Toyota Perkenalkan Fortuner 2.5 G Diesel A/T

Jakarta, 11 Agustus 2009 - Melengkapi jajaran varian Fortuner yang telah ditawarkan, PT Toyota-Astra Motor meluncurkan Toyota Fortuner 2.5 G A/T, yaitu Fortuner bermesin diesel dengan transmisi otomatis. Menyandang dapur pacu yang efisien dan ramah lingkungan, kapasitas 7 penumpang dan kelengkapan fitur optimal dalam sosok maskulin sebuah SUV (Sport Utility Vehicle) sejati, Fortuner 2.5 G A/T merupakan kendaraan yang memberikan kombinasi antara efesiensi bahan bakar dan kenyamanan berkendara, sekaligus kebanggaan bagi penggunanya.

Dengan hadirnya varian ini, maka Fortuner memberikan pilihan terbanyak dikelasnya, yaitu Fortuner bermesin bensin (2.7 liter) bagi penyuka performa, serta Fortuner bermesin diesel untuk pelanggan yang mengutamakan efesiensi bahan bakar. Ragam pilihan yang ditawarkan seluruhnya ada 4 yaitu 4×2 G 2.7 dan 4×4 V 2.7; keduanya bermesin bensin dengan transmisi otomatis, serta 4×2 G 2.5 Diesel transmisi otomatis dan manual. Selain itu, varian khusus Fortuner TRD Sportivo Ltd Edition juga telah diperkenalkan sebelumnya, bagi pengguna Fortuner bermesin diesel yang menginginkan SUV dengan tampilan dan pengendaraan lebih sporti.

“Bila sebelumnya untuk varian diesel hanya terdapat transmisi manual, maka kini pelanggan memiliki pilihan baru yaitu Fortuner diesel dengan transmisi otomatis yang tentunya lebih nyaman dan praktis. Kami percaya hadirnya Fortuner diesel bertransmisi otomatis ini akan memperkuat dominasi Fortuner dipasarnya, khususnya kendaraan 4×2 High SUV. Tak hanya dari sisi kualitas produk dan lengkapnya, Fortuner juga didukung penuh oleh kualitas layanan purna jual Toyota di seluruh Indonesia,” komentar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor.

Kontur bodi yang maskulin dan mewah juga mengakomodir kondisi geografis Indonesia dengan ground dan floor clearence yang tinggi, serta kebutuhan untuk mengangkut lebih banyak penumpang/barang. Kenyamanan penumpang ditunjang dengan ragam fitur terdepan seperti 2 DIN Audio Video System, Automatic dan Dual AC. Gate Shift Lever menjadikan berkendara dengan Fortuner bertransmisi otomatis semakin menyenangkan. Seluruhnya sepadan dengan citra prestisius dan maskulin dari Fortuner.

Mengenai prestasi penjualan Toyota Fortuner, pengakuan masyarakat terhadap kendaraan ini memang terekam dalam data penjualan. Dari Januari hingga Juni 2009, Toyota Fortuner tercatat memimpin pasar di kelas 4×4 medium dengan market share sekitar 30% dan total penjualan mencapai 166 unit. Sementara itu, untuk kelas 4×4 High SUV, Toyota Fortuner membukukan penjualan sebanyak 2.954 unit dan menguasai pasar lebih dari 26% (retail).

“Berada di bawah brand Toyota yang memiliki pengalaman panjang dalam mengembangkan SUV ternama, Fortuner mewarisi DNA SUV legendaris Toyota yaitu Land Cruiser. Hal tersebut mendorong optimisme bahwa Fortuner tetap menjadi salah satu pemain utama di pasar SUV mewah nasional. Itu tercermin dengan angka market share dan jumlah unit yang semakin tinggi tiap tahunnya,” imbuh Johnny Darmawan. “Bulan Juli lalu, Fortuner memimpin segmen 4×2 High SUV dengan market share 33,7% (whole sales)”.

Sebagaimana produk-produk Toyota yang resmi diperkenalkan PT TAM selaku distributor resmi Toyota di Indonesia, Fortuner mendapat fasilitas garansi selama 3 tahun atau 100.000 km, bebas biaya jasa untuk servis berkala hingga 50 ribu km serta didukung penuh oleh kelengkapan layanan suku cadang Toyota di seluruh Indonesia. Pelanggan juga sepenuhnya dapat memanfaatkan kemudahan akses informasi Toyota seperti M-Toyota, Toyota Mobile Web, maupun call center 24 jam.

Terdapat 6 pilihan warna (Super White II, Silver Metallic, Greyish Brown Metallic, Dark Grey Mica, Black Mica, Blue Mica). Harga on the road DKI Jakarta adalah:

- Fortuner G 2.5 G M/T Diesel : Rp 359,600,000
- Fortuner G 2.5 G A/T Diesel : Rp 369,600,000
- Fortuner G Lux 2.7 A/T : Rp 416,700,000
- Fortuner V 4×4 2.7 A/T : Rp 465,700,000

**Harga Fortuner TRD Sportivo Ltd Edition: harga varian diesel + Rp 25 juta

About these ads

43 Responses

  1. mantap.. makin byk pilihan, utk mengimbangi pajero sport… fortuner diesel A/T indent nya berapa lama… sebelum lebaran bisa ngga….

    • Mas Yoyok, pihak TAM menyebutkan utk fortuner diesel AT indennya 1-2 bulan… kayaknya tertarik nih? hehehehehe.. tapi yg TRD juga keren lho, Mas…

    • mas, mau tanya
      saya mau beli fortuner, menurut mas , lebih baik yang bensin atau yang diesel matik ?

      katanya kalau diesel tenaganya kurang responsif ya, dan perawatannya agak sulit

      mohon saran

      • Toyota Fortuner bensin atau diesel sebenarnya sama saja, penampilan, kenyamanan, dll… dari sisi performa justru mesin diesel punya torsi yg lbh besar dibandingkan tipe bensinya.

        Selama ini banyak pendapat yg menyebut mesin diesel boros, susah perawatan, dlll… tapi pada dasarnya sama saja…

        sebagai perbandingan:

        Tipe Mesin:
        - 4 IL, 16 Valves, DOHC, D-4D (diesel)
        - 4 IL, 16 Valves, DOHC, VVT-i (bensin)

        Isi Silinder:
        - 2,494 cc (diesel)
        - 2,694 cc (bensin)

        Daya Maximum:
        - 102 ps/3,600 rpm (diesel)
        - 160.4 ps/5,200 rpm (bensin)

        Torsi Maksimum:
        - 26.5 kgm/1,600-2,400 (diesel)
        - 24.6/3,800 (bensin)

        dari data di atas terlihat meski diesel hanya 2.5L dan bensin 2.7L, tapi secara torsi max, diesel lbh besar.

  2. mas, saya mau tanya
    fortuner diesel yg matik dengan diesel yang manual, utk responsif tenaganya bagus mana ya ?

    torsi itu maksudnya apa mas
    apa bisa utk daya maksimum yg 102 ps ditambah lagi menjadi 140 ps seperti pajero sport yang sama2 2,5 L mas

    apa keuntungan membeli fortuner diesel
    dan apakah fortuner diesel ada kelemahannya

    kira2 apakah toyota akan mengeluarkan fortuner yg 3.0 l mas,

    mohon sarannya

    • Nadya…
      - kalo soal responsif otomatis yg manual dong…
      - menaikkan torsi bisa misalnya melakukan setting di bagian mesin atau menambah turbo misalnya
      - sebenarnya perawatan diesel saat ini sudah cukup mudah dan tidak bermasalah seperti yg dulu2 jadi anggapan org.
      - keuntungannya, secara tenaga rata2 mesin diesel lbh besar dan lebih bandel masa hidupnya
      - untuk saat ini fortuner msh mengandalkan mesin 2.7L dan 2.5L utk diesel, blom ada rencana utk bikin yg 3.0L

  3. mas, saya mau tanya
    fortuner diesel yg matik dengan diesel yang manual, utk responsif tenaganya bagus mana ya ?
    torsi itu maksudnya apa mas
    apa bisa utk daya maksimum yg 102 ps ditambah lagi menjadi 140 ps seperti pajero sport yang sama2 2,5 L mas
    apa keuntungan membeli fortuner diesel
    dan apakah fortuner diesel ada kelemahannya
    kira2 apakah toyota akan mengeluarkan fortuner yg 3.0 l mas,
    mohon sarannya

    • Diesel engine sebenarnya perwatan mudah dan tdk mahal. perhatikan saringan udara serta saringan solarnya. Sayang diesel kita masih kurang berqualitas dan kadar belerangnya tinggi. Untuk diesel Fortuner matic, cocoknya pakai mesin bertenga 3000 CC, akselerasi tentu yg transmisi manual lebih respons,
      Penambahan tenaga bisa di lakukan dng bermacam cara, ganti mesin CC besar, tambah turbo, tune up mesin max, bahan bakar yg baik, ukuran ban yg benar, pelumas mesin yg bagus,

  4. Di Pulau Bali Barangnya Langka sehingga G Lux bisa sampai harga 365 juta tahun 2006 second!!!!! Kalau yang V malah 320juta 4×4 karena gosipnya ngak bisa lari kencang

    • wah info menarik tuh utra… siapa tau Toyota bisa ngecek bener nggak sampe segitu nya… soal tipe V yg nggak bisa lari kencang, msh seputar gosip kan? :)

  5. Mas, saya mau tanya, kenapa Fortuner Diesel saya tahun 2007 Desember, dengan pemakain km 64.000 (sekarang), namun pada saat-2 tertentu, asap kenalpotnya sangat hitam. Sudah sampai service yang ke 4, di Auto 2000, disampaiikan keluhan, namun menurut mereka tidak apa-2, dan kenapa Auto 2000 tidak melakukan check.. yang lebih jauh…apakan Mesin diesel saya yang kurang pas setelannya.

  6. saya baru beli,fortuner TRD sportivo,pertamakali saya beli langsung saya isi diesel biasa,karna saya lupa tapi seteleh itu sampai sekarang saya isi super diesel shell,dan setiap berapa km mesti ganti filternya???

    • Mas Herdiansyah… sampai saat ini tidak ada patokan pastinya berapa.. tapi anda bisa melihat lampur indikator di panel…
      1. Jika lampu petunjuk di panel berkedip2 >>> kandungan air di filter perlu dikeluarkan
      2. Jika lampu nyala terus, gak kedip2 >>> tandanya flter harus diganti

      Semuanya sangat tergantung pada kualitas solar yang digunakan. Makin jelek solar, maka akan lebih cepat pergantian filter. Tapi kalau Anda pengguna super diesel shell angka 100 ribu juga masih oke…

  7. Apa beda dan kelibihan Fortuner Disel metik dan manual. aku ingin tau

  8. Sebenarnya 2-2 nya sama nyaman dlm pengendalian…
    Bedanya matik nggak perlu repot dlm memindahkan gigi… Jadi lbh enka saat macet
    Kelebihan manual tentu saja anda bisa menentukan sendiri perpindaha gigi
    Banyak yg menyukai manual krn lebih responsif

  9. Mas Raju, saya bingung menentukan pilihan antara performa atau efisiensi, apa benar diesel lebih irit dan awet?, o ya katanya mesin diesel identik dgn berisik dan bergetar. Bagaimana dgn Fortuner diesel..apa demikian? Trims

  10. Tambahan: menggenai kesenyapan kabin..lebih baik yg mana antara Fortuner bensin atau solar?. Mana yg lebih irit Fortuner bensin MT atau Diesel AT? Terakhir: harga jual kembali antara bensin atau solar, MT atau AT…Thanks a lot

    • Syaska…. sebenarnya sama saja, mau bensin atau diesel gak masalah.

      Gini, kalu bicara soal mesin, versi bensin memang menggunakan mesin berkapasitas 2,7 liter sedangkan diesel 2,5 liter. Dari sisi tenaga jelas bensin lebih besar (bensin: 160.4 ps @ 5200 rpm; diesel: 102 ps @ 3,600 rpm). Tapi torsi? diesel yang lebih jago (bensin: 24.6 kgm @ 3800 rpm; diesel 26.5 kgm @ 1,600-2,400 rpm)

      Apakah diesel brisik dan bergetar? Nggak juga. Mesti diingat Fortuner sdh menggunakan mesin berteknologi Commonrail. Teknologi diesel itu bahkan tak ragu dipakai mobil premium macam Jaguar, Audi, atau BMW Seri 7.

      Mana yang lbh irit? Krn kapasitas mesin yg lbh kecil, diesel lbh irit. Mesin D4D bisa mengkonsumsi 1:9 – 13 (dalam kota-luar kota). Kalau bensin sekitar 1:6 – 8.

      Lbh irit manual apa matik? Nah ini yg saya agak bingung jawabnya hehehe… secara teori, matik seharusnya lebih boros, tapi faktanya kunci boros atau tidak sangat tergantung pada cara kita membawa kendaraan. Jgn suka menginjak gas mendadak atau ngerem mendadak.

      Yang perlu diperhatikan adalah mesin diesel memang hrs lebih rajin dalam perawatan. Kenapa? bukan krn mesinnya, tapi krn solar di Indonesia yang memiliki sulfur tinggi. Ada yg bilang pake solar, asep jadi hitam, itu tanda nya memang kualitas solarnya di SPBU itu tdk bagus. Di Jkt sendiri sdh banyak SPBU yg menggunakan bio-solar yg punya kadar sulfur lbh bagus. Antisipasinya, sering2 di tuning dan purging, atau pakai solar additive.

  11. Thanks mas raju….satu lagi ada pernyataan teman saya pengguna 42ners diesel MT bahwa dalam posisi menanjak sambil menyalip kenderaan di depan diesel ini tdk kuat alias loyo…benarkah demikian? any suggestion? thanks again

  12. Syaska…
    Nah ini dia pertanyaan yg juga sering diajukan bbrp teman… sebenarnya gini, diesel meski memilii torsi besar kinerjanya tdk sama dengan versi bensin. Gas mesin diesel nggak bisa “dibejek” dalam2 seperti hanya bensin… tetap pertahankan torsi di angka sekitar 3000 rpm..
    Jadi kalau mau nyalip kendaraan lain, coba turunkan persneling satu gigi ke bawah, tekan gas, kemudian naikkan lagi gigi…
    Moment — antara injakan gas dan level rpm — sangat berpengaruh..

  13. sy tertarik dg fortuner desel ,ne msh nabung utk beli selama ini sy pake rush, ada solusi gak

    • yusro… lho emang ada masalah ada dgn Rush? hehehe becanda kok… Rush juga ok sebagai mobil operasional sehari2 juga buat jln keluar kota… emang agak kalah kalo dibandingin Fortuner yang keliatannya lbh gagah dan jantan… saran saya, pikirkan matang2 apa keperluan anda akan sebuah mobi, penampilan kah? ulititas kah? dan jgn lupa juga pikirkan soal biaya operasional dan perawatannya…. tp saya doakan beli Fortuner nya kesampaian… :)

  14. Mas Raju, saya senang sekali bisa membaca detail mengenai fortuner diblog anda. kebetulan saya mau membeli mobil fortuner 2nd. Baru dapat info ada fortuner diesel G. M/T tahun 2007. harga 286 juta. KM 60.000an. Body ngaku yang mau jual belum pernah tabrakan. keliatannya sih gitu. accesories semua msh orisinal. Bagaimana menurut anda, apakah harga 286 juta itu bagus atau mahal? soon response much appreciated.

    • Ma kasih Anthony…. kalo melihat harga… jawaban saya adalah: reasonable… Melihat kilometernya yg baru 60 ribu dalm 2,5-3 thn artinya mobil ini jarang dipakai…. Saran saya, gak ada salah nya ajak teman atau kenalan yg ngerti soal mobil…. cek mesin bersih apa nggak, kaki2 nya bagaimana, interior, dan dashboard… tp saya pikir kalau mobil jarang dipakai pasti kondisinya lumayan terawat…

  15. Thanks mas Raju. Untung sy ketemu blog anda. Mdh2an mbl yg sy ambil ini ok punya. Sukses utk blog dan pekerjaan anda.

  16. Mau tanya mas,
    Saya ditawari fortuner diesel 2007,
    Berapa rentang harga bekasnya?
    Apa ada matiknya yang diesel tahun 2007 itu?
    Bagaimana tata cara perawatan mesin diesel?
    Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan di mesin diesel?
    Terima kasih.

    • Mas Ali…

      Harga Fortuner diesel th 2007 kira2 di bawah Rp 300 jt. tapi serahu saya versi diesel AT baru ditawarkan toyota thn 2009.
      Soal perawatan sebenarnya nggak susah, krn Fortuner sdh menggunakan mesin commonrail, artinya teknologinya sdh cukup tinggi untuk mesin diesel. Klaim bhw diesel lbh berisik bisa terjawab dengan tipe mesin ini. Bahkan dibandingkan mesin bensin, diesel punya tenaga (torsi) yg lbh baik.

      Yg mungkin perlu diperhatikan:
      1. Lihat rekomendasi solar yg disarankan Toyota
      2. Pilih-pilih SPBU agar bisa mendapat solar yg benar-benar bagus
      3. Rajin-rajin perawatan. Ini kunci utama dari mesin diesel yg lbh cepat kotor filternya…

      semoga bisa membantu….

  17. mas lampu indikator solar mbl saya hidup terus .kenapa ya.apa memang hidup terus…atau ada kerusakan……..

  18. mohon info mas..> fortuner g diesel a/t 2009 saya ada masalah di tanjakan tidak bisa bergerak sedikitpun (kecuali mundur), sedangkan honda crv a/t & nisan x-trail bisa melaju meskipun merangkak, apa ada masalah pada mesin fortuner saya, selama ini servis rutin beres A2000 n no problem, atau ada pengaruh pd konsumsi solar ( sy isi biosolar), byk orang bilang tenaga diesel lebih kuat dibanding bensin apa benar? tp nyatanya mesin diesel saya payah jg, thankq mohon answ

  19. mas..
    saya mau tanya apakah air radiator yang digunakan pada mesin fortuner diesel. apa yang bisa habis atau yang tidak bisa habis seperti yang di pakai innova.

    mohon penjelasannya

  20. Mas saya mau tanya
    Fortuner yang 4X4 yg manual ada gak, berapa CC ??
    Fortuner yang 3000 atau 4000 CC ada gak dijual di Indonesia ?
    Kalo ada dimana saya bisa mesan dan harganya brapa ?

    • Mas Galang… Fortuner 4×4 MT tidak ada.. yg ada cuma varian AT
      mesin 2.7 liter utk bensin dan 2.5 liter untuk diesel
      Toyota sebenarnya punya Fortuner dengan mesin yg lebih besar yaitu 4.0 liter tp ditujukan utk pasar ekspor saja….

  21. mas raju, kalo untuk performance bagusan diesel atau bensin ya mas? Top speednya masing2 kira2 brp ya mas? Mohon bantuannya.. hehe

    • Mas irfan….

      pertanyaan ini juga diajukan bbrp org… Toyota Fortuner bensin atau diesel sebenarnya sama saja, penampilan, kenyamanan, dll… dari sisi performa justru mesin diesel punya torsi yg lbh besar dibandingkan tipe bensinya.

      Selama ini banyak pendapat yg menyebut mesin diesel boros, susah perawatan, dlll… tapi pada dasarnya sama saja…

      sebagai perbandingan:

      Tipe Mesin:
      - 4 IL, 16 Valves, DOHC, D-4D (diesel)
      - 4 IL, 16 Valves, DOHC, VVT-i (bensin)

      Isi Silinder:
      - 2,494 cc (diesel)
      - 2,694 cc (bensin)

      Daya Maximum:
      - 102 ps/3,600 rpm (diesel)
      - 160.4 ps/5,200 rpm (bensin)

      Torsi Maksimum:
      - 26.5 kgm/1,600-2,400 (diesel)
      - 24.6/3,800 (bensin)

      dari data di atas terlihat meski diesel hanya 2.5L dan bensin 2.7L, tapi secara torsi max, diesel lbh besar.

  22. mas.saya mau tanya fortuner diesel at 2011 . nga bisa mencapai 140 km mentok aja di situ

  23. mas mau tanya perbedaan fortuner biasa dengan TRD itu apa sih mas,mohon infonya

    • kalau dari sisi mesin nggak ada perbedaan nya dewi… perbedaan terletak dari aksesoris, misalnya bodi kit, bumper, logo TRD, dan terutama suspensi khusus keluaran TRD…

  24. Sebenarnya ada solusi meningkatkan tenaga fortuner diesel.
    Coba rev engineering di jln panjang jakbar.
    Dgn mengganti intercooler dan chip, tambahan tenaga bs meningkat sekitar 30%.

  25. Tuk penampilan boleh lah Fortuner diesel. But
    Tuk anak muda yang doyan dengan power & speed; gak cocok pake fortuner diesel 2,5L yang hanya 102 PS (Bandingkan – avanza 1,5 L = 106 PS). Coba aja dulu Ford Evereset 2,5L (143 PS) atau Pajero Sport 2,5L (141 PS) atau Ford 2,2L new 2012 (150 PS).
    Atau tunggu kehadiran Grand Fortuner Diesel VNT.

  26. syahril.
    Mas saya mau tanya,saya pakai fortuner th 2007 nofember.diesel km 41.100 bahan bakar yg saya pakai solar biasa.bukan bio.keluhan saya asap terlalu banyak,sekarang sudah 2 kali service di auto 2000 toyota astra tapi masih tetap asapnya banyak.mohon saran jalan keluar nya trims.

  27. om Raju, jadi kalau lampu indikator bahan bakarnya nayala terus itu artinya filter bahan bakar (solar) nya harus diganti ya…berapa lama biasanya mengganti filter bb solar itu. Oh ya untuk teman2 yang punya fortuner diesel bahan bakar yang paling baik adalah pakai Pertamina-DEX angka cetanenya lebih tinggi dibanding solar biasa yang lain….makasih

  28. Toyota belum berpengalaman untuk Diesel,
    Masa T/C di taruh di bawah Engine.. hanya untung ambil ruang Pendingin udara yang banyak
    Paham gak Turbo Charger yng di gerakan oleh Gas buang satu Shaft dengan Blower penarik udara pada Bearing VTR
    Jakarta sering banjir, bayangjkan kalo Perbedaan Temperatur Gas buang 400 derajad bersentuhan dengan air
    bagaimana juga Bearing VTR yg dayanya banyak hilang karena harus menarik udara dan menekan udara ke atas, sedangkan di tiup aja bearing Blade turbin itu berputar

    I love Toyota, apapun aku pilih Toyota, walau bagaimanapun, tapi sebagai Marine Engineer, Toyota di VNT masih payah

    Terpaksa aku ambil Fortuner Bensin

    Ruang Peredam Diesel tanpa Coil anti panas, artinya dalam waktu 3 tahun, busa mengering, maka suara akan tetap masuk ke Cabin
    Nyaman gak buat Mobil Family…?

    Lirikanku ke Land Cruiser, nabung sejak dari Rush yang bergenjot – genjot per nya, sekarang puji tuhan bisa ambil abangnya Fortuner

    Mohon pahami Mesin Diesel kalo mau pake Diesel, Pajero sudah pake Double T/C
    Jangan hanya Gaya aja yang di gedein
    Toyota Pemenang No.2 Dunia Penjualan Mobil setelah Mbahnya Mobil yaitu Ford

    Mudah2an Abangnya Land Cruiser, tidak Mengecewakan, jangan cuma menciptakan Mesin manja yang harus pake Solar Mahal
    Padahal Pertamina Solarnya termahal di Duania Marine
    Kenapa kita harus pergi ke Company orang, buatr racikan Solar mereka, yang padahal, dasar Solar terbaik Dunia itu PERTAMINA
    Aku saksinya di Kapal kapl Tanker Word Wide

    Berikan Opini yang Tepat kalo ada yang nanya, Costumer juga sekarang sudah Pinter2, walau bukan PINTAR
    Mereka rela beli lebih mahal asalkan benar Quality Bagus

    Coba jelaskan saya apa kelebihan Toyota di pasaran Mobil Menengah
    sampai 2 nama besar mau pasang leble pada Mobil yang sama:
    Avanza – Xenia
    Rush – Terios
    Beri Penjelasan yang tepat…

    Salam TOYOTA.. untuk my Car
    HONDA untuk my Bicycle

    Oskar FB
    Senior Marine Technical

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 58 other followers

%d bloggers like this: