All New BMW M2 Coupe, Si Kecil Bertenaga Raksasa

28042016-Car-BMW-M2-Coupe_02

JAKARTA, 29 April 2016 – BMW Group Indonesia baru saja meluncurkan mobil sport compact terbaru mereka yaitu All-new BMW M2 Coupe. Mobil ini menawarkan desain yang sporty ditunjang dengan performa tinggi khas BMW M. All-new BMW M2 Coupe tawarkan teknologi motorsport yang sangat kompetitif di lintasan balap namun juga sesuai untuk digunakan di jalan raya Jakarta yang cukup padat.

Carvaganza menulis, kesan sporty langsung tertangkap begitu melihat tampilan mobil ini. Pada sisi eksterior kita langsung disuguhkan dengan desain yang tajam dimana desain tersebut mewakili potensi performa yang dimiliki oleh M2 Coupe ini. Fascia depan BMW menyajikan spoiler bemper depan rendah dengan intake udara besar, sisi samping dengan garis otot yang dipertegas insang pada bagian fender sebagai ciri khas M.

Selain itu, velg menggunakan bahan alumunium berukuran 19 inci dengan desain double spoke. Sedangkan pada bagian buritan terdapat knalpot M-specific twin-tailpipe yang sangat berperan penting dalam menunjukkan ciri khas M pada The All-new BMW M2 Coupe.

Karakter khas kendaraan BMW M tidak hanya hadir di bagian eksterior namun juga tampil pada desain interior. Balutan Alcantara pada detail pintu dan handbrake boot bersama dengan open-pore carbon fibre di bagian dashboard dan center console. Tampilkan ciri khas kendaraan sport yang semakin diperkuat dengan jahitan Polar Blue contrast stitching untuk mempererat kulit Dakota yang membalut kursi dan kemudi. Keberadaan BMW M sports seats, lingkar kemudi BMW M sports, dan BMW M gearshift lever memastikan pengemudi The All-new BMW M2 Coupé dapat mengendalikan kendaraan mereka dengan sempurna.

Bicara soal M Series pada BMW kurang lengkap jika tidak membahas soal dapur pacu. BMW M Division membekali M2 Coupe ini dengan mesin enam silinder segaris dengan kapasitas 3 liter yang dilengkapi dengan teknologi TwinPower Turbo. Beberapa komponen mesin pun diambil dari mesin BMW M3/M4 seperti piston dengan optimized top rings, grey cast iron liners serta crankshaft main bearing shell.

Mesin tersebut memiliki tenaga maksimum 370 hp yang tercipta pada 6.500 rpm dan torsi 456 Nm pada 1.400 rpm hinffa 5.560 rpm. Namun dengan fungsi overboost, torsi mobil ini dapat naik menjadi 500 Nm yang tercipta pada 1.450 rpm hingga 4.750 rpm.

Tenaga yang dimiliki tersebut disalurkan ke penggerak roda belakang melalui transmisi M Double Clutch Transmission (M DCT) 7-kecepatan dengan Drivelogic. Dengan perpaduan tersebut, M2 Coupe ini hanya membutuhkan waktu 4,3 detik saja untuk melesat dari posisi diam hingga melesat ke 100 km/jam.

Meski mesinnya tergolong buas, mobil ini mampu mengurangi konsumsi bahan bakar menjadi hanya 12,7 km/liter. Hal ini dicapai melalui berbagai teknologi EfficientDynamics yang mencakup fungsi seperti Auto Start Stop, sistem Brake Energy RegenerationElectric Power Steering, serta teknik pengurangan beratpada rangkaian arsitekturnya. Salah satu faktor yang secara siginifikan mengurangi bobot kendaraan adalah penggunaan  bahan lightweight aluminum pada as roda depan dan belakang yang juga digunakan pada BMW M3 sedan dan BMW M4 Coupe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: