Honda Jakarta Optimistis Penjualan Oktober Kembali Naik

Honda Vario

JAKARTA, 12 Oktober 2010 – PT Wahana Makmur Sejati (PT WMS), dealer utama sepeda motor Honda untuk wilayah Jakarta dan Tangerang, optimistis penjualan selama Oktober akan kembali naik setelah September lalu hanya 23.304 unit. Dealer ini mematok target penjualan selama bulan kesepuluh itu, 31 ribu unit.

Potensi pasar yang besar, jumlah hari libur yang lebih sedikit dibanding bulan sebelumnya, serta masa inden yang lebih singkat diyakini bakal menjadi pendorong terwujudnya target tersebut.

“Bulan ini, hari kerja efektif lebih banyak dibanding bulan lalu. Masa inden sejumlah motor Honda juga berkurang, misalnya saja Honda Scoopy. Kini, masa inden motor ini hanya 1-2 bulan, sebelumnya mencapai tiga bulan,” papar Olivia Widyasumita, Dealer Development Head wilayah Jakarta PT WMS, di Jakarta, Selasa (12/10).

Olivia menambahkan, dari aspek potensi pembelian kedua wilayah itu masuk dalam kategori tinggi. Jakarta merupakan pusat kegiatan ekonomi nasional, sehingga memberikan dampak yang cukup besar terhadap pendapatan dan daya beli masyarakat. Begitu pun dengan Tangerang yang merupakan wilayah penyangga Jakarta.

“Banyaknya penduduk Tangerang yang bekerja di wilayah Jakarta atau tempat lain di sekitar Jakarta, tentu membutuhkan sarana transportasi. Motor adalah sarana transportasi yang murah, praktis, fleksibel, serta efisien,” kata dia.

Sepanjang September lalu, penjualan PT WMS menurun cukup tajam dibanding bulan sebelumnya, yaitu hanya 23.304 unit. Sedangkan sepanjang Agustus, penjualan mencapai 35.145 unit.

Hal itu dikarenakan banyaknya hari libur berkaitan menjelang dan sesudah lebaran. “Itu fenomena biasa, karena pabrikan lain mengalami hal yang sama. Tapi bulan ini kami optimistis kembali naik,” aku Olivia.

Model yang paling banyak terjual selama September adalah Honda Beat, 6.023 unit atau 25,8 persen dari total penjualan. Berikutnya, Honda Supra dan Absolute Revo. Model sport terbaru, Honda New MegaPro yang diluncurkan Agustus membukukan penjualan 504 unit.

Tahun ini target penjualan PT WMS sebesar 350 ribu unit. Hingga September lalu penjualan telah mencapai 270.726 unit.

Leave a comment