Ini Kelebihan dan Kelemahan Sistem Throttle by Wire

12052016-Moto-Ride-by-Wire

JAKARTA, 11 Mei 2016 – Beberapa motor premium seperti Triumph Motorcycles, Ducati dan lainnya telah dibekali teknologi terkini yaitu throttle by wire atau sebagian lagi menyebutnya ride by wire.

Carvaganza menulis, teknologi ini, menghilangkan keberadaan dari kehadiran tali gas yang diganti oleh perangkat elektronik untuk membuka butterfly di throttle body. Tentu, teknologi baru inipun memiliki kelebihan dan kekurangannya. Apa kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihan dari ternologi ini adalah lebih minim perawatan karena tidak menggunakan tali gas. Yang lebih penting lagi, juga bisa menghemat bahan bakar. Hal ini bisa terjadi karena putaran gas akan seimbang dengan bukaan di butterfly throttle body karena semuanya sudah diatur secara digital sehingga lebih presisi.

Sementara, kekurangan dari sistem ini bisa dikatakan putaran gas tidak bisa langsung diputar habis. Hal ini dikarenakan sistem elektronik yang juga membaca putaran mesin secara bersamaan. Artinya, jika anda menginginkan bukaan gas yang resposif anda bisa re-mapping elektronik pada fuel injector (elektronik kit) atau bisa mereset setup pada riding mode yang tersedia.

Selain itu, sistem tanpa kabel gas dalam “membesut” motor khususnya moge ini juga sangat tidak cocok diaplikasikan pada motor bergenre motor garuk tanah (Offroad). Hal ini dikarenakan motor jenis ini sangat mengandalkan tali gas dengan perilaku buka-tutup gas yang sesuka hati. Oleh sebab itu motor seperti Yamaha YZ400, Kawasaki KX250, Honda CRF650 tidak dibekali piranti throttle by wire ini.

Nah, mana yang lebih Anda suka?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: