300 ++ KM Bersama Mitsubishi All New Pajero Sport

(Foto: Arie Prastz/Carvaganza)

(Foto: Arie Prastz/Carvaganza)

SANUR, 12 Mei 2016 — PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menggelar acara media drive untuk varian andalan terbarunya di kelas SUV Mitsubishi All New Pajero Sport. Pulau Dewata Bali dijadikan tempat untuk menguji sejauh mana keunggulan yang dimilik oleh SUV paling popular tahun ini.

Selama tiga hari (10-12 Mei 2016) Carvaganza mendapat kesempatan menjajal model yang tengah naik daun ini. Bersama Mitsubishi All New Pajero Sport tipe Dakar saya menghabiskan perjalanan dengan jarak tempuh lebih dari 300 km.

Perjalanan dimulai dari Denpasar menuju Kintamani. Pada kesempatan ini saya mencoba mengeksplorasi setiap sisi ruang interior Mitsubishi All New Pajero Sport. Secara umum berada di balik kemudinya saya langsung menyimpulkan bahwa dari sisi ergonomika layak diberikan pujian. Mulai dari posisi duduk yang pas dengan fitur elektrik khusus pada kursi pengemudi, visibilitas baik hingga semua fitur yang user friendly dan mudah dijangkau. Rasanya bukan masalah berarti untuk dapat langsung beradaptasi saat berada di dalam kabin.

Tak ketinggalan, ruang interior Mitsubishi All New Pajero Sport juga memiliki fleksibilitas yang baik. Selain dapat menampung 7 orang penumpang, Anda juga bisa dengan mudah merubah kursi menjadi ruang penyimpanan barang yang cukup besar.

12052016-Car-Pajero-Sport_03

Dari Kintamani kami menuju barat daya Bali yakni ke daerah Menjangan, Kabupaten Singaraja. Karakteristik jalan pegunungan yang dengan kombinasi tanjakan dan turunan yang berliku saya temui sepanjang perjalanan. Acungan jempol layak diberikan untuk kombinasi mesin 4N15 dengan transmis otomatis 8 kecepatan tiptronic. Karena dengan menyenangkan Mitsubishi All New Pajero Sport dapat diajak untuk melewati semua kondisi jalan yang ada.

Mesin yang merupakan pengembangan dari mesin lama dengan tipe 4D56. Dengan kelengkapan fitur turbo VGT, keluaran tenaga yang dihasilkan adalah sebesar 181 hp. Kolaborasinya dengan sistem transmisi membuatnya memiliki power band atau rentang tenaga yang padat di setiap putaran.

Terbukti pada saat jalan-jalan menanjak hampir pada setiap kesempatan saya tidak pernah merasakan kehilangan momentum. Dengan menekan pedal gas tenaga langsung tersedia membuat tidak sulit untuk melakukan manuver bersama Mitsubishi All New Pajero Sport.

12052016-Car-Pajero-Sport_04

Hal lain yang menarik perhatian mesin memiliki getaran yang sangat minim. Jadi rasanya hampir tidak raungan-raungan keras yang menjadi karakteristik diesel pada setiap kesempatan. Apalagi sistem insulasi pada kabin Mitsubishi All New Pajero Sport juga dirancang sedemikian yang diklaim Mitsubishi dengan 13 titik improvement.

Pujian lain yang patut dilayangkan juga saat merasakan stabilitas dari Mitsubishi All New Pajero Sport. Selama perjalan hampir tidak saya temui gejala negatif pengendaraan seperti oversteer dan juga body roll berlebih saat melakukan manufer. Jikapun ada itu masih dalam batas toleransi. Kendaraan dapat segera dikontrol dengan baik dengan hanya sedikit melakukan koreksi pada stir.

Saya juga sempat menemui jalan berbatu saat tiba di tujuan di wilayah Pantai Menjagan. Mitsubishi sepertinya telah menemukan titik toleransi terbaik pada kombinasi rancang bangun dan sistem suspense Mitsubishi All New Pajero Sport. Karena meski dipaksa melakukan manuver pada kondisi jalan sedemikian, kenyamanan dalam kabin masih dapat terjaga dengan baik.

12052016-Car-Pajero-Sport_05

Terakhir, dari sisi tampilan kita semua tahu Mitsubishi All New Pajero Sport memiliki tampilan yang jauh lebih sporty dan stylish dibandingkan dengan pendahulunya. Bahasa desain khas Mitsubishi Dynamic Shield tampak tegas dari mulai bonnet dan mengalir ke setiap lekuk bodinya.

Namun ada satu hal yang sedikit menggangu benak saya saat lagi-lagi menyimak lampu belakang dengan tail light-nya yang memanjang. Di satu sisi ini merupakan terobosan yang berani dan usut punya usut memiliki kelebihan pada sisi safety karena dengan buritan yang besar dapat terpantau dengan baik oleh pengendara lain di belakangnya. Sehingga senantiasa mampu menjaga jarak kendaraannya.

Tapi disisi lain, padangan subyektif saya berkata lain. Dengan bentuk memanjang ke bawah tampilannya tampak tidak selaras dengan garis body. Keberadaannya bak meng-counter desain streamline secara keseluruhan. Dibutuhkan waktu yang cukup panjang untuk dapat menerima dan memahaminya.

Berita Terkait:
Mitsubishi Optimis Jual 19.000 Unit All New Pajero Sport
Mitsubishi All New Pajero Sport Looking Sharp
Mitsubishi All New Pajero Sport, SUV Paling Laris Manis di Indonesia
Mitsubishi All New Pajero Sport, First Class SUV

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: