Honda Siapkan Gearbox Dual Clutch untuk Varian Terbarunya

28032016-Moto-Dual-Clutch-Transmission

TOKYO, 28 Maret 2016 — Menjadikan motor bergenre sportbike agar tampil maksimal dari sisi performa terus dilakukan pabrikan asal Jepang, Honda. Pabrikan berlogo kepakan sayap ini berencana akan menggunakan transmisi dual clutch transmision (DCT) pada varian bigbike-nya.

Motovaganza.com melansir http://www.visordown.com yang mengutip engineer Honda, Kosaku Takahashi saat peluncuran Honda NC750X dan Integra facelift yang memang berfitur DCT di Spanyol beberapa waktu lalu. Tidak hanya kedua motor besar itu saja, Honda juga menerapkan DCT pada Africa Twin dan VFR1200F lansiran tahun 2016.

Kosaku Takahashi mengatakan memang cukup berat mengaplikasikan DCT ke semua bigbike Honda. Pasalnya, selain memiliki bobot yang tidak ringan, DCT juga memiliki dimensi yang juga tidak terbilang kecil. Walau demikian Kosaku Takahashi yakin akan dapat dan mampu membuat inovasi ini agar dapat digunakan di semua varian bigbike Honda kedepannya.

“Jika dua motor balap yang identik dan bobotnya sama, tetapi salah satunya menggunakan DCT maka ia yang akan lebih cepat. Sebab cara kerjanya yang tanpa jeda akan mengurangi hilangnya torsi akibat perpindahan gear,” kata Kosaku Takahahi.

“Jika motor balap sekelas RC213V dilengkapi DCT maka ia akan lebih cepat dibandingkan model yang kini dilengkapi seamless-shift gearbox,” tambah dia.

Apakah Honda mampu melakukannya? Bagaimana menurut Anda?

Advertisements

2 Responses

  1. halah, apalagi ini
    yg satu clutch aja msaih blm mudeng

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: