Audi Siapkan SUV Q3 untuk Pasar Cina

Audi Q3

BEIJING, 31 Oktober 2010 – Volkswagen AG (VW) – induk perusahaan Audi- berencana memasarkan Audi Q3 di Cina pada akhir 2011 mendatang. Varian Sport Utility Vehicle (SUV) ukuran kompak besutan Audi itu pertamakali dikenalkan ke publik pada Paris Auto Show 2010 yang berlangsung 30 September-17 Oktober lalu.

“Kami berniat memasarkannya (Audi Q3), karena mobil mewah ini sangat diminati konsumen di pasar domestik,” tutur Zhang Xiaojun, Executive Vice President Sales Division FAW-VW Audi Cina kepada Beijing Times beberapa waktu lalu seperti dilansir gasgoo.com, Ahad (31/10).

Menurut Xiaojun, Audi Q3 dilengkapi mesin bensin 2.000 cc TFSI empat silinder yang bertenaga 200 daya kuda, dan mesin disel 2.000 cc TDI yang dilengkapi turbodiesel. Keduanya diproduksi dalam tipe berpenggerak empat dan dua roda. Ada tiga pilihan sistem transmisi yang ditawarkan.

Ketiganya, manual dengan enam tingkat percepatan, dual clutch S-Tronic enam tingkat percepatan, serta transmisi otomatis enam tingkat percepatan. Audi Q3 diproduksi di pabrik Audi SEAT di Martorell, Spanyol.

Proses produksi diperkirakan dimulai pada awal 2011 dengan kapasitas produksi awal 80 ribu unit per tahun. “(Saat ini) kami telah melakukan penghitungan tingkat efisiensi, kesempurnaan kualitas di departemen produksi, serta memiliki sumber daya manusia berkeahlian tinggi,” tutur Rupert Stadler, Ketua Dewan Manajemen Audi.

Mobil anyar itu merupakan SUV premium dengan dimensi terkecil di jajaran Audi. Dia diposisikan di bawah Audi Q5 yang diproduksi di Jerman dan Q7 yang dirakit di pabrik Slovakia.

Dimensi ukuran mobil ini tak jauh beda dengan Cross Coupe Quattro Concept.Panjangnya 4,63 meter (m), lebar 1,89 m, dan tinggi 1,65 m. Jarak sumbu rodanya mencapai 2,6 m. Sedangkan kapasitas bagasi mencapai 450 liter.

Beberapa kalangan menyebut desain Audi Q3 itu menyerupai coupe lima pintu namun dengan ground clearance dan pelek seperti SUV pada umumnya. Mereka juga menilai mobil ini bersaing ketat dengan BMW X1 dan Land Rover Evogue.

Hanya, hingga kini belum ada keterangan ihwal harga mobil tersebut.

Leave a comment