Toyota Indonesia Operasikan Pabrik Ketiga di Karawang

(Foto: Mirah Pertiwi/Carvaganza)

(Foto: Mirah Pertiwi/Carvaganza)

KARAWANG, 7 Maret 2016 – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) secara resmi memulai operasi pabrik ketiga mereka di Karawang, Jawa Barat, mulai hari ini, Senin (7/3). Pabrik baru ini memproduksi mesin bensin aluminium R-NR berkapasitas 1.3L dan 1.5L.

Masahiro Nonami, Presiden Direktur TMMIN mengatakan pabrik mesin baru di Karawang ini adalah salah satu pabrik mesin Toyota terkini di dunia yang dilengkapi dengan desain dan teknologi terbaru. “Pabrik, mesin, dan kegiatan ekspor baru ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk terus memberikan kontribusi khususnya terhadap perkembangan industri otomotif Indonesia dan ekonomi Indonesia umumnya,” katanya saat peresmian seperti dilansir Carvaganza.com.

Toyota menggelontorkan investasi sebesar Rp 2,3 triliun untuk pembangunan dan pengoperasian pabrik ini. Pabrik yang berdiri di atas tanah seluas 150 hektar ini memiliki kapasitas produksi sebesar 216.000 unit mesin R-NR pertahun. Rencananya, 50% dari total produksi akan diekspor ke-5 negara di Asia.

Toyota menyebut pabrik ini mengadopsi teknologi tinggi yang disebut “Through Line Engine Production” dimana pabrik ini akan mengoptimalkan proses produksi mesin di di bawah satu atap. Dengan konsep modern tersebut proses casting (pengecoran), permesinan (machining), dan perakitan (assembling) saat ini sudah dilakukan di satu tempat.

Adapun Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN mengatakan, mesin RNR 1.3L dan 1.5L yang dihasilkan, memiliki tingkat kandungan lokal mencapai 80 persen. Sebanyak 12 Pemasok lokal tingkat pertama ditambahkan, sehingga total supplier menjadi 135 perusahaan, dari yang sebelumnya 123 perusahaan.

“Pada November tahun lalu, kami memperkenalkan Kijang Innova dengan konten lokal 85 persen, diikuti Fortuner 75 persen. Mesin baru R-NR, kami produksi dengan kandungan lokal awal 80 persen. Kami akan terus berupaya meningkatkan kandungan lokal dengan fokus pada lokalisasi industri hulu,” ujar Warih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: