Test Drive: Ford Ranger, Konsumsi Rata-rata BBM 15.8 km/liter

12-12-Ford Ranger 01

JAKARTA, 10 Desember 2012 — All-new Ford Ranger Double Cab XLT Hi-Rider Duratorq TDCi 2.2L VG Turbo dengan transmisi manual enam percepatan membuktikan kemampuannya dalam konsumsi bahan bakar. Menempuh jarak hampir 500 kilometer dari pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta ke pelabuhan Tanjung Emas di Semarang dengan rata-rata penggunaan bahan bakar sebesar 15.80 km/liter.

Test drive ini digelar PT Ford Motor Indonesia bersama 24 jurnalis. Sebanyak enam unit all-new Ranger Double Cab XLT Hi-Rider Duratorq TDCi 2.2L VG Turbo diuji. Tantangan ini secara independen di uji oleh BTMP-BPPT (Balai Termodinamika, Motor dan Propulsi – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi).

Untuk memastikan kualitas, tangki bahan bakar setiap Ranger di isi dengan Pertadex – referensi UN-ECE untuk uji bahan bakar diesel, kemudian tangki tersebut di segel rapat pada saat memulai perjalanan di Jakarta. AC juga dinyalakan pada kecepatan “2” dan kemudian di segel, adapun tekanan ban ditetapkan pada 38 psi baik untuk ban depan maupun ban belakang.

Setiba di tujuan Tanjung Emas, Semarang, BTMP-BPPT mengevaluasi seluruh kendaraan di atas permukaan datar yang sama sebagaimana ditentukan dengan menggunakan penggaris ukur water-pass untuk memastikan keadilan dan kredibilitas penilaian. Hasilnya, rata-rata konsumsi bahan bakar 15.80 km/liter dengan waktu tempuh 11 jam perjalanan pada kecepatan rata-rata 45.49 Km/jam melintasi beragam kondisi jalan dan kemacetan lalu lintas.

“Hasil dari test drive ini menegaskan bahwa all-new Ranger memang merupakan pemimpin dalam penghematan bahan bakar di Indonesia,” kata Bagus Susanto, Managing Director PT Ford Motor Indonesia.

Fakta Perjalanan:
All-New Ranger : 15.80 Km/L
Rute : Jalan Tol & Jalan Umum – Jakarta (Tanjung Priok) → Semarang (Tanjung Emas)
A/C : Dinyalakan pada level 2 disepanjang perjalanan
Bahan bakar : Pertadex – untuk memastikan kualitas bahan bakar
Tekanan ban : Ban depan dan belakang = 38psi
Beban penumpang : 4 orang (dengan 4 tas kecil dan berbagai peralatan lainnya)

12-12-Ford Ranger 02

12-12-Ford Ranger 03

12-12-Ford Ranger 04

12-12-Ford Ranger 05

Leave a comment