Telkomsel Luncurkan Aplikasi T-Bike Motor Tracker

(Foto: Arie Prastz/Motovaganza)

(Foto: Arie Prastz/Motovaganza)

JAKARTA, 3 Maret 2016 — Provider Telkomsel meluncurkan layanan M2M (machine to machine) terbaru berupa aplikasi otomotif bernama T-Bike. Alat berupa motor tracker ini dapat memonitor, memandu dan mengendalikan sepeda motor dari smart phone.

Sebagai moda transportasi dengan pengguna paling banyak di Indonesia, sepeda motor menghadapi berbagai masalah seperti perilaku pengendara yang tidak tertib, rawan pencurian dan kecelakaan. Melihat kenyataan ini, Telkomsel mengembangkan T-Bike sebagai asisten pengendara cerdas dengan fitur lengkap seperti memonitor dan memandu lokasi, kecepatan dan area berkendara  sepeda motor, serta mengendalikan akses mesin sepeda motor dari aplikasi di ponsel cerdas berbasis Android dan iOS.

Didukung oleh sistem GPS yang canggih, T-Bike juga mampu mendukung operasional dan pengelolaan armada secara real time (tracking & fleet management), efisien, pelaporan detail perjalanan, pembatasan wilayah operasional (geofencing) dan pembatasan kecepatan (speed limit).

“Sepeda motor telah menjadi moda transportasi pilihan utama masyarakat Indonesia, sehingga untuk melengkapi kenyamanan masyarakat dalam menggunakannya, Telkomsel menawarkan inovasi teknologi T-Bike yang hadir sebagai solusi digital terbaik untuk berkendara sepeda motor,” kata Vice President M2M Business Telkomsel, Jaka Susanta seperti dilansir Motovaganza.com.

03032016-Moto-T-Bike_02

Instalasi T-Bike pada kendaraan sepeda motor bermesin injeksi bisa dilakukan dengan cepat dan mudah karena dengan plug-in device, tidak perlu lagi dilakukan pemotongan kabel dan tidak akan menguras baterai kendaraan. Dengan rata-rata waktu install adalah 10 menit per unit. Aplikasi T-Bike juga mendukung upaya peningkatan ketertiban berkendara dengan adanya fitur khusus bagi pengendara (rider) dan pemantau (circle) yang terintegrasi.

Aplikasi T-Bike juga dikembangkan sedemikian rupa sehingga dapat juga mendorong perilaku berkendara yang baik  di seluruh kalangan masyarakat. Seperti ketika digunakan oleh keluarga dan anak remaja, T-Bike dapat memantau dan mendampingi mereka dalam berkendara sehingga memberikan rasa aman bagi anggota keluarga mereka.

“Telkomsel masih terus melakukan pengembangan  untuk T-Bike sehingga kedepannya aplikasi ini dapat memberikan kegunaan lebih kepada pengendara seperti grup komunitas, touring, analisa penggunaan bahan bakar, informasi navigasi motor, serta analisa kinerja kendaraan“, jelas Jaka.

Untuk harga jual pihak Telkomsel belum mengumumkan secara pasti berapa besarannya. “Karena berhubungan dengan distributor, kami belum bisa memberikan harga jual retail. Kisarannya akan bermain diangka dibawah Rp 1 juta yang sudah termasuk device, penginstalan serta biaya berlangganan 1 tahun dengan paket basic. Kami juga menawarkan paket dengan kebutuhan hingga advance dengan biaya tambahan berlangganan yang sangat murah sehingga siapa saja bisa membelinya,” ujar Alfian Manullang, General Manager M2M Product Development Telkomsel.

Motovaganza sempat mendapat info dari beberapa sumber bahwa harga jual pasti dari T-Bike sebesar Rp 750 ribu. Info lebih lanjut Anda dapat mengakses http://telkomselm2m.co.id/tbike/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: