4 Pilihan Suspensi untuk Motor Kustom

24042016-Moto-Suspensi

JAKARTA, 25 April 2016 — Selain memiliki kemampuan dalam meredam kejut dan handling, kehadiran suspensi pada motor juga memiliki pengaruh pada penampilan motor khususnya pada motor kastem alias modifikasi. Penggunaanya bisa dengan menggunakan suspensi aftermarket yang ada di pasaran atau dengan memodifikasi penampilannya dengan bentuk dan motif unik.

Walau hukumnya sah-sah saja karena dasarnya kustom alias modifikasi, tidak ada salahnya jika pemilihan suspensi khususnya bagian depan tetap diperhatikan demi fungsi dan estetika. Nah agar tidak salah pilih untuk motor kustom, kali ini ada beberapa tips dari Motovaganza bagaimana memilih suspensi motor kustom.

1. Suspensi Springer
Suspensi jenis ini umumnya dipakai untuk motor beraliran retro dan lawas. Pasalnya suspensi jenis ini memang banyak ditemui pada motor di era 1950-1960 an. Kebanyakan pengguna suspensi model springer ini di gunakan pada motor beraliran Chopper atau Bobber. Selain mendapatkan kesan “Oldskool” suspensi dengan model per yang terpisah ini juga membuat tampilan semakin gahar. Biasanya suspensi springer bentuknya lebih panjang dari ssuspensi biasa, atau sering dibilang centang oleh kareana itu sudutnya (rake) pun lebih miring.

2. Suspensi Teleskopik
Walau terbilang umum, namun suspensi jenis ini juga mendapat penilaian bagus dan suspensi yang enak untuk digunakan di motor berjenis apa saja. Selain itu, ukuran yang berbeda-beda juga membuat suspensi ini banyak di cari builder. Modelnya banyak digunakan builder pada bagian “Catridge” atau tabungnya untuk dicat sewarna body, krom atau bahkan diukir layaknya ukiran kayu asal Jepara, biasanya, ukirannya berupa corak batik yang digambar dengan ukiran 3 dimensi.

3. Suspensi Upside-Down
Untuk suspensi ini, biasanya banyak ditemui pada motor beraliran sport. Sekalipun melekat pada motor jangkung (adventure) suspensi ini lebih nyaman digunakan pada medan jalan yang halus dan rata seperti jalan aspal. Hal ini dikarenakan bagian atas sok (as) menggunakan pipa (catridge) dengan diameter lebih besar. Suspensi jenis ini lebih cocok digunakan pada motor berfairing atau beraliran naked bike yang lebih mengaspal di jalan raya perkotaan.

4. Suspensi Custom Aftermarket
Saat ini Ohlins Indonesia menyanggupi untuk membuat suspensi kustom sesuai dengan apa yang anda inginkan. Suspensi hasil kustom dari ohlins meliputi warna, ukuran, besar-kecil tabung, pre-adjustable, pre-load dan juga modelnya. Saat ini sudah banyak builder yang mulai memesan ke Ohlin untuk pembuatan suspensi kustom. Selain memiliki tingkat ekslusif, suspensi ini diklaim hanya ada satu yang dibuat karena hanya dibuat berdasarkan pesanan klien. Suspensi nya bergaransi selama 3 tahun dan juga memiliki kelembutan yang sudah teruji.

Nah, jadi jangan samapai salah pilih nih untuk penggunaan suspensi motor kustomnya ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: