The New Golf TSI: Serba Suprise

SUPRISE! Saya agak bingung juga membaca rilis dan brosur dari PT Garuda Mataram Motor (GMM), pemegang merek Volkswagen dan Audi di Indonesia, saat melansir The New Volkswagen Golf TSI, Rabu (15/7) kemarin. Memang saya belum melihat tampilan maupun fitur yang ditawarkan VW pada hatchbacknya ini. Tapi membaca rilisnya, apa yang bikin suprise?

Begitu saya melihat tampilannya dan membaca benar-benar brosurnya, barulah ketahuan. Tampilan Golf TSI sangat sporty. Eksterior depan dilengkapi chrome grill hitam, desain baru headlamp yang dilengkapi hologen, lampu belakang cherry red, rear spoiler dan diffuser, plus roda dengan ban 205/55 R16.

Andalan utamanya terletak di mesin. TSI apaan sih? TSI atau Turbo Stratified Injection adalah istilah VW untuk mesin turbocharged FSI (direct petrol injection). Golf TSI memang ‘hanya’ dipasangi mesin 1.390 cc. Tidak besar memang. Tapi tunggu dulu.

VW menambahkan mesin 4 cylinder inline ini dengan turbocharge dan supercharge (Twincharger). Jadilah mobil ini punya tenaga 160 hp pada 5.800 pm dan torsi maksimum 240 Nm pada 2000 rpm. Ternyata mesin ini merupakan peraih International Engine of The Year 2009-1020 dan Best Green Engine 2009. Suprise.

Tenaga dahsyat Golf TSI dibarengi dengan teknologi transmisi kelas satu pula Dual Clutch Gearbox (DSG) dengan model 7-speed automatic triptonic. VW mengklaim teknologi ini selain membuat perpindahan antar gigi makin halus juga membantu penghematan konsumsi bahan bakar. Disebutkan mobil ini menggunakan 1 liter bahan bakar untuk menempuh 16,6 kilometer.

Sistem transmisi ini merupakan yang terbaru. Golf GTI yang memiliki performa paling wah dari keluarga Golf, masih diperkuat teknologi lama yang menggunakan transmisi 6-speed automatic. Suprise.

Untuk kenyamananan, VW memasng suspensi McPherson strut 3 poin wishbone (depan) dan 4-link axle dengan independent suspension (belakang). Fitur standar keamanan super lengkap. Termasuk ESP (Electronic Stability Programme) dengan counter steering assitance generasi terbaru untuk meminimalkan gejala oversteering dan under steering. Suprise.

Hmmm… Dengan mesin kencang dan trasmisi yang menunjang, VW tak lupa juga berjaga-jaga seandainya ada hal yang tidak diinginkan. Golf TSI merupakan mobil paling aman di dunia berdasarkan uji Europe NCAP dengan mendapat lima bintang untuk keamanan penumpang dan pengemudi.

Apa buktinya? Golf TSI dilengkapi dengan 7 airbag. Ada 2 buah untuk pengemudi dan penumpang depan, 2 di samping kedua bangku depan, 2 di bagian samping (curtain airbag system), serta satu untuk melindungi lutut pengemudi.

Coba Anda bayangkan, 7 buah airbag dipasang untuk mobil berukuran panjang 4.199 mm, lebar 1.540 mm (depan), 1.513 mm (belakang) serta tinggi 1.479 mm. Suprise.

Sekarang kita bicara interior. Tampilan interior dan dahsboard tidak banyak macam, simpel namun fungsional. Lapisan kulit dipasangkan pada lingkar kemudi, tuas transmisi, tuas rem tangan, dan jok. Tapi andalan Golf TSI adalah kapasitas bagasi. Dalam kondisi normal, kapasitas bagasi 350 liter, tapi jika kursi belakang dilipat bisa menghasilkan bagasi sampai 1.305 liter. Suprise.

“Golf TSI jadi pilihan tepat bagi penggemar mobil yang punya performa menawan tapi tetap dengan segudang fitur dan irit bahan bakar,” kata Andrew Nasuri CEO PT Garuda Mataram Motor (GMM).

Andrew cukup yakin Golf TSI ini akan bisa menarik peminat di tanah air. Ia mengatakan pihaknya menargetkan angka penjualan 300 unit selama satu tahun.

Oh ya… Golf TSI yang dirakit di dalam negeri (Completely Knock Down atau CKD) ini hanya dibanderol Rp 339 juta (on-the-road). Cukup jauh jika dibandingkan varian Golf GTI yang dibanderol Rp 575 juta. Dengan harga segitu, pastinya, suprise lagi.

(Tulisan ini dimuat di Koran Tempo edisi Minggu, 18 Juli 2010, hal.C4)

One Response

  1. […] 22 Juli 2010 – Setelah pekan lalu melansir Volkswagen Golf TSI, Volkswagen Indonesia akan menggunakan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010, 23 […]

Leave a comment