Tampilan New Kijang Innova

Jujur, tak banyak hal yang mengejutkan ketika melihat tampilan baru New Kijang Innova yang diluncurkan secara resmi, Selasa kemarin. Meski namanya diembel-embeli New, tapi sebenarnya, perubahan yang dilakukan tak terlalu signifikan alias minor change.

Baik Johnny Darmawan, Presiden Director PT Toyota Astra Motor, maupun Kaoru Hosokawa, Chief Engineer, Product Planning, Toyota Commercial Vehicle Development Center, Toyota Motor Corporation, mengakui tak ada lawan berarti di MPV medium membuat Innova tak perlu buru-buru berubah. Toh dengan model lama, Innova bisa menguasai pasar lebih dari 50% tiap bulannya.

Okelah, sekarang bagaimana tampilan baru Kijang Innova?

Innova hadir dengan tiga tipe yaitu E, G dan V dengan dua pilihan transmisi manual (M/T) dan otomatis (A/T). Hanya tipe E yang tidak memiliki transmisi model otomatis.

Untuk mesin, New Kijang Innova hadir dalam dua pilihan mesin, bensin dan diesel. Varian bensin masih tetap menggunakan mesin 2.0 liter 16 valve DOHC VVT-I (variable valve timing with intellegence). Sedangkan varian diesel menggunakan mesin 2.5 liter 16 valve DOHC D-4D (Direct 4 stroke diesel turbo commonrail).

Artinya, perubahan hanya dilakukan Toyota pada eksterior dan interior. Di bagian eksterior, perubahan yang terlihat jelas antara lain pada bumper depan, gril radiator, lampu dan bumper belakang.

Dari interior, perubahan antara lain pada jok dan dahboard. Tipe V, sebagai varian tertinggi, mengalami perubahan paling banyak. Kontrol panel AC, audio, tombol setir plus tambahan wood panel pada bagian tengah dashboard dan sandaran tangan pada seluruh pintu samping.

Ini dia sedikit resumenya:

Tipe E

Tipe E

Ini adalah varian paling standar dari Innova. Dari eksterior, tidak ada fog lamp, grill depan sewarna dengan bodi, spion berwarna hitam demikian juga dengan handle pintu. Yang baru adalah warna untuk back door garnish dan desain grill baru. Interior warna baru, audio biasa dengan 4 speaker, setir tiga jari, kunci dilengkapi auto alarm, dan ban berukuran 195/70 R14.

Tipe G

Tipe G

Varian tengah-tengah. Tampilan luar tidak jauh berbeda dengan tipe V. Grill dilapisi chrome, dan bumper depan dilengkapi fog lamp. Kaca spion–elektrik–dan handel pintu sewarna dengan bodi. Ada parking sendor, rear wiper, dan kunci integrated dengan auto alarm. Desain interiornya hampir sama dengan tipe E. Tipe audio 2 DIN yang dapat memainkan MP3 dan WMA, dan velg alloy dengan ban 205/65 R15.

Tipe V

Tipe V

Nah, kalo yang ini adalah varian tertinggi dari trio Innova. Hal ini terlihat dari lapisan chrome pada gril, kaca spion, dan handel pintu. Interiornya juga lebih mewah. Ada MID (Multi Information Display). Dashboard dan sandaran tangan di keempat pintu dilapisi wood. Setir dilengkapi tombol audio.

Tipe ini juga dilengkapi dual airbag, audio 2 DIN yang dapat memainkan MP3 dan WMA, CD changer dengan kapasitas 6 keping CD. Sistem pendingin AC yang menggunakan model pencet. Tipe V juga dilengkapi dengan ABS (anti-lock brake system). Untuk ban menggunaan ukuran 205/65 R15.

Bagaimana dengan harga? Belum ada keterangan resmi dari PT. Toyota Astra Motor. Namun disebutkan New Kijang Innova ini mengalami kenaikan sekitar 4 sampai 8 juta, tergantung tipe dan jenis transmisi. Tunggu saja kabar resmi dari Toyota.

About these ads

94 thoughts on “Tampilan New Kijang Innova

  1. Katanya Om Jhonny Darmawan, pas acara peluncuran, New Innova ada kenaikan harga kurang lebih 4 juta-an dari harga model lama.
    Pengalaman saya jualan TOYOTA selama 5 tahun ini, kalo ada refreshment model, biasanya model yang lama malah banyak dicari tuh, 3-5 bulan kemudian baru akan BOOM setelah ‘market’ terbiasa melihat model baru tersebut.
    Sip…sip… yang mau indent di Solo, bisa hubungi saya di http://nasmoco.wordpress.com

  2. Sebenarnya harganya naik bervariasi antara 4 jt, 4.5 jt dan 8 jt tergantung jenis varian dan transmisi… jika tak terlalu banyak perubahan alias minor change memang model baru nggak akan meledak2 amat, msh nunggu waktu utk org tau apa sih kelebihan model baru ini…

  3. kok sedikit ya ubahannya.kirain faceliftnya kayak ubahan dari kijang kapsul ’97 ke kapsul 2000 yg banyak perbedaannya.dari headlamp,dasbor,stop lamp…dsb. kok facelift 4tahunnya gak banyak bedanya cih om.sebenarnya kami udah mau inden nih.tapi diliat dr perubahannya kami agak kecewa lho.

  4. Emang nggak terlalu banyak perubahan yg dilakukan pd Innova ini. Alasan Toyota, lantaran Innova nggak terlalu banyak pesaing sehingga tdk perlu dilakukan perubahan drastis dlm waktu cepat. Tp denger2 Innova yg whole new memang tengah disiakan Toyota. Tunggu aja….

  5. Saya melihat sedikit sekali perubahannya, jadi saya tak terlampau menyesal mengambil yang type lama di bulan Agustus 2008, walau sekarang saya ambilkan buat teman saya New Kijang Innova G Matik.

  6. Secara tampilan emang nggak banyak2 ama berubah bos Theo… mesin juga nggak ada… jadi innova agustus 2008? ya tetep oke lah… :)

  7. Sayang sekali, padahal orang sangat menantikan innova baru terutama pada kapasitas mesin (1.8 kapsul) yang lebih efisien BBM. Kira2 kapan yah?? kalo kelamaan, pasar bisa lari ke merk lain yang menawarkan efisiensi BBM lebih baik di jaman begini dengan power dan daya angkut ga beda jauh namun senyaman sedan.

  8. Saya sempat ketemu dengan kepala desainer innova dr jepang.. toyota memang tdk berencana membuat mesin lain selain 2.0 liter (dan 2.7 liter utk luar indonesia). Alasannya, di bawah innova sdh ada avanza… gitu bos….

  9. Boros? standar2 aja kok ani utk mesin berukuran 2000 cc. Mungkin kamu dengernya yg make mesin 2.700 cc yg udah nggak lagi dipake dan dijual di Indonesia…

  10. di rt gw ada yang pake New Kijang Innova Begitu sang New Kijang Innova cross the mine langsung gw teriak “pak,mobilnya baru ya pak,captain seat ya” tipe g captain seat

  11. Salah satu perubahan di versi baru ini memang dilakukan pada interior seperti lapisan jok… tapi coba tanya aja dulu wan donny, siapa tahu indennya bisa dituker ke yg baru hehehehe

  12. apa benar awal tahun 2010 kijang berubah total???wah ditunggu neh.memamg bnyak yg kecewa dgn minor change new innova.

  13. sof mungkin tahun 2012 kalee kijang innova berubah total kagak salah kalo kijang innova(generasi 1)Bertahan hingga 4 tahun(gak sampe ganti(perpanjang) Stnk?)

  14. saya merasa curiga!kijang innova first generation saya bunyi sendiri!padahal garasi sudah terkunci n’kunci mobil ditaruh dekat TV!saya merasa curiga mungkin kijang tetangga atau…. MISSTERIUSSSS…..

  15. kalo misalnya makan lauknya apa adanya:nasi,sayur sop,bakwan,baladotelur,chicken.kira kira apa ya lauk yang tepat:wortel pokoknya sayuran.minumnya adalah:premium,pertamax

  16. saya juga mengalami lakalantas kecil(jangan bilang mampus atau apa)sein di spion chrome saya pecah(walau nggak kena bohlamnya)solusinya gampang banget,bahan mudah di cari di tempat itu(rumah) adalah………………………………………………………………………………………………………..MENYELOTIPNYA!!!!eh,kalo soal minuman,apa rasa pertamax nya?(rasa=RON)tahun 2008 Neeh

  17. woi dah siang nih, lanjutin ah.tidur lagi yaaaa.dah gw comment 5x(termasuk yang saya tulis ini)belum bangun bangun tidur brp jam seeeh?SEE YOU YANG TENTANG MISSTERIUSS

  18. wekekekekek sorry King… gua baru balik dari bandung nyobain Captiva diesel VCDi ke Kawah Putih… jadi sorry kali gak jawab ya…. hehehehe

  19. jawab dong tentang small lakalantas n’ solusinya rasa apa pertamaxnya(rasa=ron)tahun 2008 neeh

  20. innova kan udah uero 3.. sebaiknya pake pertamax (ron 91 apa 95 ya? gua lupa)… jangan pake premium (ron 88) dong… malah seharusnya pake pertamax plus (ron 98)…

  21. Seharusnya euro3 bos… krn negara2 ekspor rata-rata standarnya dah segitu… tp kondisi indonesia yg bikin atpm terpaksa menyetel ulang mesin2 nya biar bisa dipakai di sini… makanya toyota, honda, ford, mercy, bmw, mazda, dll menurunkan standar nya…

  22. premium sih bisa2 aja (maksudnya mobil lo msh bisa jln) tpi kan perawatan jd nya lbh hrs rajin… itu doang kok kuncinya..

  23. gimana rasanya mencoba Captiva VCDi Ke Kawah putih?puas nggak?ngomong2 gw bapak loe nih,di kantor…

  24. puncak bulan ke-5 setelah innova Juni Datang ke rumah.Sebenernya,Mobil itu Perlu ULTAH nggak sih?&%$#@&!@?@#@#
    jawab ya mas Raju…temenan lagi kan?

  25. sama kali king, mobil juga ultah sekali setaon, buktinya STNK mesti diperpanjang tiap tahun… blom lg mesti pesta agak gede tiap 5 taon

  26. Boss,gua kagak ada comment dari kemaren ya?kasian amat………eh gua baru nyampe di rumah lo,dari bandung ada acara keluarga,pastinya….
    WEEDING PARTY!temen bapak gua yang sebelum weeding tinggal di Solo,central Java.gua maen UNO lo!seru sih seru cuma ahli dulu…temen gua langsung nyuruh gua teriak UNO!waduh….gua disuruh ngambil 7 kartu parahan game ke-2 kartu dah setebel 5 cm!
    dah ya ceritera dari bandung kapan kapan liburan UAS pergi,gua ceritain dah

    pemain liburan:
    -Murtaza
    -Ichan(namanya aneh ya?)
    -gua sendiri
    -satira dan kakak gua cewek
    -keluarga besar BBC(Beji Badminton Club)

    Regards.

  27. weeeehhhh enak bener bisa liburan2 hehehehe

    - murtaza (nama yg bagus)
    - ichan (nama biasa kok)
    - gua sendiri (nah ini baru nama aneh)
    - satira (nama keren)
    - keluarga besar BBC

  28. gua nginep di bandung di wisma telkom.temen bapak gua yang nganjur….gua tinggal di wisma widyaloka 2 depan MOSQ.lantai 2 kamar 2207.lo???cuma 3 lantai ada 2000 kamar lebih?(bahkan 3000 ke atas)gini cara bacanya biar lebih jelas:
    2207=lantai 2 kamar 207=2207
    eeeeitssss,jangan kaget dulu cuma 2 hari weekend-nan kok. :)

  29. eitss ngatain gw mo msk neraka lu?rasain tuh kijang innova yang baru dibeli(gw liat di Rumah Mode,Bandung)belakangnya penyok.mampuss si pemilik keren keren,terluka.nah, mo MPV 180 juta dari kijang innova tipe E?fiturnya sbb:
    -Integrated Rear Blower Air Conditioner for 2nd and 3rd Row Seats
    -Audio System with 4 Speakers
    -Tilt & Power Steering
    -Power Windows & Power Door Lock
    -Upper & Lower Glove Box
    -3 Spoke Urethane Steering Wheel(for E & G Type,V is 4 Spoke)
    -Seatbelts on 3rd Row Seat
    -2 Tones Interior Color(Beige)
    -TAA(Toyota Auto Alarm)
    -195/70 R 14 Tyre and Wheel Cap

    Ket:Belilah di rentang 175-195 juta Rupiah
    Siap Membawa Keluarga Dengan New Kijang Innova?
    Nantikan Fitur G dan V

    New Kijang Innova
    Kebanggan Setiap Keluarga(A Pride For Every Family)

  30. hny!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! ():():():():():():().smg d thn 14 ini raju sukses selalu weits,kemana lu

  31. MANTAP gan.. Innova paling oke kl dibawa ke sekolah, muat banyak (tau sendirikan gimana pelajar kalo nebeng) trus gak terlalu mencolok keliatan mahal atau mewahnya meskipun harga di atas 200 juta!

    Memang tiada duanya.. tapi lebih tiada duanya lagi naek 610 rame rame ngebasis lebih asiiiiik..

  32. Takut nyesel Mas Raju, mohon bantuannya.

    Saya udah (mau) indent New Kijang Innova 2.0 G ke dealer resmi, tapi Mas Raju bilang bakal ada All New Kijang Innova? apa bener Mas? Saudara terdekat juga ngomong begitu. Masalah yang saya temui pada kijang innova itu ada di jok belakang, orang jangkung (termasuk saya – 177 cm) bakal ga nyaman karena langit-langitnya (khususnya bagian belakang) terlalu menempel pada kepala penumpang. Nah, saudara saya bilang, All New Kijang Innova bakal ada perbaikan pada masalah ini. Mungkin atap belakang akan dibuat menjadi lebih tinggi, jadi dari depan ke belakang atap akan lurus, tidak melengkung ke bawah lagi seperti dahulu.

    Jadi, gimana Mas? apa bener berita ini? atau ada link yang bisa saya percaya khusus membahas All New Kijang Innova ini? Mohon maaf bila saya merepotkan.

    • calon pembeli innova…. hehehehe…
      sampai saat ini saya blom mendapat info soal innova baru… tp berdasarkan siklusnya memang seharusnya tahun 2010 ini ada model baru innova… saya akan coba korek info dari TAM… mudah2 an ada kabar secepatnya…. terima kasih

      • Keluarga kami pencinta Kijang Mas, kami pernah punya (hampir) semua generasi Kijang :P. Ibu saya sudah mencoba menelpon Customer Service TAM, mereka bilang mereka tidak mengetahui apapun tentang All New Kijang Innova. Mungkin lain kalau Mas sendiri yang bertanya kepada TAM (sebagai wartawan otomotif tentunya, hehehe). Pastilah tidak mungkin TAM menahan informasi All New Kijang Innova karena mau menghabiskan stok Innova yang lama (maafkan atas pikiran negatif saya). Sebelumnya terima kasih Mas atas bantuannya, ditunggu kabarnya Mas.

  33. bro raju salam kenal sy user innova V tahun 2005…..lauar biasa setelah pemakaian selama 6 tahun..masih mantap sama spt masih baru,..kaki.2 masih singset, mesin masih halus spt tdk ada perubahan…..pengen ganti dgn yg baru lagi sih…..cuma cari info generasi terbaru apakah akan segera lahir….biar ga kecewa brooo…..mohon infonya….salam satu jiwa dari aremania

    • bos alvin…. rencananya, toyota akan melansir innova baru dalam 2-3 bln ini… namun blm dlm bentuk generasi baru… spt apa persisnya, memang blm diungkap toyota… tunggu saja kabarnya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s