Volkswagen Siapkan Rival Prius

01032016-Car-VW-XL3

MUENCHEN, 1 Maret 2016 — Volkswagen telah menyiapkan sebuah mobil yang nantinya akan menjadi rival Toyota Prius yaitu Volkswagen XL3. Kabarnya mobil yang diklaim hemat bahan bakar itu akan diluncurkan pada tahun 2018 mendatang.

Carvaganza.com menulis, sebelumnya sekitar 3 tahun lalu, VW pernah mengeluarkan XL1 yang menjadi mobil paling hemat bahan bakar yang konsumsinya mencapao 0,9 liter untuk 100 kilometer. Namun mobil tersebut memiliki 2 kekurangan. Pertama, mobil tersebut hanya dipersenjatai mesin 0.8 liter TDI. Yang kedua adalah mobil ini dibanderol €111,000 dan hanya 250 unit yang rangkanya dibuat dengan bahan serat karbon.

Nantinya VW XL3 akan lebih murah dan juga akan menjadi mobil produksi massal seperti BMW i Series. Dan juga XL3 akan dibekali dengan teknologi kelas atas yang dimiliki oleh Volkswagen. Jika dibandingkan dengan XL1, XL3 akan ditawarkan ke konsumen dengan harga €30,000. Namun, konsumsi bahan bakar akan naik yaitu 3 liter untuk 100 kilometer. Dengan konsumsi bahan bakar tersebut, mobil ini akan tergolong kedalam mobil hybrid konvensional, bukan sebuah Plug-in Hybrid.

Tampaknya Volkswagen akan menyematkan mesin yang sama seperti yang digunakan pada Golf GTE. Yaitu mesin 1.4 liter Turbo yang memiliki tenaga 138 hp dan dikombinasikan dengan motor listrik yang memiliki tenaga 35 hp.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: