Begini India Membantu Pengendara Motor di Lampu Merah

04052016-Moto-Motor-India

NEW DELHI, 4 Mei 2016 — Pihak berwenang di India menemukan cara yang murah dan fungsional untuk membantu pengendara mengatasi panas terik saat berkendara siang hari. Di Nagpur, salah satu kota India terpanas, sebuah jala dipasang tepat di atas lampu lalu lintas.

Seperti ditulis Motovaganza, jala ini memang sifatnya sementara. Tujuannya untuk melindungi pengendara dari terik matahari saat berhenti di lampu merah. Pemerintah setempat mengatakan tujuan lain adalah menghindari pengendara motor memacu motornya cepat-cepat menembus lampu merah lantaran terlalu lama menunggu di panas matahari.

Tahun lalu, suhu di Nagpur tercatat sampai 48 derajat Celcius, sedangkan tahun ini sudah berada di angka 40-an. Gelombang panas yang parah juga disertai oleh kekeringan dan lebih dari 160 orang tercatat tewas karena udara panas. Negara bagian Maharashtra, di mana Nagpur terletak, menjadi yang paling terpengaruh oleh panas.

Jala penahan panas ini tentunya sangat membantu pengendara motor yang terkena langsung sinar matahari karena memiliki atap atau AC untuk membantu mengurangi panas.

Tentu saja jala ini bukan jawaban atas masalah panas yang dialami pengendara sepeda motor. Jala ini hanya bisa ditempatkan di lampu lalu lintas dan tidak bisa bagi mereka yang terjebak di kemacetan.

Kira-kira di Indonesia bisa dilakukan nggak ya? Menurut Anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: