Manor Kembali Rekrut Rossi, Rio Terancam?

10032016-car-Alexander-Rossi

LONDON, 10 Maret 2016 – Tim Manor Racing membuat pengumuman mengejutkan Rabu (9/3) malam dengan merekrut kembali Alexander Rossi. Pembalap Amerika Serikat itu akan menjadi pembalap cadangan resmi manor di ajang F1. Ancaman bagi Rio Haryanto?

Rossi, pembalap asal California berusia 24 tahun, memperkuat Manor Marussia di lima balapan musim lalu. Namun namanya tak masuk skuad Manor setelah tim asal Inggris itu memilih duo rookie, Pascal Wehrlein asal Jerman dan pembalap Indonesia Rio Haryanto.

Pengumuman ini jelas mengejutkan dan membingungkan. Selain Manor sudah memiliki 2 pembalap utama, Rossi juga sudah dipastikan akan turun di balapan IndyCar musim 2016. Ini artinya ia menjadi pembalap pertama yang turun baik di F1 dan IndyCar.

“Saya telah menginvestasikan sebagian besar karir saya di F1. Saya tak mau menunggu. Ini adalah cara saya tetap tajam dan siap,” kata Rossi seperti dilansir formula1.com yang dikutip Carvaganza.com. Ia akan ikut pada 11 Grand Prix F1 musim ini yang dimulai di Grand Prix Rusia pada bulan Mei.

Racing Direcor Manor, Dave Ryan, mengatakan bahwa tim sangat beruntung memiliki seseorang sekaliber Rossi sebagai pembalap cadangan. Ia mengatakan Rossi akan sangat membantu pengembangan mobil Manor MRT05 yang digunakan Manor musim ini.

“Bagi Alex, F1 adalah urusan yang belum selesai. Dia melakukan pekerjaan yang besar ketika dia memperkuat kami di lima balapan musim lalu. Dia adalah bagian yang sangat berharga dari line-up. Dia akan menghadapi jadwal yang padat musim depan dan hanya komitmen dan disiplin yang mampu melakukannya. Kami yakin dia bisa,” kata Ryan.

Menurut Manor, seperti dilansir dalam akun Facebook mereka, Rossi akan bekerja dengan insinyur dan pembalap tim untuk membantu mengembangkan MRT05 yang menggunakan mesin Mercedes. Ia akan memberikan masuk dan ikut dalam kegiatan promosi tim, dan juga siap diturunkan jika diperlukan.

Kondisi ini membuat tanda Tanya, bagaimana dengan nasib Rio? Seperti diketahui Rio harus menyetorkan dana 15 juta euro untuk bergabung. Hingga saat ini ia baru memberikan 3 juta euro dari kocek pribadi, 5 juta euro dari sponsor utamanya Pertamina. Artinya, Rio masih harus mencari 7 juta lagi untuk tetap bergabung.

Nah, apakah masuknya Rossi sebagai “cadangan” mengantisipasi seretnya dana dari Rio?

Berita Terkait:
Resmi, Rio Haryanto Bela Tim Manor di F1 2016
Rio Haryanto: Saya akan Buktikan!
Rio Haryanto Gabung ke Manor Racing, Lengkapi Line-Up F1 Musim 2016

Advertisements

2 Responses

  1. Itu mungkin trik manor, agar Rio segera ngasih duit lagi untuk paruh kedua musim.

    • sepertinya gitu bos… soalnya duit drai Rio lbh gede, 15 juta euro, sementara Rossi, cuma 5 juta euro sama spt pascal.. hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: