Tips: Cara Mudah Mencegah dan Mengatasi Pintu Mobil Terkunci

Cabut kunci saat berhenti

JAKARTA, 19 Januari 2011 – Pernahkah Anda mengalami pintu mobil terkunci di saat anak kunci masih menancap di starter? Meski persoalan sepele, namun kejadian tersebut kerap membuat pening pemilik mobil. Terlebih bila mobil berada di tempat yang jauh dari keramaian dan Anda tidak membawa cadangan anak kunci.

“Memang, secara teori, langkah yang paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah membuka karet penahan kaca mobil yang ada di pintu kemudian utak-atik kawat pengunci pintu. Tapi prakteknya sulit,” tutur Abdul Azis, spesialis pintu dan power window Anugerah Tehnik, Pinang, Cipondoh, Tangerang, Rabu (19/1).

Kesulitan bukan pada persoalan membuka karet dan cara mendapatkan benda pipih panjang yang berguna untuk mengutak-atik kawat penguncian. Namun, mengenali karakter sistem penguncian mobillah yang membuat orang pusing. “Terlebih mobil keluaran terbaru, sistem pengunciannya rumit,” kata Azis.

Karena itu, dia menyarankan lebih baik melakukan pencegahan agar mobil tidak terkunci dari dalam. Apa saja yang harus dilakukan? Bagaimana cara mengatasi bila mengalami kejadian itu? Berikut tips dari Azis:

1. Langsung cabut kunci saat mobil berhenti

Satu kebiasaan yang kerap dilakukan orang saat sampai di tempat yang dituju adalah, langsung turun dari mobil dan mengemasi barang-barang bawaan untuk dibawa tanpa mematikan terlebih dahulu mesin mobil. Bahkan, kalau pun mematikannya mereka sering lupa mencabut anak kunci dari starter.

Hal itu tentu sangat berisiko. Pasalnya, bila Anda, keluarga, atau teman yang saat itu ikut bersama Anda di mobil itu tiba-tiba menutup pintu mobil dengan keras, besar kemungkinan pintu akan terkunci.

“Karena hentakkan keras dari pintu yang dibanting akan menggerakkan sistem penguncian. Proses itu terjadi, persis saat orang akan mengunci pintu mobil dari luar,” kata Azis.

Sebab itu, disarankan agar mencabut anak kunci beberapa saat mesin mobil dimatikan. Jangan lupa membawa dan menyimpan anak kunci tersebut di kantong baju, celana, atau tas.

2. Biasakan membuka pintu secara benar

Kebiasaan salah lainnya yang kerap dilakukan orang adalah membuka pintu mobil dengan cara tidak semestinya. Entah karena terburu-buru, lupa, atau karena kebiasaan, mereka membuka pintu mobil yang masih dalam kondisi terkunci dengan menarik tuas atau knob penguncian secara paksa.

Padahal, meski kunci terbuka dengan ditandai suara ‘klek’ saat tuas atau knob ditarik, namun sejatinya cara seperti itu telah membuat sistem penguncian rusak. Sistem tersebut menjadi sensitif dan mudah sekali mengunci secara otomatis.

Begitu pula sebaliknya, penguncian tidak kuat alias mudah sekali dibuka karena sistem pengucian telah ‘dol’. Walhasil, bila Anda lupa mencabut anak kunci dari starter dan tiba-tiba pintu tersenggol dan menutup, maka pintu akan terkunci secara otomatis.

3. Biasakan mengunci pintu dengan anak kunci

Saat ini orang terbiasa dengan teknologi canggih yaitu mengunci pintu mobil dengan menggunakan remote control. Memang, teknologi ini memudahkan dan dirancang memiliki keamanan tinggi.

Namun, siapa yang biasa menyangka bila seseorang telah lupa? Karena itu, mengunci pintu mobil dengan anak kunci tidak saja memastikan penguncian telah berlangsung dengan baik dan benar.

“Tetapi juga membiasakan kita untuk mencabut dan membawa anak kunci keluar dari mobil, sehingga mencegah pintu terkunci dari dalam,” ujar Azis.

4. Cara mengatasi

Bila peristiwa itu terjadi di mobil Anda, jangan panik, tenangkan diri Anda. Setelah itu, carilah kayu panjang penggaris yang berbentuk pipih, atau bisa juga kawat panjang yang kuat dan kaku.

Langkah berikutnya, bukalah karet pintu yang ada di samping kaca mobil. Kemudian carilah kawat pengait sistem penguncian pintu dan tarik atau tekan dengan menggunakan kayu, penggaris, atau kawat tersebut.

Bila telah berbunyi ‘klek’ berarti kunci telah terbuka. “Cara lainnya bisa membuka baut plat nomor di belakang. Melalui lubang baut itu, kita bisa mencari kawat pengait sistem penguncian,” ujar Azis.

Itulah tips cara mencegah dan mengatasi pintu mobil yang terkunci dari dalam.

Semoga bermanfaat…

About these ads

One thought on “Tips: Cara Mudah Mencegah dan Mengatasi Pintu Mobil Terkunci

  1. Sungguh artikel yang sangat berguna, cuma terkadang keteledoran, terburu buru dan panik suka menambah masalah baru. Kalo sudah bgini, mending panggil tukang kunci aja, di jamin tanpa jejak. Salam hangat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s