Toyota Juga Produksi Sienta untuk Pasar Ekspor

07042016-Car-Toyota-Sienta_01

JAKARTA, 8 April 2016 – Toyota resmi meluncurkan Toyota Sienta di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, Kamis (7/4) kemarin. Model yang disebut sebagai Multi Activity Vehicle (MAV) itu diproduksi di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat. Selain untuk pasar domestik, Sienta produksi TMMIN juga ditujukan untuk ekspor.

Carvaganza.com menulis, Indonesia merupakan negara pertama yang memproduksi sendiri Toyota Sienta di luar Jepang. “Setelah Indonesia kami optimis dapat melakukan ekspor Toyota Sienta ke negara-negara lain tahun ini,” kata  Warih Andang Tjahjono Wakil Presiden Direktur PT TMMIN di sela-sela peluncuran Sienta di booth Toyota IIMS 2016.

Warih mengatakan Toyota Sienta memang model yang cukup laris di pasar Jepang dengan layout yang sama. Ia melihat kesuksesan yang sudah ditorehkan model pendahulunya seperti Fortuner dan Kijang Innova dapat diikuti oleh Toyota Sienta. Seperti yang kita ketahui, Fortuner dan Innova sendiri sukses di beberapa negara di luar Indonesia seperti ASEAN, Timur Tengah dan Amerika Selatan.

Mneurut Warih, Toyota Sienta dirakit di pabrik TMMIN di Karawang. Selain part, TMMIN juga merakit mesin NR 4-silinder 1.5-liter yang disuplai untuk Toyota Sienta. Sedangkan transmisinya kami belum dapat merakit sendiri.

“Dengan adanya pabrik TMMIN di Karawang, kami yakin dapat memenuhi kebutuhan konsumen Sienta di Indonesia yang ditargetkan dapat mencapai 3500 unit per bulan,” kata Warih.

Pabrik TMMIN di Karawang sendiri memiliki kapasitas 250.00 ribu per tahun, yang terdiri dari Karawang Plant 1 berkapasitas 130.000 unit per tahun dan Karawang Plant 2 120.000 unit per tahun . Sienta masuk ke dalam plant 2 bersama dengan Toyota Vios, Etios dan Yaris.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: