Paus Fransiskus Pilih Hyundai Santa Fe Diesel

09-06-2015-Popemobile_01

VATIKAN CITY, 9 Juni 2015 — Paus Fransiskus I membuat kejutan dengan memilih Hyundai Santa Fe sebagai salah satu mobil dinas atau yang biasa disebut Popemobile. Mobil baru Paus itu digunakan beberapa waktu lalu dalam acara di St. Peter’s Square.

Keputusan menggunakan SUV buatan pabrikan asal Korea Selatan itu cukup mengejutkan. Sebelumnya, Paus menggunakan Mercedes-Benz M-Class. Keputusan ini mengakhiri tradisi 80 tahun Paus menggunakan Mercedes-Benz.

09-06-2015-Popemobile_03

Santa Fe yang digunakan mendapat modifikasi khusus. Mobil buatan 2015 itu dibuat tanpa atap alias convertible. Tidak ada lagi kotak anti peluru seperti yang biasa digunakan.

Untuk masalah ini Paus Francis pernah menyatakan ketidaksuukaannya. Kepada La Vanguardia ia mengatakan, “Saya ingat di Brazil, mereka menyediakan sebuah Popemobile tertutup,” katanya.

09-06-2015-Popemobile_02

“Tapi menggunakan itu saya tidak bisa menyapa orang-orang dan memberitahu mereka saya mencintai mereka dalam kotak sarden yang terbuat dari kaca. Bagi saya itu adalah dinding,” katanya seperti dilansir Motorauthority.com.

Mobil dengan lima penumpang ini di bagian tengah dibuatkan tempat khusus dan pegangan untuk Paus berdiri. Sedangkan bagian samping ada tangga untuk naik-turun Paus. Sedangkan mesin tetap menggunakan mesin 2.2 liter CRDi turbo-diesel.

09-06-2015-Popemobile_04

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: