Ini Alasan Motor Injeksi Tidak Perlu Dipanaskan

07042016-Moto-BMW-1000SR

JAKARTA, 7 April 2016 — Menggunakan motor sebelum beraktifitas terkadang perlu dilakukan pemanasan terhadap mesin yang dingin karena tidak digunakan selama satu malam. Namun hal tersebut hanya berlaku bagi mesin motor yang masih menggunakan sistem karburator. Hal ini dikarenakan sistem pembakaran yang perlu membutuhkan waktu agar suplai bensin ke ruang bakar.

Namun untuk motor injeksi, karena sudah dilengkapi dengan sensor elektronik yang canggih, maka pemanasan tidak perlu lama-lama untuk memanaskannya. Seperti dilansir Motovaganza.com, sensor-sensor yang terdapat di dalam mesin bisa bekerja dengan cepat sampai mesin siap digunakan. Berikut beberapa alasan logis mengapa mesin injeksi tidak perlu berlama-lama.

Oli
Oli pada motor injeksi akan dengan cepat melumasi komponen mesin yang bergerak, oleh karena itu pemanasan hanya perlu dibutuhkan waktu sekitar setengah hingga satu menit saja untuk mempersiapkan motor hingga siap di ajak berjalan.

Bensin
Memanaskan motor injeksi terlalu lama akan membuat konsumsi bahan bakar yang terbuang sia-sia. Pemanasan pada motor dengan sistem injeksi hanya butuh waktu satu menit saja agar bahan bakar tidak terbuang percuma.

Mesin menjadi terlalu panas alias overheat
Pendinginan mesin motor terjadi saat motor bergerak karena terdapat aliran udara, sementara saat motor berhenti, maka motor tidak didinginkan oleh aliran udara dan hal tersebut dapat membuat mesin motor menjadi overheat.

Jadi, tidak perlu lagi menghabiskan waktu berlama-lama untuk memanaskan mesin motor injeksi ya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: