Moto Guzzi Audace, Muscle Bike Bertampang Sangar

07032016-Moto-Guzzi-Audace_02

JAKARTA, 8 Maret 2016 – Dari beberapa tipe Moto Guzzi yang masuk Indonesia, ada satu model yang membuat saya sangat tertarik, Moto Guzzi Audace. Yap pertama kali melihat motor ini kesan gahar, agresif, dan berotot langsung melekat. Hal ini tak hanya diperlihatnya fisiknya tapi juga tenaga yang tersimpan di dalamnya.

Seperti ditulis Motovaganza.com, sosok luar Moto Guzzi Audace memang langsung memberikan kesan gahar dan berotot. Pertama terlihat dari warna hitam dop yang membalur seluruh tubuhnya, dari depan hingga belakang. Penggunaan serat karbon di bagian depan spatbornya membuat Audace yang bobot 315 kilogram ini bertambah sangar.

Dibandingkan saudaranya Moto Guzzi California Touring SE, Audace memang tampil lebih simpel, tak banyak pernak pernik yang disematkan. Lampu bulat tunggal tepat berada di tengah setang “Dragbake” berukuran panjang. Motor berjenis cruiser, yang terlihat dari Suspension Rake yang besar, ban berukuran besar dan jok rendah.

07032016-Moto-Guzzi-Audace_01

Meski demikian, beragam perangkat modern sudah disematkan. Speedometer sudah berbentuk modern. Penunjuk informasi berbentuk bulat itu menampilkan beberapa indikator berbentuk angka digital seperti, penunjuk takaran bensin, jarak yang sudah ditempuh, kecepatan dalam km/jam, mode berkendara yang dapat dipilih melalui panel di bagian kiri kemudi.

Tidak hanya itu, dalam konsol bundar ini juga ada fitur menu lainnya seperti sejarah servis, kontrol traksi, pencerahan layar display dan fitur lainnya yang ada di dalam fitur menu. Menariknya penunjuk rpm masih berbentuk jarum yang berada di bagian belakang konsol layar digital.

Chrome plating yang biasa ada pada motor cruise milik Moto Guzzi juga tidak ada di Audace seperti, knalpot, stang, suspensi depan, silinder head dan piranti tambahan engine guard. Audace benar-benar sebuah motor bergenre cruise yang sangar dengan penampilan yang serba hitam dan gelap. Warna hitam juga menutupi hingga kedua velg allumunium berpalang berukuran 3,50” x 18″ dibagian depan dan 6.00 “x 16” untuk bagian belakangnya.

07032016-Moto-Guzzi-Audace_03

Menariknya tangki bensin berkapasitas 20 liter ini terlihat tipis dari sisi samping namun memiliki lebar yang hampir sama dengan mesin bertipe V-twin 90° berkapasitas 1400 cc DOHC 4 stroke. Tidak hanya itu, suspensi depan teleskopik berukuran 46 mm dan stang model Dragbar menjadikan tampilan Audace layak disebut sebagai “Muscle Bike”.

Sedikit bergeser ke bagian tengahnya, Audace menggunakan jok model bertingkat berbahan kulit yang diberi sedikit aksen jahitan dari benang berwarna merah terlihat kontras dengan kulit berwarna hitamnya.

Berbicara mengenai mesin, Audace menggunakan mesin besar dengan tipe V-twin 90° horizontal dengan kapasitas 1400 cc DOHC 4Stroke dilengkapi 4 katup per silinder dengan penggerak kopel (garden) dengan 6 percepatan berikut sistem pembakaran dengan sistem injeksi milik Magneti Marelli IWP 24 yang sudah dilengkapi sensor oksigen ganda dan diatur oleh mini komputer dari Magneti Marelli IAW 7 SM.

07032016-Moto-Guzzi-Audace_16

Mesin besarnya ditopang dengan konstruksi rangka berbentuk baja tabung, ditutup dengan dual cradle serta sistem mounting elastis-kinematik untuk mengisolasi getaran yang ekstrem. Dengan mesin sebesar itu, Audace diklaim dapat memuntahkan tenaga sebesar 96 hp @ 6500 rpm dengan torsi 89,2 lb-ft @ 3000 rpm.

Audace hanya perlu membuang waktu sekitar 5 detik untuk mendapatkan kecepatan sekitar 100 km/jam. Ini merupakan sebuah prestasi untuk motor bergender cruise dengan bobot diatas 300 Kg. Mantap!

Sistem pengereman dengan dual disc berukuran masing-masing 320 mm stainless steel floating disc, radial kaliper dengan 4 piston horizontal milik Brembo di bagian depan dan disc brake berukuran 282 mm stainless steel disc calliper dengan 2 piston parallel juga milik Brembo di belakang. Kombinasi ini mampu membuat motor hitam besar ini nyaman saat pengereman dengan kecepatan rata-rata 60-80 km/jam. Hal ini juga didukung karet dari Dunlop D251 berukuran 130/70 R18 di bagian depan dan 200/60 R16 menopang bagian belakang.

Spesifikasi lengkap Moto Guzzi Audace:

MESIN
Tipe mesin: 1.380 cc 90 ° V-twin engine, 4-stroke, 4 katup, ganda
Pendingin: Udara dan minyak dengan pompa pendingin independen radiator minyak dengan termostat dikendalikan fan.
Bore dan stroke: 104 x 81,2 mm
Rasio kompresi: 10.5: 1
Daya maksimum: 71 kW (96 HP) pada 6.500 rpm
Torsi maksimum: 121 Nm 3.000 min-1
Pasokan bahan bakar / Ignition: Bertahap berurutan Multipoint elektronik injeksi
Starting: Listrik
Busi: NGK LMAR8F, 2 per silinder
Sistem pembuangan: stainless steel, 2-in-2 jenis, 3-way catalytic converter dengan sensor oksigen ganda
Emisi: Euro 4

TRANSMISI
Gearbox: 6 speed
Clutch : Single-disc dengan terpadu anti-getaran penyangga

SASIS
Rangka: Pipa baja, ditutup cradle ganda dengan elastickinematic mesin sistem mounting untuk mengisolasi getaran.
Wheelbase: 1695mm
Suspensi depan: Garpu standar, Ø 45 mm, dengan calliper radial mounting bracket
Suspensi belakang: Swingarm dengan shock absorber ganda dengan ekstensi  disesuaikan dan spring preload dengan tangki terpencil.
Rem depan: Ganda 320 mm stainless steel floating disc, radial kaliper Brembo dengan 4 horizontal piston menentang
Rem belakang: 282 mm stainless steel disc tetap, Brembo mengambang calliper dengan 2 piston paralel
Roda: Paduan Aluminium
Roda depan rim: 3.50 “x 18”
Roda belakang rim: 6.00 “x 16″
Ban depan: 130/70 R18
Ban belakang: 200/60 R16 ”

SISTEM LISTRIK
Tegangan sistem: 12 V
Baterai: 12V – 18 Ah Alternator, 12 V – 550 W

DIMENSI
Panjang: 2.445 mm
Lebar: 920mm
Tinggi: 1.145 mm
Ketinggian tempat duduk: 740 mm (720 mm opt.)
Ground clearance: 165 mm
Berat Kerb: 299 Kg
Kapasitas tangki bahan bakar: 20,5 liter
Reserve: 5 liter

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: