Rekor Penjualan di IIMS Tak Merevisi Target Mazda Tahun 2011

Yoshiya Horigome President Director PT Mazda Motor Indonesia (kiri) dan Astrid Ariani Wijanan Marketing Manager PT MMI (kanan) saat peluncuran Mazda MX-5 di ajang Indonesia International Motor Show 2011 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. (Dok. MMI)

JAKARTA, 02 Agustus 2011 – PT. Mazda Motor Indonesia (MMI) mencatat sukses besar selama gelaran Indonesia International Motor Show ke-19. Selama 10 hari pelaksanaan Mazda mencatat penjualan 1.259 unit atau melebihi target semula yang hanya 800 unit. Meski demikian, Mazda tidak merevisi target penjualan mereka di tahun 2011 ini.

“Kami tetap dengan target sebanyak 8.000 unit tahun ini,” kata Astrid Ariani Wijana, Marketing Manager PT MMI ketika dihubungi Selasa, 2 Agustus 2011. “Tapi dengan penjualan di IIMS kami makin yakin bisa meraih target itu.”

Astrid mengatakan Mazda2 tetap menjadi model yang paling diminati dengan mengantongi penjualan sebanyak 824 unit. Sementara MPV luxury Mazda8, yang diluncurkan saat pembukaan IIMS 2011, masuk di urutan kedua dengan angka penjualan 110 unit.

Penjualan model lainnya adalah Mazda2 Sedan (82 unit), Mazda6 (28 unit), CX-7 (110 unit), CX-9 (44 unit), RX-8 (10 unit), MX-5 (8 unit), dan truk pikap BT-50 (43 unit). Edisi terbatas Mazda2 dengan warna Passion Orange yang hanya tersedia 17 unit juga habis terjual.

Angka 1.259 unit sekaligus memecahkan rekor bulanan Mazda selama tahun 2011 ini. Penjualan tertinggi dicatatkan Mazda di bulan juni lalu sebanyak 925 unit. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Selama Januari-Juni 2011, Mazda sudah mencatat penjualan 3.987 unit.

Selain itu, Mazda juga menerima dua penghargaan sebagai Best Dress Up serta Best Feature Design and Value, untuk Mazda2 hatchback dari majalah Car and Tuning Guide. Booth Mazda dengan tema “Feel the Absolute Zoom-Zoom Experience” terpilih sebagai runner-up ‘Best Booth’ pilihan para pengunjung IIMS 2011.

Yoshiya Horigome, Presiden Direktur Mazda Motor Indonesia mengatakan gembira dengan capaian penjualan di IIMS 2011. Ia mengatakan dua penghargaan yang dimenangkan menjadi sebagai bukti tumbuhnya pasar serta makin diterimanya Mazda di Indonesia.

Horigome mengatakan penjualan selama semester I 2011 dan terlampauinya target di IIMS membuat Mazda yakin akan meraih penjualan yang terus membaik sampai akhir tahun. “Kami tidak sabar menunggu capaian hebat lain di masa yang akan datang,” katanya.

Leave a comment