Pasar Menjanjikan, Suzuki Berniat Pasarkan Mobil Mungil Alto

Suzuki Alto

JAKARTA, 28 Desember 2010 - PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Suzuki di Indonesia saat ini tengah mempertimbangkan untuk memasarkan mobil mungil Suzuki Alto. Hanya, hingga kini ATPM itu belum bersedia menyebut kapan tepatnya mobil yang diproduksi oleh Suzuki Maruti India itu mulai dipasarkan.

“Kalau rencana, kami berupaya untuk tahun ini. Tetapi itu semua masih dipelajari, sehingga kapan tepatnya apakah di paruh pertama atau kedua 2011 belum kami putuskan,” tutur Endro Nugroho, Direktur Pemasaran PT SIS, saat dihubungi di Jakarta, Selasa (28/12).

Endro mengatakan, saat ini pasar city car di Indonesia juga terus bertumbuh karena beberapa faktor. Faktor kepadatan lalu lintas perkotaan, semakin mahalnya harga bahan bakar, serta harga produk yang terjangkau oleh keluarga muda adalah tiga di antara sejumlah faktor pendorong pertumbuhan penjualan mobil jenis itu.

“Sehingga kami melihat potensi pasar mobil ini cukup menjanjikan. Tetapi seberapa besar prosentase dan kepastian waktunya kami belum berani memastikan. Kami masih mempelajarinya,” papar Endro.

Kendati tak menyebut aspek yang menjadi pertimbangan serius PT SIS untuk menghadirkan Suzuki Alto di tanah air, Endro tak menampik bila Alto berpotensi kanibal atau tumpang tindih dengan Karimun Estillo. Keduanya juga memiliki besaran mesin yang sama yaitu 1.000 cc.

Seperti diketahui, di India Alto ditawarkan dalam beberapa varian. Di antara varian itu adalah model bermesin 796 cc yang bertenaga 47 daya kuda pada 6.200 rpm dan torsi 62 Newton meter (Nm) pada 3.000 rpm.

Varian lainnya adalah model bermesin K10B 998 cc, tiga silinder. Mesin itu menghasilkan tenaga 68 daya kuda dan torsi 90 Nm pada 3.500 rpm.

Sebelumnya, PT SIS telah memboyong mobil itu ke gelaran Indonesia International Motor Show 2010, Juli lalu.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diperoleh Tempo menyebut, sepanjang Januari-November penjualan city car melonjak hingga 344 persen dibanding periode sama tahun lalu.

“Hingga November lalu, total penjualan city car mencapai 14.310 unit, sedangkan di kurun waktu yang sama 2009 penjualan hanya 4.159 unit,” tutur salah seorang pengurus Gaikindo saat dihubungi.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s