Mitsubishi Evolution X: Sedan Gahar

Jangan ngaku nggak kenal dengan yang namanya Mitsubishi Lancer Evolution X. Jika Anda penggemar otomotif (baca mobil balap), harus tahu informasi soal sedan sport yang satu ini.

Kini jawara reli tersebut dihadirkan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB)–ATPM Mitsubishi di Indonesia, di The 16th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2008, akhir bulan lalu.

KTB sepertinya ingin kembali mengangkat sedan-sedannya. Selama ini Mitsubishi–terutama di Indonesia–memang lebih dikenal dengan jualan commercial car-nya.

Macho, gahar, sangar, galak, entah apa lagi kata yang tepat untuk menggambarkan tampilan Evo Ten, demikian mobil ini kerap disebut. Desainnya memang diciptakan untuk mengakomodasi tujuan utamanya; melaju dengan kecepatan setinggi mungkin.

Hal ini terlihat jelas dari Inverted Slant-nose atau hidung hiu yang menjadi ciri utamanya. Over fender di bagian samping depan dan spoiler di bagian belakang berfungsi untuk mengontrol laju aliran udara (airflow) di atas permukaan kendaraan.

Tampilan balap makin dipertegas dengan grill berbentuk trapesium yang berfungsi sebagai saluran masuk udara intake ke intercooler untuk mendinginkan mesin. Dipadukan dengan engine hood di bagian atas kap mesin yang berfungsi sebagai saluran buang panas mesin sekaligus saluran udara masuk ke turbocharger.

Nah, di bawah kap mesin Evo Ten tetap mengusung mesin berkapasitas 2.0L. Kali ini dilengkapi teknologi DOHC 16 Valve MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control) plus Intercooler-turbocharger. Tenaga yang dihasilkan mencapai 291 HP pada 6.500 rpm. Yang bikin ngeri adalah torsi maksimumnya mencapai 366 Nm pada 3500 rpm.

Tak cuma mesin yang hebat. Berbagai teknologi canggih juga dibenamkan di mobil ini. Sistem transmisi menggunakan Twin Clutch Super Shift Transmission 6-speed automated manual transmission. Transmisi ini bisa digunakan dengan tiga model level kecepatan dan respon akselerasi yang berbeda; Normal, Sport dan Super Sport.

Lainnya adalah pemakaian teknologi Super All-Wheel Control (S-AWC). Teknologi ini memungkin mobil bekerja sendiri mengatur beberapa komponen untuk menyesuaikan torsi dan rem pada setiap roda. Selain itu, fitur ini juga bertugas membaca refleksi pengemudi secara intens dan real time.

S-AWC mencakup fitur Sport ABS (Anti-lock Brake System), ASC (Active Stability Control), ACD (Active Center Differential), dan AYC (Active Yaw Control).

Pengen punya? Siap-siaplah merogoh kocek Anda Rp 875 juta (harga on-the-road Jakarta). Tapi untuk mendapatkan sensasi dan fitur secanggih Evo Ten? Worthed lah…

SPESIFIKASI

Mitsubishi Evolution X
Panjang: 4510 mm
Lebar: 1810 mm
Tinggi: 1480 mm
Wheelbase: 2650 mm
Mesin: 4B11 MIVEC with intercooler turbocharger inline 4 cylinder 16 valve DOHC
Kapasitas: 1998 cc
Tenaga: 265 PS @ 6500 rpm
Torsi: 37.3 kgm @ 3500 rpm
Transmisi: Twin clutch SST (6 speed)

Si Brother Varian

Bersamaan dengan pengenalan Evo Ten, juga ada versi jalan rayanya yang diberi nama Mitsubishi Lancer EX 2.0GT. Saudara Evo Ten ini merupakan generasi terbaru dari sedan sporty yang dilengkapi dengan 4WD dan performa yang tak kalah menakjupkan.

Brother Varian alias varian yang sama Lancer EX 2.0GT secara tampilan memang tak segahar Lancer Evolution. Evo Looks-nya masih ada tapi tampil sedikit lebih soft, manis, dan elegan. Dimensinya lebih panjang 60 mm dan lebih tinggi 10 mm namun ramping 50 mm dibandingkan Evo.

Di dapur mesin, Lancer EX 2.0GT tetap menggunakan mesin 2.0L 16 Valve MIVEC DOHC hanya minus turbocharge with intercooler. Transmisi memakai INVECS III CVT 6-speed Sport Mode plus Countinously Variable Transmission (CVT). Pengoperasian transmisi juga bisa menggunakan paddle shifter pada lingkar kemudi.

Secara keseluruhan, EX 2.0 GT hadir tanpa embel-embel nama besar merk Bilstein & Eibach, BBS, Rockford Fosgate, Recaro dan Brembo. Selain itu, pada EX 2.0 GT tidak tersedia fitur utama S-AWC (Super All Wheel Control). Meski begitu fitur keselamatan aktif dan pasif pada Lancer Evolution tersedia pada Lancer EX 2.0 GT.

Best Sedan Medium Class di IIMS 2008 lalu itu dibanderol Rp 320 juta (on-the-road Jakarta).

Advertisements

30 Responses

  1. Salam kenal BOSS!!!! Qt sama” pecinta otomotif nih.

  2. Wah saya mah blom ada apa2 nya bos ama blog ente…. lbh wah dan dahsyat dari blog bayi saya yg baru 6 bln ini…

  3. pantes toh ada downspec or brother nya nya ya….kemaren bimer saya dikejar ama si evo ini di jagorawi…, eh malah dia yg keteteran… tertinggal ampe ga kelihatan lagi…. kirain tipe 850 jutaan nya… yg ngejar hehehehehe.
    pgn tau jadinya spec variannya itu…, kayaknya ga bisa tembus 200 kpj ya?….- mungkin juga bisa tapi lelet…

  4. hehehehe dewo…
    emang di Indonesia ada 2 model yg dimasukkan mitsubishi… pertama ya Lancer EVO sedangkan yg kedua Lancer EX 2.0GT. Kalau bicara soal kemampuan ya pasti jauh bedalah bos…

    – Keduanya emang sama2 pake mesin berkode 4B11 MIVEC inline 4 cylinder 16 valve DOHC. Tapi EVO ditambahi intercooler turbocharger.
    – Transmisi EX make INVECS III CVT with sport mode (6-speed) sementara EVO make Twin clutch SST (juga 6-speed)
    – Nah, spek inilah yg bikin beda performa keduanya. EX punya 155 ps dengan tordsi 20.3 kgm bedakan dengan EVO yg punya tenaga 295 ps dan torsi 37.7 kgm

  5. speechless to give comments bout the amazing n ultimate sexy car like EvoX.

  6. salam knal bwt all otolovers.

  7. gw pnx evo VII n gw udh obox2 engine-nya pake paket engine tuning aliran jdm extreme street. Pas gw coba di tol cipularang gw liat kayak evo x warna putih. Awalnya gw kira evo x krn tu mobil pas gw mo salip, tu mobil geber2 gas. abis main geber gas eeeh malah main betot 2an ya gw kasi’. ternyata tu mobil lancer EX. Di 160 km/jam keatas tu mobil lelet ya gw kasih tu mobil eeeeeee malah ilang ga’ keliatan. waktu itu gw lagi geber di kecepatan 200 km/jam n blun top speed dan rpm kisaran 5100-an.

  8. beneran yg evo X ya ndra? atau yg EX?

  9. damn!. tunggangan idaman..gue harus punya nihh..hhh..ngilerr. Btw, great article mas Raju

  10. salam sesama pecinta otomotif…
    maaf, yang lancer EX itu FWD kan, bukan 4WD?
    mesinnya juga pasti internalnya beda semua sama evo…
    cmiiw…

    • yup bener bgt… mesin sebenarnya sama tp ada bbrp perbedaan misal. Mesin tetap menggunakan 2.0L 16 Valve MIVEC DOHC, hanya minus turbocharge with intercooler. Selain itu, pada EX 2.0 GT tidak tersedia fitur utama S-AWC (Super All Wheel Control).

  11. iya.. betul.. S-AWC tidak ada di lancer karena di lancer ngak 4WD seperti di evo. jeroan mesinya beda karena di evo pasti butuh daya tahan lebih karena tambahan daya yang dihasilkan oleh turbin.
    oke deh.. maju terus industri otomotif indonesia!!!

  12. Numpang tanya tapi kenapa di pembahasan di tulis Mitsubishi lancer EX 2.0 GTjuga dilengkapi 4WD?jadi bingung..

  13. wah pasti evo tuh ud punya balancing engine langsung kaya nya yak dari rallyart???

  14. lam kenal, sy hendra. mo nanya, kalo turbo punya evo X itu berapa PSi?
    thanks

  15. sayangnya ni sedan hebat tampil dalam model 4 pintu,coba di buat model 2 pintu,pasti makin keren..

  16. Wowwww……mantapz dan terdassyattt….
    saya dari kecil baru lahir aja sdh suka yg namanya Mobil Mitsu….
    gue sekarang punya Lancer CS5 2004 Evo8 aja sdh ngerasa Luar Biasa. apalg bisa Punya EVO X MR…atau FQ400 Versi England…
    Wowww….ini target mungkin 2 tahun lagi…saya pasti Bisa…!!!!!!!!

    • semangaaatttt… semoga cepet dapet 🙂

      • Klo 2 Tahun Lagi Mungkin Bro Kartono Dah Bisa Beli Evo XI aka Evo 11….. Klo Varian saya Lebih prefer Yang 6 Speed Manual… Daripada yg Semi automatic…. Coz Lebih Gahar Tenaga bawah ,Tengah, Atasnya…. Mobil2 Mercedes 3000cc Yg Automatic Mah DiLibas di TOL…

  17. Mobil Yg Luar Biasa Baik Desain Maupun Performa Racing Jalan Raya nya…… Harga Evolution X Tahun 2010 di Situs Resmi Mitsubishi KTB indo Sekarang Rp 1,270 (1 Milyar 270juta) Gileee Bener Mobil Seharga Rumah Mewah Sekelas Pondok indah Mall)

  18. Apalagi Sekarang Variasi Evo X Dan part Racing nya Sudah Banyak Beredar di Pasaran…… Kayak Merek HKS, G-Reddy, Cusco, Ralliart, …. Apalagi Bisa inden Dari Batam/Singapura/Malaysia/Thailand Kagak Perlu Susah2 Pergi atau inden ke Jepang Segala.. dah kuno ngabisin duit doank klo Pesen ke Jepang.. di singapura and thailand aja Ngampar Sparepart Evo X kyk Kacang goreng..

  19. maaf numpang tanya, knp yah di indonesia sering salah persepsi klo org2 jual mobil di pos kota sering bilangnya EVO 3, EVO 4, dan seterusnya…padahal bukan EVO sangat berbeda dgn lancer GLX…krn harga EVO 4 second tahun 97 aja msh berkisar 300jtan…

  20. maaf om..dari semua poko bahsan diatas ok semua..tapi buat saya evo ten.harusnya sudah v6. kenapa masih 4 ,,,,hadeeee….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: