Reli: Target Ganda Subhan Aksa di Kejurnas Rally of Celebes

03-05-Rally of Celebes 01

MAKASSAR, 3 Mei 2013 — Pereli Subhan Aksa membidik dua target pada putaran pertama Kejurnas Reli bertajuk Rally of Celebes di Perkebunan Tebu Takalar, Sulawesi Selatan, 4-5 Mei. “Sebagai awal perjuangan untuk mempertahankan gelar juara nasional, sekaligus persiapan ke Acropolis,” kata Subhan.

Ia mengatakan meski sudah berlomba di tingkat FIA World Rally Championship (WRC), Subhan tak menganggap remeh kejuaraan lokal. Ada 13 Special Stage (SS) dengan jarak total 254 km pada kejurnas seri pembuka ini, dan beberapa SS di antaranya menurut Subhan sangat mirip dengan karakter lintasan Rally Acropolis di Yunani. Itu seri ke-6 kejuaraan dunia WRC dan putaran kedua WRC-2 yang akan diikuti Subhan pada 30 Mei – 2 Juni mendatang.

03-05-Rally of Celebes 02

“Ini sarana yang ideal untuk mempersiapkan diri ke Yunani. Apalagi, sarana pencatatan waktu yang digunakan panitia pun sudah standar WRC yang bisa menghitung sampai 100 milidetik,” jelas juara Indonesia 2009, 2010 dan 2012 itu yang akan turun dengan mobil kesayangannya, Mitsubishi Lancer Evolution X.

Turun dengan bendera Bosowa Rally Team, Subhan bergandengan dengan navigator utamanya, Hade Mboi, yang juga sukses tiga kali menjadi juara nasional navigator. Baik Subhan maupun Hade optimistis bisa mencapai hasil terbaik di Rally of Celebes meski perlawanan serius muncul dari sejumlah pereli nasional lainnya. Pasalnya, mereka berdua sudah berpengalaman di lintasan yang juga digunakan dalam Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2009 silam.

03-05-Rally of Celebes 04

Subhan yang juga Ketua Pengprov IMI Sulsel merasa perlu kembali mengangkat event reli di daerahnya dan menjadikannya sebagai contoh penyelenggaraan terbaik. Pengalamannya mengikuti seri kejuaraan dunia secara regular sejak tahun lalu akan diterapkan sebisanya.

Ia mengaku mengaku jadwalnya mengikuti serial kejurnas tak akan mengganggu konsentrasinya di ajang WRC bersama Bosowa Fastron Rally Team (BFRT). “Malah sebaliknya ada dampak positif. Kebanyakan trek gravel WRC sama tipikalnya dengan lintasan reli Indonesia, tantangan dan kebutuhan skill-nya hampir sama. Serial kejurnas sangat pas menjadi ajang persipan ke WRC seperti halnya di Takalar ini,” katanya.

03-05-Rally of Celebes 05

Leave a comment