Tips: Cara Mudah Mengenal Mobil yang Sulit Distarter

Cek alternator, aki, kabel, dan dinamo starter

JAKARTA, 04 April 2011 - Mobil yang sulit distarter atau mogok bisa terjadi kapan saja dan terjadi mobil jenis apa saja. Bahkan, kejadian selama ini membuktikan, mobil yang sebelumnya tidak menunjukkan permasalahan sama sekali tiba-tiba sulit distarter sesaat setelah mobil berhenti.

Menurut Tirtadji pemerhati masalah mesin dan pimpinan TSM Motor, Kemayoran, Jakarta Utara, penyebab mobil sulit distarter adalah sistem kelistrikan dan mesin yang bermasalah.

“Itu pengalaman saat menangani mobil pelanggan kami yang bermasalah dan memperhatikan keluhan pemilik mobil secara umum,” katanya, Senin (4/4) siang.

Lantas apa saja permsalahan tersebut? Bagaimana cara mencegah atau mengatasinya bila masalah itu terjadi? Berikut Tirtadji berbagi tips untuk Anda :

Sistem kelistrikan mobil terdiri dari beberapa bagian mulai dari sumber listrik yaitu alternator atau biasa disebut dinamo ampere, dinamo starter , aki, serta beberapa rangkain pendukung seperti sekring, serta sistem jaringan kabel.

Bila mobil Anda tiba-tiba mogok atau sulit distarter, maka lakukan beberapa langkah ini :

1. Cek kondisi alternator

Satu diantara fungsi peranti ini adalah mengisi arus listrik ke aki. Bila alternator bermasalah maka sistem kelistrikan mobil tidak berfungsi, akibatnya mobil sulit distarter atau mogok.

Cara untuk mengecek kondisi alternator cukup mudah. Cara pertama, Anda bisa melihat panel indikator instrumen yang bergambar aki. Bila gambar tersebut menyala, berarti alternator bermasalah dan sebagainya.

Bila di mobil Anda belum terdapat indikator seperti itu, Anda bisa melakukan cara tradsional. Carilah obel atau kunci pas lalu tempelkan perkakas itu ke pulley alternator.

Bila obeng atau kunci pas itu tertarik, berarti masih ada gaya magnet dan arus listrik. “Artinya alternator masih oke,” ujar Tirtadji.

Namun, bila Anda mempunyai voltmeter dan membawanya, maka pengecekan akan lebih gampang. Pasalnya, Anda cukup menempelkan jarum plus dan minus ke ujung masing-masing sisi alternator.

Arus listrik stndar alternator adalah 13 – 15 volt. Bila kurang dari angka terbawah atau 13 berarti alternator bermasalah. Begitu pula sebaliknya. Bila ternyata alternator tidak bermasalah maka, Anda perlu mengecek kondisi aki.

2. Periksa aki

Bila mobil Anda masih menggunakan aki basah, cara pengecekan akan jauh lebih mudah. Pertama, perhatikan cairan atau air aki apakah volumenya masih cukup banyak. Bila berkurang maka aki akan tekor, terlebih bila umur aki sudah lebih dari dua tahun.

“Akibatnya mesin sulit distarter,” kata Tirtadji.

Namun, bila aki masih relatif baru dan cairan masih normal. Periksalah kabel di terminal aki, apakah ada kotoran atau kerak. Begitu pula pastikan tidak ada kabel di terminal yang terputus.

Jika kabel tersebut kondisinya masih normal dan tidak bermasalah alihkan perhatian Anda ke sekring. Peranti letaknya di dekat terminal positif aki. Pastikan sekring tidak putus.

3. Rangkaian kabel dan socket kunci kontak

Bila sekring lolos dari masalah alias kondisinya masih normal, cobalah memeriksa socket kunci kontak apakah kendor atau tidak. Pasalnya, bila socket kendor maka sambungan arus listrik antara kunci dengan pemantik mesin juga tidak bertemua, akibatnya mesin sulit distarter.

Namun, bila socket ternyata sehat wal afiat alias tidak bermasalah maka perhatian harus Anda alihkan ke dinamo starter.

4. Dinamo Starter

Peranti ini adalah dinamo yang digerakkan oleh arus lisrik untuk menghasilkan putaran. Pada saat mesin diaktifkan dengan memutar kunci kontak kea rah ‘on’ maka arus listrik akan mengalir ke bagian starter dan mengaktifkan solonoid.

Selanjutnya solenoid akan mendorong gigi ke roda gila (fly wheel) untuk memutar mesin dan mesin pun akan aktif. Namun, bila dynamo starter bermasalah, maka mesin akan sulit distarter.

Cara untuk mendeteksi kondisi peranti ini cukup mudah. Putar kunci kontak kea rah ‘on’ bila mesin hanya sama sekali tidak menyuara berarti peranti itu bermasalah. Namun, bila masih terdengar suara crekk…crekkk.. tetapi mesin tidak aktif, berarti mesin bermasalah.

Bila hal itu terjadi, maka alihkan perhatian ke bagian mesin.

Semoga bermanfaat….

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s