REVIEW: Peugeot 408, Small Sedan Paling Murah!

The New Peugeot 408 (Ist)

JAKARTA, 17 Juni 2012 — Segmen small sedan memang tak banyak pemain, lantaran penjualannya yang juga tak banyak. Tapi PT Astra International Peugeot, pemegang merek Peugeot, menilai segmen ini tetap menjanjikan. Guna Peugeot meluncurkan sedan The New 408 di Jakarta, Jumat, 15 Juni 2012.

“Mobil ini ideal bagi profesional muda yang memiliki keluarga kecil dan ingin tampil elegan, dinamis, dan modern,” kata Constantinus Herlioso CEO Peugeot Indonesia.

Sanjungan sah-sah saja diberikan Herlioso. Namun di sisi lain ia mengakui jika Peugeot 408 harus bekerja keras untuk bisa berbagi kue di segmen ini. Pasalnya, lawan yang harus dihadapi Toyota Corolla Altis, Honda Civic, dan Mitsubishi Lancer. Selain itu juga ada Ford Focus sedan dan Chevrolet Cruze.

Toh, setelah ditilik, ada satu hal yang menarik dari kemunculan Peugeot 408 yaitu; harga. Mungkin, inilah small sedan dengan fitur yang menggiurkan dan termurah di antara pesaing di kelasnya.

Peugeot menawarkan dua varian 408 yaitu 1.6L Turbo 6 speed auto adaptive gearbox yang dibanderol Rp 389,5 juta dan 2.0L 4 speed auto adaptive gearbox dilepas Rp 317 juta (off the road).

EKSTERIOR

Dengan harga segitu, apa yang bisa diberikan Peugeot 408?

Postur Peugeot 408 cukup proporsional dengan dimensi panjang 4.68 m, lebar 1.82 m, tinggi 1.53 m, dan wheelbase 2.71 m. Di bagian depan, 408 tampil dengan headlamp panjang dari samping bodi hingga ke bagian depan. “Khas Peugeot, seperti mata singa,” kata seorang teman. Lampu dikombinasikan dengan strip chrome pada grill radiator dan floating front bumper yang memberikan kesan elegan dan modern.

Tampak samping, garis lengkung dari ujung lampu belakang sampai sayap depan menggambarkan citra dinamis, modern, dan kuat. Desain lampu belakang berpadu harmonis dengan boot. Ruby berwarna merah dengan 3 strip putih yang melambangkan cakar singa.

Perbedaan kedua varian dari sisi eksterior tak terlalu terlihat. Paling hanya dari desain velg dan profil ban, meski keduanya sama-sama menggunakan ukuran 17 inci.

INTERIOR

Kaca depan yang luas 3.95 m2 membantu memberikan kesan kabin menjadi lebih luas dan lega. Kesan umum tampilan dashboard adalah simpel dan fungsional. Cukup asik dilihat karena desain bulat untuk lubang AC dan instrumen cluster.

Jok kursi yang lembut dan ergonomis, fitur yang lengkap dan tertata rapi pada fascia panel, instrumen cluster berlapis chrome, serta leather wrapped steering wheel. Khusus 408 Turbo dilengkapi alumunium ring.

Untuk menambah kenyamanan Peugeot 408 dilengkapi dual zone AC dan rear aint vent, audio control stalk at steering wheel, cruise control with speed limiter, 6 speaker dengan CD-MP3, Bluetooth, USB, instrumen panel LCD, electrochrome rear view mirror, sensor activated headlights and wipers, electric folding door mirror serta kapasitas bagasi 562 liter.

MESIN

Urusan mesin, varian 1.6L Turbo menjanjikan performa yang menarik. Model ini diperkuat mesin Twin Scroll Turbo High Pressure (THP) with Direct Petrol Engine, 4 inline cylinders, DOHC 16 valve VVT (Variable Valve Timing) berkapasitas 1.598 cc.

Brosur Peugeot menulis jika mesin ini menghasilkan tenaga 163 hp pada 6000 rpm dan torsi 240 Nm pada 1400 rpm. Lumayan oke, apalagi dikombinasikan dengan 6-speed Auto Adaptive Gearbox with Tiptronic and Sport Mode.

Sedangkan model 408 2.0L didukung mesin Inline 4 cylinders, DOHC, 16 valve with VVT (Variable Valve Timing) dengan kapasitas 1.997 cc. Disebutkan, mesin yang ini menghasilkan tenaga 145 hp pada 6.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 4.000 rpm. Untuk transmisi menggunakan 4-speed Auto Adaptive Gearbox with Tiptronic and Sport Mode.

Dari segi konsumsi bahan bakar, berdasarkan tes internal yang dilakukan, Peugeot varian 1.6 L Turbo membutuhkan 1 liter bensin untuk 10 kilometer. Sedangkan varian 2.0 L membutuhkan 1 liter bensin untuk 9 kilometer.

FITUR

Urusan fitur keamanan, kedua varian Peugeot 408 cukup lengkap. Anti-locking Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Emergendy Brake Assist (EBA), engine immobilizer, rear parking sensor, pedestrian impact, reinforced safety cage, front seat belt with force limiting pre-tentioners, 2 ISOFIX and rear seat belt with force limiters, driver and front airbags.

Khusus 408 1.6L Turbo dilengkapi front side airbags, curtain airbags, Electronic Stability Program (ESP) dan Anti-Skip Relugation (ASR). “Untuk tipe 1.6L Turbo dilengkapi total 6 airbag sedangkan 2.0L hanya 2 airbag,” kata Herlioso.

Peugeot 408 tersedia dalam empat pilihan warna yaitu Alphine White, Velvet Silver, Aster Grey, dan Premium Black.

HARGA

Nah, seperti disinggung di atas, Peugeot 408 ditawarkan dengan harga yang kompetitif dibandingkan pesaingnya. “Dengan keunggulan yang dimiliki 408, kami yakin harga banderolnya cukup bisa bersaing,” kata Herlioso.

Herlioso memang tidak asal bicara. Ambil contoh, Toyota Corolla Altis. PT Toyota Astra Motor menawarkan 3 varian Corolla Alitis dengan mesin 1.8L dan 2.0L yang berada di rentang harga Rp 339,5 juta sampai Rp 391,5 juta.

Rival lainnya, Honda Civic baru akan meluncurkan model barunya 20 Juni mendatang, setelah 5 bulan ini sama sekali tidak mencatat penjualan akibat terganggu pasokan dari Thailand. Namun model sebelumnya, sama seperti Corolla Altis, memiliki tiga varian dengan mesin 1.8L dan 2.0L yang dijual antara Rp 339 juta sampai Rp 404 juta.

Satu pesaing lainnya adalah Mitsubishi Lancer EX 2.0 GT yang dibanderol Rp 415 juta.

Artinya, dilihat dari sisi harga, jelas Peugeot punya keuntungan. Tampilan? Okelah. Fitur? Nggak kalah. Bagaimana target Peugeot? “Prinsipal kami meminta angka penjualan 200 unit sampai akhir tahun ini,” kata Herlioso. “Dan kami cukup yakin bisa memenuhinya!”

Advertisements

One Response

  1. […] Civic baru hadir dalam dua varian berdasarkan mesin 1.8L dan 2.0L. Generasi ke-9 small sedan Honda itu kini tampil dengan desain baru yang lebih elegan, dinamis, dan sporty. Sematan berbagai inovasi berteknologi tinggi dan fitur canggih ditempatkan Honda pada sedan yang bersaing dengan Toyota Corolla Altis, dan Peugeot 408 yang baru diluncurkan 15 Juni lalu. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: