Toyota Camry Hybrid Raih 2 Penghargaan di Australia

Toyota Camry Hybrid

SYDNEY, 30 November 2010 – Penghargaan kembali diraih Toyota. Kali ini Toyota Camry Hybrid meraih dua penghargaan sekaligus di Australia yaitu Green Innovation Award dan People’s Choice Award. Green Innovation Award merupakan pilihan wartawan otomotif Australia sedangkan People’s Choice Award didasarkan poling online konsumen Benua Kangguru tersebut.

Laman caradvice.com.au menulis dalam penghargaan Green Innovation Award, sembilan jurnalis senior yang menjadi juri secara bulat menyatakan Camry Hybrid sebagai mobil yang sarat teknologi terkini yang menjadikannya sebagai kendaraan paling ramah lingkungan. Toby Hagon, editor nasional Fairfax Drive, yang menyerahkan penghargaan mengatakan para juri mengibaratkan sosok Camry Hybrid bagaikan small car, karena sangat irit dalam mengkonsumsi bahan bakar (BBM), namun performa tenaganya nyaris di atas rata-rata mobil yang ada di pasaran.

Sedangkan anugerah People’s Choice Award merupakan hasil polling secara online. Sukses Camry Hybrid pada 2010 ini mengulang sukses Toyota Australia pada 2009. Tahun lalu, penghargaan serupa didapatkan Toyota Prius Hybrid.

Senior Executive Director Sales and Marketing Toyota Australia, David Buttner, mengatakan Camry Hybrid merupakan perpaduan antara performa dan konsumsi BBM yang ekonomis. “Tingkat konsumsi bahan bakarnya serta emisi gas buang yang dihasilkan adalah yang terbaik dari seluruh mobil yang dibuat di Australia,” kata Buttner.

Australia memang menjadi salah satu basis produksi Toyota untuk Camry Hybrid. Di negara itu, Camry Hybrid telah diproduksi sejak 11 Desember 2009 di Altona-Melbourne, Victoria. Buttner menuturkan dengan konsumsi BBM yang sangat ekonomis, Camry Hybid mampu bersaing dalam hal performa dengan mobil-mobil sekelasnya. “Sebelumnya Australian Green Vehicle Guide menganugerahi Camry sebagai mobil penumpang dengan raihan 5 bintang,” katanya bangga.

Camry Hybrid dipekruat mesin bensin 2AZ-FXE yang memiliki kapasitas 2.400 cc berdaya 150 hp dengan torsi 138 lbft. Tambahan motor listrik 650 volt berdaya 190 hp dengan torsi 200 lbft, menjadikannya sangat responsif. Toyota mengklaim akselerasinya lebih cepat 15 persen jika dibandingkan dengan mobil bermesin 2.400 cc non hybrid. Keistimewaan lainnya adalah ukuran baterai nickel-metal hydride-nya sangat kompak, karena beratnya hanya berkisar 70 kg.

Dengan beragam kelebihannya inilah tak mengherankan Camry Hybrid mampu mengikuti kesuksesan Prius Hybrid — mobil hybrid paling laris milik pabrikan asal Jepang itu — sebagai kendaraan yang ramah lingkungan namun tetap memiliki performa mesin yang luar biasa.

One Response

  1. Model kendaraan Keluarga andalan Toyota…

    Mantaff gans artikelnya… ditunggu ya kunjungan baliknya :)…

Leave a comment