REVIEW: New Mazda2, Makin Sporty dan Canggih

New Mazda2 (Ist)

JAKARTA, 19 Juni 2012 — Selubung warna merah yang menutupi tampilan baru Mazda2 bikin saya penasaran. PT Mazda Motor Indonesia (MMI), pemegang merek Mazda di Indonesia, meluncurkan New Mazda2 di Atrium Pondok Indah Mall 2, Jumat, 15 Juni 2012 lalu. Saya dan beberapa rekan sempat berdiskuasi apa kira-kira yang akan dilakukan Mazda pada jagoannya di segmen hatchback itu.

“Sebenarnya tak perlu mendandani Mazda2 macam-macam. Toh, dari aslinya mobil ini sudah tampil sporty,” kata seorang teman. “Biasanya kalo facelift, paling bumper, grill, velg, itu yang didesain baru,” timpal teman yang lain.

Ketika hadir pertama kali, 25 November 2009, Mazda2 cukup menyita perhatian konsumen mobil sedan tanpa pantat ini. Maklum, biasanya jika bicara hatchback, maka yang ada di benak kita adalah Honda Jazz atau Toyota Yaris.

Selain itu, banyak pemain lain seperti Suzuki Swift, Chevrolet Aveo, Nissan Livina, atau Hyundai i20. Belakang juga muncul Ford Fiesta dan Hyundai Grand Avega yang juga tak kalah menyita perhatian.

Toh, Mazda2 mampu memberikan warna lain. Tampilannya yang beda menjadi alternatif, apalagi warna hijau ngejreng-nya — Mazda mengistilahkannya Spirited Green Metallic — membuat mobil ini gampang dikenali. Kini, setelah 3 tahun, Mazda melakukan penyegaran tampilan Mazda2.

“New Mazda2 lahir dari pemahaman kami yang dalam terhadap kebutuhan konsumen. Mobil ini tampil sporty, stylish, dan dilengkapi dengan berbagai fitur yang menjadikan New Mazda2 menyenangkan untuk dikendarai,” kata Presiden Direktur PT MMI Keizo Okue sesaat setelah membuka selubung.

Apa saja perubahannya?

EKSTERIOR

New Mazda2 tetap hadir dalam 3 tipe yaitu tipe V — yang merupakan upgrade dari tipe S — (transmisi manual dan otomatis), tipe R (transmisi manual dan otomatis), dan tipe RZ terbaru (transmisi otomatis).

Dari tampilan luar, jika diperhatikan sekilas tak banyak perubahan. Bumper, grill, lampu kabut tetap sama. Namun ada satu bagian yang membuat Mazda2 baru ini langsung dikenali yaitu di bagian lampu utama atau headlight. Lampu depan Mazda2 kini menggunakan reflective headlamps pada tipe V dan projector headlamps pada tipe R dan RZ.

Kaca spion dengan lampu signal yang sebelumnya merupakan fitur opsional pada Mazda2, menjadi fitur standar pada tipe R dan RZ. Sedangkan di bagian buritan, sensor parkir dan bumper reflector juga terpasang di semua tipe New Mazda2.

Sedangkan ban menggunakan ukuran 15 inci (tipe V) serta 16 untuk dua tipe lainnya (R dan RZ).

Tak banyak berubahnya tampilan luar Mazda2 dijelaskan Bonar Pakpahan, Produk Planner PT MMI. “Rata-rata konsumen sudah puas dengan tampilan Mazda2,” kata dia. “Kalaupun ada yang melakukan modikasi, lebih ekstrim mereka mencari di
after market.”

INTERIOR

Nah, masuk ke bagian dalam, perubahan yang dilakukan Mazda lumayan banyak. Berbeda dengan Mazda2, setir kemudi pada tipe R dan RZ dibalut dengan bahan kulit untuk meningkatkan kemantapan berkendara.

Perubahan lain tampak pada meter cluster yang sebelumnya berwarna dasar putih kita berganti hitam. Cincin kisi AC yang sebelumnya berwarna silver diganti warna gelap. Plus desain head unit juga baru di semua tipe.

Fitur-fitur lain meliputi AC, power mirrors, pengunci pintu dan power windows dengan jam-safe mechanism, termasuk remote keyless entry, dan start engine knob. Semua tipe New Mazda2 bertransmisi otomatis dilengkapi dengan speed sensitive auto door lock system yang akan mengunci pintu secara otomatis ketika kendaraan melaju pada kecepatan tertentu.

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna Mazda2 yang rata-rata berusia muda, semua tipe New Mazda2 dilengkapi dengan tombol entertainment system yang terletak pada setir kemudi sehingga memudahkan dalam memilih jenis hiburan yang diinginkan.

“Pada tipe tertinggi, yaitu RZ, terdapat fitur internet browser dan Global Positioning System (GPS) yang terpasang di dalam Smart Entertainment System. Ini untuk memenuhi generasi gadget,” kata Bonar.

MESIN

Sektor mesin tidak mengalami perubahan dibandingkan model sebelumnya. Mazda2 tetap mengandalkan mesin MZR 1.5L inline 4 cylinders DOHC 16 valve with S-VT (Sequential-Valve timing) and ETC (Electronic Throttle Control).

Mesin ini menghasilkan tenaga 76 kW (103 ps) pada 6.000 rpm dan torsi 135 Nm (13.76 kgm) pada 4.000 rpm. Memang tak segalak Honda Jazz atau Toyota Yaris namun cukup mumpuni untuk mengggerakkan mobil ini.

Urusan mesin memang tak terlalu membutuhkan perubahan. Rata-rata hatchback di Indonesia bermain di mesin berkapasitas 1.5L. Meski ada juga yang memilih menggunakan mesin 1.4L atau 1.6L seperti Ford Fiesta.

Soal fitur keamanan rasanya tak perlu banyak dibahas. Mobil — satu-satunya hathcback — yang dinobatkan sebagai World Car of the Year pada 2008 ini dilengkapi fitur keamanan lengkap. Advanced front air bags pada sisi pengemudi dan penumpang, Antilock Brake System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Emergency Brake Assist (EBA).

Selain itu, Mazda juga menggunakan ‘Triple H’ safety construction & Mazda Advanced Impact Distribution and Absorption System (MAIDAS) body structure.

Fitur lainnya?

HARGA

New Mazda2 hadir dengan tujuh warna, dua di antaranya merupakan warna baru, antara lain Aquatic Blue dan Arctic White. Sementara lima warna lainnya, yaitu True Red, Spirited Green Metallic, Metropolitan Grey Mica, Highlight Silver Metallic, dan Black Mica.

Tampilan baru Mazda2 menggerek harga hatchback ini sekitar Rp 8 juta. (Lihat tabel)

“Penambahan fitur baru otomatis menambah biaya. Harga yang kami tawarkan ini sesuai dengan apa yang didapatkan konsumen,” kata Astrid Ariani Wijana, Marketing Manager PT MMI menyebutkan alasannya.

Dilihat dari sisi harga, Rp 189 juta sampai Rp 229 juta, Mazda boleh optimis bisa bersaing dengan rivalnya karena harga ini cukup bersaing. Varian RZ memang lebih mahal, namun bisa dimaklumi dengan fitur internet browser yang menjadi yang pertama di kelasnya.

Penambahan varian juga ditujukan untuk bersaing dengan merek lain. Toyota Yaris yang paling laris di segmen ini (terjual 9.990 sepanjang Januari-Mei) memiliki tujuh varian di rentang harga Rp 190,150 juta sampai Rp 227,950 juta.

Honda Jazz (6.565 unit) punya empat varian dengan harga Rp 199,5 juta sampai Rp 225 juta. Sedangkan Ford Fiesta (2.622 unit) juga punya 4 varian dengan mesin 1.4L dan 1.6L yang dijual Rp 189,9 juta sampai Rp 226,6 juta.

Belum lagi persaingan dari Suzuki Swift, Nissan Livina X-Gear dan XR, Hyundai Grand Avega dan i20, Chevrolet Aveo, Proton Gen2, serta Kia Rio dan Kia Pride

Ketatnya persaingan hatchback tak menyurutkan optimistis Mazda. Astrid mengatakan pihaknya menargetkan penjualan Mazda2 600 unit per bulannya sampai akhir tahun ini. Mazda2 menjadi trio andalan utama penjualan Mazda selain sport utility vehicle (SUV) Mazda CX-5 dan pikap Mazda BT-50.

Sebagai catatan, total penjualan seluruh model Mazda pada Januari-Mei 2012 berjumlah 3.609 unit dimana 1.642 unit atau hampir 50% diantaranya datang dari Mazda2 hatchback.

“Dengan teknologinya yang inovatif, New Mazda2 akan mencuri perhatian masyarakat Indonesia sekaligus melanjutkan kesuksesan yang pernah diraih oleh seri terdahulu,” kata Astrid.

Advertisements

10 Responses

  1. […] REVIEW: New Mazda2, Makin Sporty dan Canggih […]

  2. […] dua bulan terakhir, Mazda meluncurkan crossover SUV Mazda CX-5 pada 10 Mei 2012 dan hatchback Mazda2 di Jakarta, 15 Juni 2012 lalu. Kedua model ini merupakan model andalan penjualan Mazda. Satu model lainnya adalah pikap Mazda […]

  3. Knp yaris dan jazz jadi terlaris di segmen ini? Apa krn bren toyota dan honda?

  4. Mazda2 sangat cukup direspon baik indonesia dan sluruh dunia sebagai mobil yg memiliki kualitas terbaik dan memiliki kelebihan tersendiri di kelasnya.. we waitng 4 all new mazda2..Zoom Zoom

  5. […] Mazda akan meluncurkan beberapa model baru di Indonesia menyusul Mazda RX-8 Spirit, Mazda CX-5, dan New Mazda2. Model yang akan segera diluncurkan adalah pikap All New Mazda BT-50 Pro pada Juli, MPV Mazda […]

  6. […] Comments 2015, Mazda Bidik Pe… on REVIEW: New Mazda2, Makin Spor…2015, Mazda Bidik Pe… on REVIEW: Mazda CX-5, SUV Baru d…RELI: Mobil Rusak, S… […]

  7. […] JAKARTA, 19 Juli 2012 – Diam-diam dan tanpa seremoni, PT Mazda Motor Indonesia meluncurkan produk terbarunya New Mazda2 sedan. Peluncuran varian sedan ini melengkapi kehadiran New Mazda2 versi hatchback yang sudah lebih dulu diluncurkan Juni 2012 lalu. […]

  8. […] beberapa model baru seperti All New Mazda CX-5, New Mazda2, dan All New Mazda BT-50 Pro menjadi kunci terdongkraknya penjualan Mazda selama dua bulan […]

  9. […] “Kami harap kontes New Mazda2 REDesign ini dapat menjadi wadah bagi para pemilik Mazda2 dan para penggemarnya menampilkan kreativitas mereka untuk membuat Mazda2 tampak lebih bergaya dan […]

  10. Saat saya berkunjung ke Japan Motor Show 2013 lalu, tiba-tiba saya jatuh cinta dg sosok Mazda2 ini.. kemudian saya pun memutuskan beralih dari honda Jazz ke Mazda2.. lebih casual dan gagah meskipun berbody imut 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: