Review: Toyota Alphard dan Vellfire, Representasi Kemewahan

31-03-2015-Toyota-Alphard_01

JAKARTA, 28 Maret 2015 — Wuihhh…. Itulah kata pertama yang muncul dari mulut saya ketika menyaksikan tampilan Toyota All New Alphard ketika diperkenalkan di Jakarta, Jumat (27/3) lalu. Sebenarnya, wajah Alphard baru ini sudah beredar banyak lewat foto-foto di internet. Alphard bahkan sudah mejeng duluan di Bangkok International Motor Show 2015 awal pekan lalu. Toh, ketika melihat langsung untuk pertama tampilan baru Alphard tetap saja mengejutkan.

Oke, sebelum membahas lebih detail, PT Toyota Astra Motor kali ini membawa dua model All New Alphard dan All New Vellfire. Sebelumnya Toyota hanya membawa tipe Alphard. Jadi, kini Toyota memiliki empat tipe yaitu Alphard 2.5X, 2.5G, dan 3.5Q. Adapun Vellfire hanya ditawarkan dalam satu pilihan yaitu 2.5G. (Baca: Toyota Luncurkan Alphard dan Vellfire Baru)

Dibandingkan model sebelumnya, sejumlah perubahan mendasar dilakukan untuk All New Alphard dan All New Vellfire yaitu pada sistem suspensi dan mesin baru, dimensi yang lebih luas, interior yang lebih lengkap, serta sejumlah peralatan navigasi. Dengan dimensi yang lebih luas, dan disain inovatif tampilan All New Alphard dan All New Vellfire tidak hanya menjadi lebih mewah, namun juga memberikan kesan kemewahan dan penuh keberanian.

Kenichi Yoshioka, Chief Engineer of Alphard and Vellfire, mengatakan konsep perubahan Alphard ini ia sebut sebagai Grandeluxe. “Konsep ini merepresentasikan kualitas kemewahan bukan sekedar menampilkan kesan mewah,” kata Yoshioka.

Maksudnya? Kita coba lihat satu per satu….

31-03-2015-Toyota-Alphard_02

31-03-2015-Toyota-Alphard_03

Eksterior

Orang boleh punya beragam tanggapan dengan penjelasan Yoshioka. Sebagai Chief Engineer, pria ramah ini jelas mempromosikan produknya. Tapi bukan tanpa alasan Yoshioka mengatakan jika Alphard dan Vellfire generasi ketiga ini digarap rada serius. Ketika pertama kali melihat wajah kedua mobil ini, kita langsung melihat perbedaan karena memang jauh berubah dibandingkan generasi sebelumnya. (Baca: Vellfire Akhirnya Masuk Indonesia, Ini Alasan Toyota)

Untuk Alphard, perubahan besar langsung terlihat di bagian depan. Grille Alphard baru sangat dominan lewat grille berukuran besar yang seolah menghabiskan “hidung” depan kap-nya. Grille dibuat dari bagian atas hingga bawah, menyatu dengan bumper. Selain itu, bentuknya kini vertikal tidak lagi horizontal seperti model terdahulu.

“Hanya dengan melihat tampilan depannya, orang akan tahu kalau ini Alphard baru,” kata Widyawati Soedigdo, GM Corporate Planning & Public Relation, GM Customer Service, Toyota Astra Motor.

Lampu utama, headlamp, besar mendampingi grille baru Alphard. Di bagian samping kiri kanan bumper, ada foglamp atau lampu kabut berbentuk bulat.

Bergeser ke bagian belakang, lampu dibuat bertingkat dan menembus memanjang hingga bodi bagian samping. Istilahnya, membentuk U-shape.

Lain pula dengan Vellfire. Model ini tetap mempertahankan grille tiga tingkat dengan konsep horizontal. Grille dibuat seolah menyatu dengan lampu utama yang “sipit”. Bagian belakang juga berbeda. Lampu belakang Vellfire lebih lurus dengan konsep C-shape. “Tampilan ini memberikan kesan dynamic dan powerful,” kata Yoshioka.

Penampilan Alphard dan Vellfire makin oke, dengan bekal velg alloy desain anyar berukuran 18 inci.

Rahmat Samulo, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor mengatakan perbedaan tampilan ini lantaran konsumen yang disasar juga berbeda. “All New Alphard hadir dengan desain yang memperlihatkan karakter yang kuat atas nilai kemewahan dan kemegahan, sedangkan All New Vellfire mengekspresikan desain yang stylish,” kata Rahmat Samulo.

31-03-2015-Toyota-Alphard_04

31-03-2015-Toyota-Alphard_05

Dimensi

Sebenarnya ada hal yang tak kalah penting yang dirombak Toyota yaitu dimensi bodi. Perubahan dilakukan untuk memperbaiki stabilitas dan juga kenyamanan bagian kabin. (Baca: Toyota Alphard dan Vellfire Ditargetkan 150-200 Unit Per Bulan)

Toyota menurunkan tinggi Alphard sekitar 10mm dibandingkan model sebelumnya. Tapi hal itu tidak mengganggu space penumpang lantaran lantai juga diturunkan hingga 20mm.

Jarak antar sumbu roda — yang kerennya disebut wheelbase — diperpanjang hingga 50mm. Tujuannya untuk membuat Alphard baru lebih stabil di kecepatan tinggi.

Akses masuk ke dalam kabin juga diperbaiki. Papan pijakan (step board) dibuat selebar 180 mm (bertambah 30mm), tinggi pijakan 350mm (turun 50mm), bukaan pintu 780mm (tambah lebar 70mm), dan ada tambahan pegangan di pinggir pintu masuk. Semuanya bertujuan untuk memudahkan akses masuk penumpang di baris kedua dan ketiga.

Satu lagi, di sektor suspensi. Toyota menggunakan new double wishbone untuk suspensi bagian belakang. Hal ini untuk meningkatkan stabilitas dan kenyamanan.

31-03-2015-Toyota-Alphard_06

31-03-2015-Toyota-Alphard_07

Interior

Urusan kabin jelas jadi sasaran utama perbaikan. Maklum, mobil MPV sekelas ini, lebih banyak digunakan pemilik yang berstatus sebagai “penumpang” yang duduk-duduk nyaman di bangku belakang.

Satu yang pasti, desain Allphard dan Vellfire dibuat baru. Alphard dan Vellfire dilengkapi dengan monitor head unit 8 inci yang dilengkapi dengan navigasi.

Untuk penumpang belakang, kedua model, ada Rear Seat Entertainment dengan monitor 9 inci (3.5Q) dan 10 inci (Alphard dan Vellfire 2.5G). Monitor ini ditempatkan di bagian atap kabin.

Bagaimana membedakan tipe Alphard 2.5G dan Vellfire 2.5G? Bisa dilihat dari warna bangku. Softened Cushion, istilah yang digunakan Toyota untuk jok, pada Alphard 2.5G menggunakan warna flexen sedangkan Vellfire 2.5G berkelir hitam.

Soal interior, tipe tertinggi, 3.5Q, mendapat perlakuan khusus. Saat duduk di jok, akan merasa seperti duduk di bangku pesawat kelas bisnis. Bangku dengan model captain seat dibuat lebih lebar 100mm dan lebih tinggi 50mm dibandingkan generasi sebelumnya.

Di bagian sandaran tangan, ada meja lipat tersembunyi seperti di pesawat. Kemudian ada panel control untuk pengatur lampu baca, pengatur kursi, pemanas dan pendingin.

Selain penumpang, pengemudi juga mendapat perhatian dari Toyota. Kemudi palang empat baru dilapisi kulit dan kayu. Di kemudi ada pengatur untuk Audio dan MID dan cruise control. Khusus untuk 3.5Q ada fungsi hands free dan heater alias pemanas.

Oh ya, ada satu lagi, untuk parking brake kini cukup dengan menggunakan tombol di samping kanan tuas transmisi. Istilahnya, Driver Control with Electronic Parking Brake.

31-03-2015-Toyota-Alphard_08

31-03-2015-Toyota-Alphard_09

Mesin

Alphard dan Vellfire kini menggunakan mesin baru berkapasitas 2.5 liter, tepatnya 2.494cc. Mesin ini menggantikan model sebelumnya yang menggunakan mesin berkapasitas 2.4 liter. Menurut Yoshioka, mesin ini sama dengan yang digunakan sedan Toyota Camry, yang kabarnya akan segera muncul versi penyegarannya, namun mendapat beberapa settingan. (Baca: Ini Harga Lengkap Toyota Alphard dan Vellfire Baru)

Mesin In-Line 4 Cylinders, 16-valve, DOHC, Dual VVT-i ini menghasilkan tenaga maksimal 180 ps (134 kW) dan torsi 235 Nm. Meski secara kapasitas lebih besar dibandingkan mesin lama, namun klaim Yoshioka, mesin ini lebih irit BBM hingga 15 persen. Itu kata Yoshioka.

Yang baru lainnya adalah transmisi 7-speed Sport Sequential Shiftmatic CVT. Selain itu juga ada tambahan Start & Stop System yang berfungsi mematikan mesin saat tidak berfungsi selama beberapa waktu untuk menghemat bahan bakar.

Untuk tipe 3.5Q, tetap menggunakan mesin 3.5 liter. Mesin V Type 6 Cylinders, 24-valve, DOHC, Chain Drive with Dual VVT-i ini tidak mengalami perubahan. Tenaga yang dihasilkan 275 hp dan torsi 340 Nm. Tenaga disalurkan lewat transmisi 6-speed Super Electronic Controlled Transmission (ETC).

Rasanya, sulit untuk mencari celah kritik untuk mobil yang dijual paling murah Rp 830 juta dan tipe 3.5Q yang dilepas Rp 1,5 miliar ini. Dilihat dari sisi harga, penantang langsung Alphard dan Vellfire adalah Nissan New Elgrand yang ditawarkan dalam pilihan mesin 2.5L dan 3.5L dengan harga Rp 887 juta hingga Rp 1.4 miliar. Merek lain yang mendekati keduanya adalah Honda Odyssey (Rp 707 juta) dan Dodge Journey (Rp 625-695 juta). (Baca: Honda Odyssey Tambah Fitur Monitor dan GPS)

So, Anda sudah tahu pilihannya kan?

31-03-2015-Toyota-Alphard_10

31-03-2015-Toyota-Alphard_11

SPESIFIKASI

Dimensi
Panjang: 4.915 mm
Lebar: 1.850 mm
Tinggi: 1.895 mm
Jarak Poros Roda: 3.000 mm
Jarak Terendah: 160 mm
Radius Putar: –
Suspensi Depan: MacPherson Strut with Torsion Bar
Suspensi Belakang: Double Wishbone with Torsion Bar
Rem Depan: Ventilated Disc
Rem Belakang: Ventilated Disc
Steering Gear: Rack and Pinion with EPS
Ukuran Ban: 235/50/R18
Sistem Bahan Bakar: EFI
Kapasitas Tangki: 75 liter

Mesin
Alphard dan Vellfire
Seri Mesin: 2AR-FE
Tipe Mesin: 2AR-FE, In-Line 4 Cylinders, 16-valve, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder: 2,494 cc
Diameter x Langkah: 90.0 x 98.0
Daya Maksimum: 180 ps (134 kW) / 6,000 rpm
Torsi Maksimum: 235 Nm (173 lbft – 23.9 kgm) /4,100 rpm
Transmisi: 7-speed Sport Sequential Shiftmatic CVT

Alphard 3.5Q
Seri Mesin: 2GR-FE
Tipe Mesin: 2GR-FE, V Type 6 Cylinders, 24-valve, DOHC, Chain Drive with Dual VVT-i
Isi Silinder: 3,456 cc
Diameter x Langkah: 94.0 x 83.0
Daya Maksimum: 275 ps (202 kW – 34.7 kgm) / 6,200 rpm
Torsi Maksimum: 340 Nm (250 lbft) / 4,700 rpm
Transmisi: 6-speed Super ETC

Harga:
– All New Alphard 2.5X: Rp 830 juta
– All New Alphard 2.5G: Rp 980 juta
– All New Alphard 3.5Q: Rp 1,530 miliar
– All New Vellfire 2.5G: Rp 980 juta

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: