Honda Kembangkan Kurikulum Teknik Sepeda Motor Honda untuk SMK

Kristanto, Head of Corporate Communication PT Astra Honda Motor (kiri) bersama perwakilan sekolah SMK Kencana 1 Jakarta Utara dan Dinas Pendidikan Jakarta Utara meninjau unit sepeda motor Honda yang digunakan pada Jurusan Teknik Sepeda Motor Honda. (Dok. AHM)

JAKARTA, 15 Mei 2012 — Langkah menarik dilakukan PT Astra Honda Motor. Pemegang merak sepeda motor Honda di Indonesia itu tidak hanya menyumbangkan sepeda motor dan mesin tapi juga mengembangkan Kurikulum Teknik Sepeda Motor Honda (KTSM Honda) untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

KTSM Honda ini memadukan Standar Kompetensi-Kompetensi Dasar (SK-KD) yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dengan materi Pelatihan Mekanik Tingkat 1 (PMT1) Honda yang juga menjadi materi pelatihan dan uji kompetensi mekanik di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

“Dengan materi KTSM Honda ini, diharapkan pembelajaran tentang teknik sepeda motor terhadap siswa SMK yang menerapkan kurikulum ini akan lebih terarah sebagai mekanik yang berkualitas,” kata Head of Corporate Communication AHM, Kristanto, Selasa, 15 Mei 2012.

Kristanto mengatakan KTSM Honda untuk SMK ini memasuki tahun kedua dan akan dilakukan di beberapa SMK di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Tahun lalu, program ini diterapkan di beberapa SMK di wilayah Bukit Tinggi, Payakumbuh, Banjar Baru, Pinrang, Surabaya, dan Kuningan.

Untuk tahap awal tahun ini, implementasi KTSM Honda dilakukan bekerja sama PT Wahana Makmur Sejati, selaku Main Dealer Honda wilayah Jakarta Tangerang. Seremoni Kick Off Implementasi KTSM Honda ini dilakukan di SMK Kencana 1 Jakarta yang juga menandai dimulainya implementasi di tiga sekolah lain, yaitu SMK Negeri 53 Jakarta, SMK Negeri 3 Tangsel, dan SMK Negeri 6 Kabupaten Tangerang.

Sebagai bentuk dukungan penuh terhadap kesuksesan program ini, AHM bersama Main Dealer di wilayah terkait menyumbangkan unit sepeda motor dan perlengkapan perbengkelan sesuai standar minimal AHASS. Peralatan tersebut akan dimanfaatkan sebagai pendukung pelaksanaan praktik KTSM Honda di setiap SMK.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 58 other followers

%d bloggers like this: