Mengenal Cara Kerja Suspensi Sepeda Motor

30032016-Moto-Suspensi

JAKARTA, 30 Maret 2016 — Suspensi motor merupakan bagian terpenting dalam meredam kejut (dumping) yang dihasilkan dari jalan bergelombang atau berlubang. Selain itu, suspensi juga bagian terpenting dari motor bak sebuah kaki pada manusia dalam menopang bobot tubuh untuk berjalan. Bagaimana cara kerjanya?

Motovaganza.com menulis, suspensi berfungsi menyerap guncangan agar tidak menjalar ke bagian sasis yang akan menimbulkan ketidakstabilan pada motor. Hal ini bertujan agar pengendaraan terasa nyaman. Untuk suspensi depan yang berbentuk tabung ini memiliki beberapa komponen di dalamnya seperti per, oli dan tabung kecil bernama stanchion.

Stanchion bergerak di dalam tabung besar (cartridge) mengikuti kontur jalan yang dibantu oleh per berbentuk spiral. Gerakan ke atas dan kebawah yang terjadi di dalam tabung ini disebut dengan gerakan teleskopis. Gerakan yang meliputi per dalam menyerap energi goncangan dari as roda depan ini diklaim juga mampu mereduksi getaran ke sasis motor.

Tugas menahan goncangan akibat kontur jalan ini didominasi oleh per dan juga oli dalam tabung yang bertugas meredam gerak teleskopis, agar roda tak memantul berulang-ulang.

Saat ini ada dua tipe penggunaan suspensi, tipe konvensional dan tipe upside down (suspensi terbalik). Pada tipe konvensional, part di dalam tabung suspensi ini terbilang sedikit dan sederhana dan mudah untuk dibongkar pasang termasuk untuk mengganti oli dampernya.

Sementara tipe suspensi upside down memiliki karakter lebih kaku dan memiliki tambahan part semacam penjepit. Suspensi model ini diklaim lebih kuat dan lembut dikarenakan tabung berdiameter lebih besar dan memiliki jarak overlap yang jauh terhadap tabung kecil, demikian dengan bushingnya maka makin besar ruang untuk unit peredaman tipe cartridge. Peredam cartridge memang tidak menambah rigiditas, tetapi memperbaiki karakter damping.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: