Pasar Dalam Negeri Lesu, Toyota Genjot Ekspor

29062015-Toyota_Vios

JAKARTA, 29 Juni 2015 – Lesunya pasar otomotif tanah air tahun ini membuat Toyota Indonesia kian gencar menggenjot pasar ekspor. Toyota Indonesia optimis mampu mencapai target pertumbuhan ekspor kendaraan utuh (CompletelyBuid-up Unit/CBU) bermerek Toyota untuk 2015 ini, yaitu naik sekitar 10% dibandingkan tahun 2014 lalu sebesar 160.000 unit.

Dalam lima bulan pertama tahun ini (Januari-Mei), total ekspor Toyota Indonesia melalui PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sudah tercatat 75.300 unit atau sekitar 43% dari target sekitar 175.000 unit. “Dengan sisa waktu sekitar 7 bulan, diharapkan target ekspor CBU bisa tercapai,” kata Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN.

Andalan ekspor, Vios, diharapkan bisa melampaui raihan tahun lalu yang mencapai 27.700 unit. Pada lima bulan pertama tahun ini sudah mencapai 19.100 unit. Hingga Mei lalu, Vios menyumbangkan 25,4% kontribusi bagi total ekspor Toyota sepanjang lima bulan pertama tahun 2015.

Selanjutnya ada Fortuner sebanyak 21.500 unit atau 28,6% dari total ekspor. Kijang Innova dilepas sebanyak 7.000 unit atau 9,3% dari total ekspor. Diikuti Avanza, Rush, Yaris, Town/Lite Ace serta Agya yang mencapai 27.700 atau sekitar 36.8%.

Untuk kendaraan terurai (Completely Knock Down/CKD) dengan volume sebesar 16.700 unit. Ekspor mesin tercatat 21.100 unit sedangkan komponen kendaraan mencapai lebih dari 24,6 juta buah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: