First Drive: Bentley Continental GT V8 S 2016

29042016-Car-Bentley-Continental-GTV8S_05

SENTUL, 29 April 2016 — Bentley Continental GT V8 S baru saja diluncurkan untuk pasar Indonesia di Sentul International Sirkuit, hari ini, Jumat (29/4). Bagaimana kemewahan, kenyamanan, dan performa sedan berharga Rp 8,5 miliar ini? Carvaganza mendapat kesempatan menjajalnya.

Bentley Continental GT V8 S merupakan varian sport dari Bentley Continental GT V8. Meski menggendong mesin yang sama V8 4.0-liter twin-turbocharged, namun terdapat penyempurnaan pada bagian ECU dan suspensi sehingga memberikan feeling yang lebih sporty.

Hal tersebut terasa sesaat menginjak pedal akselerator yang diikuti raungan sport exhaust. Tendangan torsi 680 Nm dan tenaga sudah terasa padahal jarum rpm belum menyentuh angka 2.000. Bentley memang mendesain Continental GT V8 S ini untuk menjadi kendaraan yang mewah sekaligus agresif.

Penggerak all wheel drivenya bekerja sempurna, transmisi ZF 8-kecepatannya mampu mengirimkan tenaga yang seimbang di keempat rodanya. Saya merasakannya saat memasuki tikungan tajam dengan kecepatan 80 km/jam. Hal tersebut juga berkat peran dari Electronic Stability Control yang mampu memanajemen torsi berlimpah Bentley Continental GT V8 ini di keempat rodanya.  Dalam keadaan standar, tenaga yang dibagi antara roda depan dan belakang adalah 40:60.

Selain itu tersedia fitur aerodinamika seperti front splitter, side sills dan rear diffuser yang meningkatkan down force pada Bentley Continental GT V8 ini saat melaju pada kecepatan tinggi.

29042016-Car-Bentley-Continental-GTV8S_03

Meski dengan penggerak AWD, gejala understeer minim terasa pada Bentley Continental GT V8 S ini, bahkan sesaat keluar apex dengan kembali menginjak pedal gas dalam-dalam, bokong seksinya terasa seperti menari-nari (padahal tidak). Perpindahan transmisinya pun sangat responsif membaca putaran mesin. Sejatinya hampir tidak ada yang cacat pada driving experience Bentley Continental GT V8 S.

Di samping semua yang berbau sporty, Bentley Continental GT V8 S ini masih memikat pada dengan bahasa desain Bentley yang berkelas dan sarat akan craftsmanship di setiap sudutnya. Untuk membedakan model ini anda cukup melihat emblem V8 S pada bagian sisi mobil dan tentu saja raungan mesinnya yang lebih serak.

Bagaimana dengan kabin? Sebagai sedan mewah, interiornya dibalut dengan material khas Bentley mulai dari kulit soft touch dengan keliar two tone pada joknya, panel kayu yang membentang di setiap door trim hingga fitur-fitur hiburan yang bertengger di dashboard depan.

Meski ini adalah mobil mengedepankan cita rasa sporty, Bentley tetap menyimpan kenyamanan kelas wahid di dalamnya. Sehingga kendaraan ini cukup nyaman untuk di bawa sendiri atau dengan driver.

“Bentley Continental GT V8 S merupakan Grand Tourer dengan performa tinggi dan mewah, lewat varian ini makin mempertegas sisi sporty dan Bentley yang kental dengan aspek craftmanship,” kata Roland Staehler COO PT Grandauto Dinamika (GAD). Di Indonesia, Bentley Continental GT V8 S ini dibanderol mulai harga Rp 8,5 miliar.

Berita Terkait:
Bentley Continental GT V8 S Mengaspal di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: