selain versi 4 percepatan otomatis, SX4 juga tersedia dalam versi manual menggunakan 5 tingkat percepatan. (Lihat boks: PERBEDAAN X-Over dan X-Road).

Soal mesin tak ada perubahan. SX4 dalam negeri ini masih menggunakan mesin M15A 1.500 cc DOHC (Double OverHead Carmshaft) VVT (Variable Valve Timing) 16 valve. Tenaga yang dihasilkan mencapai 100 PS pada 6000 rpm dan torsi maksimum 133 Nm pada 4000 rpm SX4.

Tenaga dan torsi ini lumayan pas buat meluncur melewati tanjakan dan turunan yang lumayan dari kota Manado menuju kawasan Danau Tondano. Namun, sayangnya, saya tak sempat mencicipi kecepatan maksimal SX4 lantaran harus beriringan mengikuti patwal.

Yang membuat saya terkesan adalah radius putarnya. Meski masuk kategori mini SUV, SX4 memiliki minimum turning radius 5,3 meter. Sehingga handling SX4 melewati belokan ekstrim dalam perjalanan Danau Tondano menuju Tomohon menjadi tak ada masalah.

Perjalanan diakhiri di Lokon Resort yang terletak kaki Gunung Lokon yang menyajikan pemandangan indah gunung aktif setinggi 1.580 meter dari permukaan laut tersebut.


Sebenarnya, memproduksi sendiri SX4 bukan hanya soal memenuhi pasar tapi juga memperluas. Hal ini terlihat dari optimistisnya Suzuki dengan produknya yang satu ini. Mereka berencana memproduksi 1.000 unit tiap bulannya. Sebanyak 70% diantaranya untuk X-Over dan sisanya X-Road.

Rencananya, untuk X-Over bakal dilansir bulan Mei sementara X-Road siap dipesan bulan Juni. Karena diproduksi lokal, harga Suzuki SX4 ini akan lebih rendah.

Harganya? “Nanti saja, tapi X-Over sekitar Rp 160 juta dan X-Road sekitar Rp 150 juta,” kata Bebin Djuanda, Brand Manager Marketing 4W Brand II (Swift, Grand Vitara, SX4, dan Baleno) PT IMNI memberi bocoran.

Kesimpulannya, CKD atau CBU, rasanya idem ditto. Jadi, punya Suzuki SX4 dalam negeri? Siapa takut?

SPESIFIKASI
Mesin: M15A DOHC 16 valve VVT
Kapasitas: 1.490 cc
Daya Maksimum: 100 ps/6.000 rpm
Torsi: 133 Nm/4.000 rpm
Transmisi: 4-speed automatic shift gate; 5-speed manual
Dimensi (pxlxt): 4135/1755/1605 mm
Suspensi: Independent MacPherson Strut (depan); Torsion Beam (belakang)

PERBEDAAN X-Over dan X-Road

Ekterior
X-Over dilengkapi roof rail, rear mud guard, front mud guard, side under protection, wheelarch extension, kaca spion bisa dilipat otomatis. Sedangkan X-Road tidak dilengkapi namun ada turning signal di kaca spion.

Air Intake
X-Over 715 mm. X-Road 700 mm

Ground clereance
X-Over 175 mm. X-Road 165 mm

Ban
X-Over 205/60 R16. X-Road 195/65 R15

Interior
X-Over dilengkapi CD tuner integrated, audio control steering wheel, dan 8 speaker. X-Road hanya dilengkapi audio player dengan dua speaker.
Multi Information Display (MID) pada X-Over menunjukkan suhu diluar, watu, konsumsi bahan bakar. Untuk X-Road hanya penunjuk waktu saja.

Keamanan
X-Over dilengkapi dual SRS airbags sedangkan X-Road tidak. X-Road hanya TECT body, sedangkan X-Over plus 4 rem cakram dengan ABS, EBD dan BA.

About these ads

52 thoughts on “SX4 Versi Lokal Rasa CBU

  1. horeeeeee, akhirnya suzuki sx4 versi ckd dibikin 2 versi. ada yg spec up ada yg spec down. saya kesal pada saat swift dibikin ckd. perangkat keamanan nan canggih dihilangkan

  2. hehehehe adha bisa aja… tapi bukannya swift jg punya 2 versi? yg biasa dan sport? jadi ttp aja ada 2 pilihan seperti SX4. Ini memang strategi Suzuki utk memperlebar pasarnya, org mau beli yg agak murah ada, yg sedikit mahal dg fitur lbh lengkap jg ada…

  3. Melihat mesin yang sama juga digunakan pada Swift, kenapa performa dari SX 4 dalam tenaga kuda dan torsi lebih kecil? Apa alasannya? Terima kasih.

  4. Buat Rinaldi…
    Mesin M15A adalah mesin yg digunakan Suzuki di tiga produknya; Neo Baleno, Swift, dan SX4.
    Nah kenapa Torsi dan Tenaga Swift lebih besar dr SX4? Jawabannya torque to weight Swift lbh baik.
    Oke berikut spesifikasi keduanya:

    SX4
    Mesin: M15A DOHC 16 valve VVT
    Kapasitas: 1.490 cc
    Daya Maksimum: 100 ps/6.000 rpm
    Torsi: 133 Nm/4.000 rpm
    Panjang: 4.135 mm
    Lebar: 1.755 mm
    Tinggi: 1.605 mm
    Berat: 1.650 kg

    Suzuki Swift
    Mesin: M15A, DOHC, VVT, 4 Cylinder, 16 Valve
    Kapasitas: 1.490 cc
    Daya: 100 PS/6.000 rpm
    Torsi: 143 Nm/4.000 rpm
    Panjang: 3.755 mm
    Lebar: 1.690 mm
    Tinggi: 1.510 mm
    Berat: 1.485 kg

    Jadi dgn bobot yg lebih ringan, mesin yang punya tenaga sama akan menarik beban lbh baik sehingga torsi menjadi lbh besar. Mudah2 an penjelasan ini bermanfaat…

  5. Pingback: IIMS 2008: Suzuki launching SX4-Cross Road « raju febrian’s weblog

  6. Memang cukup banyak fitur yang tidak dimasukkan di Cross Road seperti di Cross Over… Tapi kalau dilihat kelengkapan lain rasanya harga SX-4 ini cukup pantes lah

  7. hi irenn…
    kita mau liat apanya nih renn? ekterior? interior? performa mesin? atau umum aja?
    Kalo umum aja: penilaian saya SX4 oke punya, mesin 1.5 liternya responsif, penampilan juga keren (apalagi versi X-over), handling juga oke… mungkin hanya soal kapasitas (itu kalo kita ngebandingin sama livina).
    Soal konsumsi BBM; SX4 diklaim 1:14 l/km. sedangkan livina lebh irit 1-2 literan…

  8. Menurut saya sx-4 akan lebih enak bawanya kalau perpindahan transmisi manualnya lembut dan tidak kasar/ berat seperti sekarang , selaku PTindomobil suzuki seharusnya melakukan perubahan agar transmisi bergerak dgn halus tidak seperti fersi CBU dari jepang. semoga bermanfaat.

  9. Bos khalid… semoga saran ini samapi pada Suzuki.

    Tapi ada 1 hal yang menurut saya cukup psitif utk versi CKD. Contohnya, di varian X-Over menggunakan 4 disk brake, lebih banyak 2 dibandingkan saat msh CBU dr Jepang….

  10. ..lama neh nunggu crossroad.. kata dealernya pertama-tama janji akhir Juli, trus awal Agustus, trus akhir Agustus… trus… kapan dong.. payah nih dealernya..

  11. Bang..apa ada perbedaan antara ukuran dan tampilan atas daskboard Sx4 cross over yg di indonesia ama yg di Australia? kalu ada kesamaan, yg jenis apa?

  12. Bos Frangky…
    Di Australia ada 2 macam SX4; hatchback dan SWD (All Wheel Drive). Kalo dilihat dari bentuknya sih, yg hatchback sama dengan Cross-Road sedangkan AWD tampanganya mirip Cross-Over.

    Tapi ada sedikit perbedaan dari sisi dimensi (lihat spesifikasi di bawah). Plus mesinnya. Versi Australia menggunakan mesin tipe J20A 2.0 liter yang dipakai di Grand Vitara.

    SX4 Hatchback
    Dimensions
    Overall length (mm) 4,135
    Overall width (mm) 1,730
    Overall height (mm) 1,585
    Wheelbase (mm) 2,500

    Engine
    Type J20A
    Capacity 1,995
    Maximum Output (kW @ rpm) 107 @ 5,800
    Maximum Torque (Nm @rpm) 184 @ 3,500

    SX4 Cross-Over
    Dimensions
    Overall Length mm 4.135
    Overall Width mm 1.755
    Overall Height mm 1.605
    Wheelbase mm 2.500

    ENGINE
    Type DOHC 16 Valve VVT
    Capacity 1.490
    Max. Power (PS @rpm) 100/6.000
    Max. Torque (Nm @rpm) 133/4.000

    Untuk data setailnya silahkan klik di http://automobiles.suzuki.com.au/overview.php?model=sx4_hatch dan http://www.suzuki.co.id/

  13. Kalau saya pesan SX4 cross over bulan ini di dealer Manado, kira2 yang akan diberikan versi apa ? CKD atau CBU?trims ya.

  14. Bang terima kasih atas penjelasannya,.saya suka membandingkan SX4 cross over dengan Rush, apakah pada SX4 cross over sudah dilengkapi dengan Back Sonar dan Side visor? thanks mate.

  15. Buat Lara… SX4 versi CBU sudahdi stop Suzuki sejak peluncuran versi CKD tiga bulan lalu… jadi kalau anda pesan skrg artinya itu sudah CKD, tinggal piliha mau X-Over atau X-Road….

  16. Wah Bos Frangky make mobil versi luar terus sih ya? kalo di Indonesia banyak fitur yg tdk dimasukkan bos… hehehehe….

  17. Aku cm mau tanya nìy…Ada gk sx4 yang versi AWD alias all whell drive…Yang dijual di indonesia..Kalau ada saya rasa itu cukup bagus,dan mungkin saya bisa beralih ke sx4…

  18. Sx4 ada gk yg versi AWD yg dijual di indonesia?.Krn lokasi krja gw yg mirip rally…Membuat gw untk nyari mobil sejenis sx4 tp yg AWD.

  19. bang mau nanya donk untuk cross over versi CKD apa masih ngeluarin warna white pearl ? karena yang saya denger kok warna ini hanya untuk yang versi CBU saja.

    thanks

  20. Memang benar R3dz, utk SX-4 suzuki hanya menyediakan 6 warna yaitu ocean light blue pearl, purplish silver metallic, sunlight copper pearl, cool black metallic, graphite grey metallic, dan night blue pearl

  21. nggak sadarkah mas soebronto bila “ledakin”SX4 X- Over ke jalan dan di lampu merah dah ada Livina X-Gear yang menunggu.(lebih cocok dites di AutoBild)

  22. salam kenal mas raju…..sangat menarik ulasannya.
    btw, sy ini lg bimbang mau ambil yg X-Road atau X-Over.
    Ada saran? bgmana dg re-sale masinng2 type tsb?
    Sy akan sering pake mobil ini untuk ngantor, dan sekali2 touring ke gunung2 krn hoby kalo pas ada long weekend.
    Thx sebelumnya.

  23. halo juga endy_joe…..
    Idenya, X-Over lbh ditujukan utk kegiatan yg rada2 heboh, entah light off-road, entah jln2 keluar kota…. nah X-Road lebih pada city-use… Nah dari tujuannya dah ketahuan kan, kalo endy_joe lbh tepat menggunakan apa….
    Soal re-sale,,, penjualan 50:50 krn penjualan kedua model ini nggak jauh berbeda, artinya penggemar X-Road dan X-Over hampi sama banyak… cuma mungkin X-Over lbh laris krn penampilannya yg terkesan lbh macho…

  24. salam kenal …ulasan nya sangat membantu.kalo dicompare dengan all new Jazz…menurut mas raju bagaimana?untuk spek n performa juga keiritannya…terutama Mesin DOHC dengan SOHC.
    untuk XO bisa dibandingkan dengan Jazz tipe apa?begitu juga dengan XR.
    ingin bertanya nih, krena tidak mengerti tentang mesin.apa pengaruh VVT atau pun iVTEC?

    thank you….

  25. Ok, thx.
    Kalo penjualan X-Over lebih laris bisa jadi, pasar buat re-sale X-Over akan lebih laris ya.

    Info yg sy kumpulkan, produksi CKD untuk X-Road hanya 30%-40% dari total produksi X-Over.
    Apakah ini cukup jadi petunjuk, bahwa IMNI melihat permintaan pasar lebih besar X-Over, so….cukup beralasan bahwa re-sale X-Over lebih bagus nantinya dibanding X-Road?

    Over all…. sy sangat interest dg fiture X-Over, value of price-nya tinggi (jgn GR dulu ya), soalnya ada dua kekurangan yg vital di SX4.

    Kalo ditilik dari konsepnya adalah perpaduan kenyamanan MPV dan ketangguhan SUV, justru kenyamanan seat passenger kurang banget, sandaran terlalu tegak, bisa gak ya dimodif spy agak rebah?

    Kritik membangun nih buat IMNI, coba dipikirkan buat kenyamanan penumpang dibaris belakang, yg kadang adalah buat anak2 kita, kasian kan si kecil…..

    Once again, waktu test drive sy merasakan suspensi terlalu keras, spt ban yg over isi anginnya…why?
    Bisa diperlunak kah? atau emang disiapkan buat bener2 off road? dimana dong konsep MPV-nya.
    Tolong kedepan IMNI pikirkan buat kelembutan suspensi ini, klo ada solusi, ntar sy akan modif sebab sy terlanjur sayang dg ini mobil…….

    Rgds,
    endy

  26. wah endy kayak nya bener2 kesengsem ya ama X-Over? hehehehe…. gini bos… ketika pertama kali muncul, SX4 kan memang sebuah crossover dimana sebuah mpv punya kemampuanoff-road…. nah, ketika di CKD-kan, sosok SX4 itu kemudian menjadi X-Over sehingga otomatis produksinya lbh banyak… sementara X-Road adalah varian yg ngota… tanpa banyak pernak-pernik dan lbh minimalis…

    Utk kenyamanan kursi pengemudi dan pessenger belakang mungkin ini bisa jadi masukan buat IMNI…

    Kalo soal suspensi keras, ini memang mengantisipasi kemampuan off roadnya. Sebagai catatan suspensi depan menggunakan Independent MacPherson Strut sementara belakang Torsion Beam. Konsep MPV-nya? ya dari kenyamanan krn kita seperti membawa sedan… solusinya mungkin anda bs sedikit memodifikasi suspensi…

  27. Halo juga ND….

    Oke, kita omongin soal DOHC dan SOHC dulu. Beda keduanya hanya pada penggunakaan cam yang terintegrasi dengan shaft (poros) makanya disebut camshaft.

    Nah pada DOHC atau Double overhead camshaft ada 2 klep masuk dan 2 klep buang. Sehingga jumlah katup ada 4x2x2 (buang dan masuk) = 16 valve. Sedangkan SOHC atau Single overhead camshaft memiliki 1 klep masuk dan 1 klep buang.

    Inilah yang kemudian dikembangkan dengan VVTI atau VTEC yaitu mengatur tinggi rendahnya bukaan katup maupun jumlah katup yang bekerja. Pada putaran rendah katup masuk 1 bekerja, pada putaran tinggi 2 katup bekerja.

    Pengaruhnya pada konsumsi BBM otomatis mesin SOHC lebih irit karena membutuhkan semprotan BBM lbh sedikit dibandingkan yg DOHC. Tapi secara perfoma DOHC lbh bertenaga.

    Oke, skrg kalo mau membandingkan…. (dilihat dari performa) All New Jazz lbh unggul. Catatan aja… X-Over punya tenaga 100 ps dan torsi 133 Nm. Sementara Jazz 120 ps dan torsi 145 Nm ini berkat bantuan mesin iVTEC dan orque Boost Resonator…

    Jadi, bisa dinilai sendiri perbandingannya… hehehehe…. Mudah2an bisa membantu….

  28. untuk ulasan dari bang raju..tentang DOHC n SOHC.
    sangat jelas banget….

    Tapi comment tentang suspensi, bikin mikir lagi..nih..
    Bagaimana dengan Swift?tolong ulasannya …

    Oya…Pengguna Swift, tolong commentnya.
    Terima Kasih. .Bang raju.

  29. Halo ND… kalo saya pribadi sih nggak ada masalah ama suspensi… memang agak keras krn belakang make torsion beam… kalo dibandingin ama swif, swift emang lbh empuk ya… krn selain torsion beam ada tambahan coil spring… lagi pula itu emang sesuai dgn tagetnya, anak muda di perkotaan….

    • Sansandy, harga SX4:
      - SX4 Cross Road M/T >> Rp 179.500.000,-
      - SX4 Cross Road A/T >> Rp 190.500.000,-
      - SX4 Cross Over M/T >> Rp 190.500.000,-
      - SX4 Cross Over A/T >> Rp 201.500.000,-
      Nggak cuma suzuki yg akan menaikkan harga produknya, atpm lain juga… masalahnya belum tahu bulan persisny kapan….

  30. mas raju..X-over saya mengeluarkan suara yg mengganggu(klitik-klitik)..kayaknya dr dlm dashboard(klo jalan agak kasar) kabin jg bergetar klo mobil posisi di rem..perseneling di posisi netral(contoh pd saat lampu merah).gejala yg anehnya klo gak salah pd saat AC posisi ON RPM naik sedikit dan pada saat AC posisi OFF RPM turun,tp tidak dng X-over saya yg keadaannya terbalik,AC ON RPM turun,AC OFF RPM naik.
    gmana tu mas? tq

  31. Salam kenal..
    Kalo baru bulan Agustus ini saya berniat dan ada kemampuan unt beli X-over, selain harganya mungkin lebih meningkat, adakah keunggulan lain yg bisa dinikmati dibandingkan dgn produksi sebelumnya..?? Terlambatkah saya..? he,,he,,

  32. hii mas raju..
    aQu udaH baCa dari awaL sampai akHir..
    dari aWaL aQu sih cuma mau iseng iseng baca
    tTp dari tdi aQu baCa ko’ ComntaR nya Thn 2008-2009
    LaaA.. Trs yG thn 2010 mana?
    dan apa Harga x-over ama x-road mash sGitu di thn 2010 ini..

  33. dHimas…. versi baru SX4 bisa Anda baca di : http://rajufebrian.wordpress.com/2010/05/08/suzuki-sx4-dapat-wajah-baru-harga-tak-naik/
    Suzuki mengeluarkan versi face liftnya Sabtu kemarin. Tapi hanya utk model Cross Over dan harganya tidak berubah dr model lama:

    “New SX4 dengan transmisi manual tetap dijual dengan harga Rp 201,6 juta sedangkan New SX dengan transmisi otomatis Rp 11 juta lebih tinggi yaitu Rp 212,5 juta.”

    Nah, utk model Cross Road sdh tdk dijual lagi, per Januari tahun ini, krn dinilai terlalu dekat dgn Suzuki Splash yg juga baru saja diluncurkan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s