Pemilik Baru Puas dengan Kualitas Toyota, Nissan, dan Mazda

03-12-Macet Sudirman

SINGAPURA, 3 Desember 2012 — Kualitas kendaraan baru di Indonesia ternyata makin baik. Jumlah keluhan para pemilik kendaraan baru di Indonesia tahun ini mulai berkurang. Laporan J.D.Power Asia Pasifik 2012 mengenai Indonesia Initial Quality Study (IQS) yang diumumkan Senin, 3 November 2012 menunjukkan Toyota, Nissan, dan Mazda menjadi tiga merek yang mendapat penilaian terbaik.

Studi yang sudah memasuki tahun ke-10 ini, mengukur masalah-masalah yang dialami pemilik kendaraan baru selama dua hingga enam bulan kepemilikan. Studi ini juga mengkaji lebih dari 200 gejala permasalahan yang meliputi delapan kategori sistem kendaraan: eksterior kendaraan, pengalaman berkendara, fiturfitur/pengendali/tampilan; audio/entertainment/navigasi; tempat duduk; HVAC (Heating, Ventilation dan Air Conditioning); interior kendaraan; dan mesin/transmisi.

Tingkat masalah menurun dalam tiga dari delapan kategori masalah IQS, terutama dalam kategori mesin/ transmisi, HVAC(Heating, Ventilation dan Air Conditioning) dan eksterior kendaraan dibandingkan dengan hasil 2011. Sebaliknya, beberapa masalah terkait audio/entertainment/navigasi dan tempat duduk meningkat.

“Indonesia menjadi sebuah pasar yang semakin diperhitungkan oleh para pabrikan otomotif dunia. Oleh sebab itu, penting bagi kendaraan-kendaraan yang dijual di kawasan ini untuk memenuhi kebutuhan para pemilik yang berada di seluruh wilayah Nusantara,” kata Rajeev Nair, Direktur riset di J.D.Power Asia Pasifik, Singapura.

Hasilnya, dari lima segmen, Toyota dan Nissan berhasil meraih dua nilai terbaik sedangkan satu lainnya diraih Mazda. Produk Toyota yang dinilai baik adalah Avanza (Entry MPV) dan Kijang Innova (MPV), Nissan lewat Juke (Entry SUV) dan X-Trail (SUV), serta Mazda yang meraih nilai terbaik dengan Mazda2 (Premium Compact Car).

Berikut hasil lengkapnya:

03-12-JD Power

Leave a comment