Mercedes-Benz B-Class F-CELL Tampil di LA Auto Show

Mercedes-Benz B-Class F-CELL

LOS ANGELES, 13 November 2010 – Pabrikan raksasa Jerman, Mercedes-Benz, menjadikan Los Angeles Auto Show 2010 sebagai ajang menampilkan model-model terbaiknya. Selain Mercedes-Benz CLS63 AMG, manufaktur mobil mewah asal Bavaria ini juga akan menghadirkan kendaraan yang akan membuktikan komitmennya terhadap lingkungan, Mercedes-Benz B-Class F-CELL.

Mercedes-Benz F-CELL sebenarnya telah memulai debutnya beberapa bulan yang lalu. Namun Mercedes-Benz menjanjikan beberapa perubahan pada mobil yang bakal dipamerkan di LA Auto Show tersebut. Pabrikan berlambang Three-Pointed Stars ini juga berencana menjajal B-Class F-CELL di Amerika Serikat dan beberapa Negara di Eropa.

Sejatinya, Mercedes-Benz F-CELL memadukan antara kerja dari sebuah motor listrik dengan hydrogen yang menghasilkan emisi berbentuk air. Hidrogen dan air bereaksi tanpa pembakaran di fuel cell yang sanggup memproduksi tenaga hingga 136 hp dan torsi sebesar 290 Nm pada motor listriknya.

Dalam laman resminya, Mercedes-Benz mengatakan bahwa B-Class F-CELL memiliki kinerja yang serupa dengan mobil berbahan bakar gas dengan kapasitas 2.0 liter. Disebutkan, konsumsi hydrogen B-Class F-CELL mampu menembus angka 54 mil/gallon sehingga menghasilkan jarak tempuh hingga 230 mil.

Pabrikan yang berdiri sejak 1871 ini juga menerapkan hasil inovasi teknologinya pada sistem fuel cell generasi terbaru yang menggunakan baterai lithium-ion yang ditanam pada lantai B-Class F-CELL. Teknologi baru lainnya adalah pengembangan sistem rentang temperature. Teknologi tersebut membuat varian ini masih mampu bekerja dalam temperatur -25 derajat Celcius.

Rencananya, mulai tahun depan, Mercedes-Benz akan melansir 200 contoh dari B-Class F-CELL untuk diuji coba di Amerika Serikat (California) dan Eropa sekaligus bekerja sama dengan pemerintah setempat, perusahaan minyak dan pihak terkait lainnya di Jerman dan California untuk mempercepat pembangunan infrastruktur hydrogen.

Leave a comment