All New Chevrolet Spark 1.2L MT: Si Mini yang Maksi

Leg room dan bagasi lega, tenaga lebih dari cukup.

“Ih, lucu. Mungil dan kiut banget…” komentar singkat itu terlontar dari mulut seorang teman saat pertama kali melihat Al New Chevrolet Spark 1.2 liter yang akan saya uji awal pekan ini. Yup, bodinya yang kecil dibalut warna Green Cocktail Metallic yang menyolok membuat mobil ini langsung membuat mata melirik.

Mungil, ya iyalah. Spark yang diusung PT. General Motors Autoworld Indonesia (GMAI) — pemegang merek Chevrolet di Indonesia — ini masuk dalam segmen city car yang saat ini dihuni duo Suzuki Splash dan Suzuki Karimun Estilo, KIA Picanto, serta Hyundai i10.

Dengan dimensi panjang hanya 3.640 mm, lebar 1.597 mm, dan tinggi 1.551 mm, Spark menampilkan karakter utama sebuah mobil kota. Kecil, gesit, dan — satu yang pasti — gampang saat parkir. Plusnya lagi, radius putar Spark mencapai 5 meter sehingga tak punya kesulitan berputar di tikungan tajam.

Dari sisi ekterior, Spark penuh gaya. Khususnya grill depan berbentuk twin port yang menjadi konsep identitas desain terbaru Chevy, fender roda, serta sapuan bagian pinggul. Desain unik juga ditemukan pada bentuk dan posisi pegangan pembuka pintu belakang yang berada pada bingkai atas belakang jendela.

Pegangan yang tidak lagi berada pada bagian pintu, sepintas membuat All New Chevrolet Spark tampak seperti mini hatch back dengan 2 pintu. Sedangkan bagian belakang digunakan spoiler di atas, serta desain lampu belakang berlensa oval ganda unik.

Interior menghadirkan suasana lebih menarik karena desain dasbor yang futuristik dengan perpaduan warna hitam plus sentuhan merah di beberapa titik. Cukup menarik, takometer dan speedometer digital yang unik terpisah dari dasbor dan menempel di atas kemudi. Mirip-mirip sepeda motor sport.

Meski masuk mobil kecil, Spark yang menampung 5 penumpang ini punya sumbu roda 2.375 mm sehingga mampu menciptakan ruang kaki (leg room) lapang. Mobil kota, biasanya terkendala dengan bangku baris belakang. Penumpang di belakang kerap mengeluk dengkulnya mentok ke bangku depan. Tapi Spark, punya leg room lega. Posisi sandaran jok tak terlalu tegak juga terasa nyaman untuk perjalanan

Chevrolet juga mengklaim All New Chevrolet Spark memiliki bagasi besar. Jika tempat duduk terpasang Spark memiliki kapasitas bagasi sebesar 170 liter dan maksimal bisa mencapai 994 liter jika bangku belakang dilipat.

Penampilan luar, dalam, serta daya angkut bagasi itu satu hal. Bagaimana dengan performa?

Spark dibekali mesin S-Tech II DOHC 16V with Port Deactivation berkapasitas 1.206 cc. Data spesifikasi resmi milik Chevrolet menyebut mesin ini menghasilkan tenaga maksimum 82 PS pada 6.400 rpm dan torsi 108 Nm pada 4.800 rpm.

Meski tak bisa diajak ngacir sekencang hatckback bermesin 1.5 liter, performa Spark boleh dapat acungan jempol. Semprotan tenaga yang dihasilkan mesin Spark cukup membuat saya terkejut. Saya memang tak berusaha mengejar kecepatan maksimum, lebih banyak bermain di 60-80 km/jam. Lebih dari cukup menghajar jalanan kota seperti Jakarta yang menjadi habitat mobil sejenis Spark.

Dan seperti tipikal mobil kota lainnya, Anda jangan berharap banyak saat mengajak Spark melintasi tanjaman ekstrim karena memang bukan mainnya. Tapi jika Anda mau sedikit bersabar dengan bermain di gigi bawah, tanjakan seperti apapun siap dihadapi Spark.

Satu yang menjadi catatan, All New Spark tidak memiliki fitur tilt steering untuk mengantur jarak dan derajat lingkar kemudi. Saya sendiri merasa posisi kemudi Spark agak tinggi sehingga perlu adaptasi dan gampang lelah.

Bagaimana dengan harga? “Harga All-New Spark Rp 139 juta (transmisi tipe manual 5 percepatan) dan Rp 149 juta (transmisi transformatic otomatis),” kata Mukiat Sutikno Managing Director PT. General Motors Autoworld Indonesia.

Mukiat mengatakan yakin Spark terbaru ini akan diminati konsumen nasional sama seperti model-model Chevrolet lainnya yang sudah ada seperti Captiva, Aveo, Optra Magnum, Kalos, dan Cruze, “Spark akan mengambil porsi dominan dikelasnya di Indonesia. Mobil ini punya semua untuk bersaing dengan kompetitor yang ada saat ini,” katanya.

SPESIFIKASI

Mesin: S-Tech II DOHC 4 cylinder inline 16V with Port Deactivation
Kapasitas: 1.206 cc
Tenaga maksimal: 82 ps @ 6.400 rpm
Torsi maksimal: 108 Nm @ 4.800 rpm
Transmisi: 5-Speed Manual
Suspensi: McPherson Strut (depan); Torsion Beam (belakang)
Rem: Ventilated Disc (depan); Drum (belakang)
Ban: Alloy 155/70 R14
Dimensi (pxlxt): 3640 x 1597 x 1551 mm
Wheelbase: 2.375 mm
Ground Clearance: 132 mm
Berat: 1.367 kg
Turning Radius: 5 meter
Harga: Spark 1.2 MT (Rp 139 juta), Spark 1.2 Transformatic AT (Rp 147 juta)

About these ads

One thought on “All New Chevrolet Spark 1.2L MT: Si Mini yang Maksi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s