IIMS 2011: VW Golf TSI, Produk VW Terlaris di IIMS

Volkswagen New Golf TSI 1.4 (carmagazine.co.uk)

JAKARTA, 01 Agustus 2011 – Kehadiran merek Volkswagen (VW) di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 ternyata cukup memantik minat calon pembeli. Terbukti sepanjang 10 hari penyelenggaraan mobil asal Jerman itu terjual 105 unit.

“Jumlah tersebut cukup membanggakan karena dalam kurun waktu yang cukup pendek,” tutur Andrew Nasuri, Chief Executive Officer PT Garuda Mataram Motor, saat dihubungi di Jakarta, Senin, 1 Agustus 2011.

Mathilda Rinta, Public Relation Coordinator PT Garuda Mataram Motor, mengatakan model yang paling laris di hajatan tahunan tersebut adalah varian VW Golf, dengan jumlah penjualan 64 unit. “Jumlah itu terdiri dari VW Golf TSI sebanyak 58 unit, Golf GTI dua pintu dua unit, dan Golf GTI empat pintu 4 unit,” ucap Rinta.

VW Golf TSI mengusung mesin 1.400 cc dengan aplikasi supercharger dan turbocharger. Mesin tersebut menghasilkan tenaga hingga 160 daya kuda, yang memungkinkan hatchback itu mampu melesat hingga 220 kilometer per jam. Tenaga itu disalurkan ke roda dengan transmisi tujuh tingkat kecepatan.

Model terbaru Golf yang diluncurkan 14 Juli lalu itu merupakan produk completely knock down alias rakitan dalam negeri. Mobil ini mengantongi sertifikat bidang keselamatan dengan skor tertinggi dari Euro New Car Assessment Programme.

Volkswagen juga mengklaim mobil tersebut paling irit di kelasnya, dengan konsumsi bahan bakar 1 liter untuk jarak 16,6 kilometer. Di Indonesia Golf TSI anyar itu dibanderol Rp 339 juta on the road Jakarta.

Model lain yang juga membukukan pembelian cukup banyak adalah VW Scirocco, sebanyak 16 unit. Menyusul model itu, VW Polo membukukan penjualan 11 unit, dan VW Caravelle Long Wheel Base terjual 7 unit. “Caravelle tipe short wheel base terjual 1 unit. Adapun New VW Touran yang diluncurkan dua pekan lalu di IIMS saja terjual 5 unit,” ujar Rinta.

Menariknya, di gelaran itu PT GMM juga membukukan penjualan satu unit ambulans. Mobil untuk kendaraan medis itu adalah VW Panel Van yang telah dimodifikasi menjadi ambulans.

Leave a comment