TMMIN Raih Penghargaan Indonesia Most Admired Companies 2016

20052016-Car-TMMIN

JAKARTA, 20 Mei 2016 – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kembali meraih penghargaan sebagai “Indonesia Most Admired Companies”. Penghargaan dari Majalah Warta Ekonomi ini diberikan kepada perusahaan dengan citra yang baik di kalangan publik. Ajang Indonesia Most Admired Companies (WIMACO) yang sudah memasuki usia 15 tahun diberikan kepada perusahaan yang memiliki awareness tertinggi dan image terbaik berdasarkan persepsi responden.

“Penghargaan ini menjadi penyemangat bagi Toyota Indonesia untuk terus mendukung kegiatan pengembangan industri dan memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, sebagaimana yang tercantum dalam filosofi ‘Toyota Berbagi’,” kata Wakil Presiden Direktur PT TMMIN Warih Andang Tjahjono seperti dilansir Carvaganza.

Pada tahun 2015, TMMIN mencatatkan total ekspor kendaraan utuh (Complete Build-up Unit) model Toyota mencapai 176.700 unit atau naik 10% dibanding tahun 2014. Angka ini membuuat kontribusi terhadap total ekspor kendaraan utuh dari Indonesia naik menjadi 88%. Model-model yang diekspor adalah Kijang Innova, Fortuner, Vios, Yaris, Avanza, Rush, Agya, dan Town Ace/Lite Ace.

Toyota menanamkan investasi sebesar Rp 2,3 triliun untuk pembangunan pabrik baru Toyota di Karawang yang memproduksi mesin bensin aluminium bertipe R-NR untuk mobil penumpang dengan kapasitas produksi sebesar 216.000 unit per tahun yang baru saja diresmikan pada bulan Maret 2016 lalu.

Sepanjang tahun 2015 jumlah pemasok komponen lapis pertama yang terlibat dalam rantai produksi TMMIN meningkat dari 107 perusahaan pemasok menjadi 123 perusahaan. Peluncuran mesin R-NR di awal 2016 menambah jumlah menjadi 135 perusahaan.

Baik All New Kijang Innova, All New Fortuner, maupun mesin baru yang diproduksi Toyota memiliki tingkat kandungan lokal yang tinggi, yaitu 85%, 75%, dan 80%. Sedangkan model lainnya yaitu Vios, Yaris, dan Etios memiliki tingkat kandungan lokal 60%.

Selain itu, TMMIN mengembangkan dan mengoperasikan 3 TMMIN Learning Center (TLC), Toyota Indonesia Academy (TIA) yang mengundang lulusan SMK terpilih dari penjuru Indonesia untuk mempelajari teknologi dan karakter manufaktur otomotif selama 1 tahun tanpa dipungut biaya.

Sedangkan aktivitas Corporate Social Responsibility meliputi penanaman pohon lewat Toyota Forest, Toyota Eco Youth (TEY) yaitu kontes perbaikan lingkungan bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Kejuruan (SMK), dan Yayasan Toyota Astra (YTA) yang memberikan kesempatan beasiswa bagi para pelajar Indonesia yang berprestasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: