Kenali Penggunaan High Beam pada Sepeda Motor

(Foto: theridingobsession.com)

(Foto: theridingobsession.com)

JAKARTA, 12 Mei 2016 — Lampu yang ada pada kendaraan, umumnya digunakan sebagai pencahayaan terlebih pada saat malam hari. Berbeda dengan motor penggunaan lampu juga sudah diberlakukan pada siang hari, hal ini dimaksudkan agar pada kondisi tertentu pengendara dapat mengetahui kendaraan lain di sekitarnya.

Motovaganza menulis, umumnya lampu motor terbagi menjadi dua fungsi yaitu lampu jauh (High Beam) dan lampu dekat (Low Beam). Oleh karena itu kita harus memahami fungsi dan penggunaan keduanya.

Penggunaan low beam atau lampu dekat umumnya dapat digunakan pada siang hari dan malam hari. Cirinya sinar lampu menyorot ke arah bawah bagian depan jalan. Semantara, high beam atau lampu jauh memiliki ciri sinar lampu yang menyorot ke arah tengah-depan jalan yang akan dilalui pengendara (sejajar posisi lampu), atau biasa kita menyebutnya lampu jauh.

Penggunaan lampu jauh (High Beam) juga dapat digunakan sebagai kode saat kendaraan akan menyalip kendaraan lain. Penggunaan lampu jauh sebaiknya tidak digunakan jika berada di jalan-jalan yang padat lalu-lintasnya atau jika ada pengendara lain dari arah yang berlawanan. Karena hal itu dapat menyebabkan pengendara yang berada di depan merasa silau dan mengganggu.

Oleh karena itu, untuk keselamatan kita bersama, gunakan lampu kendaraan sesuai dengan fungsinya. Usahakan selalu menggunakan lampu dekat, lampu jauh hanya digunakan dalam keadaan tertentu saja atau dalam keadaan dimana jalan bersifat satu arah (one way) dengan kondisi jalan yang sepi.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: