IIMS 2013: Perbedaan Mazda Biante SKYACTIV

SONY DSC

JAKARTA, 22 September 2013 — Mazda memperkenalkan Mazda Biante dengan SKYACTIV di pembukaan IIMS 2013, Kamis lalu. Biante ini akan melengkapi New Mazda Biante yang ada sebelumnya. Yuk, kita bahas sedikit perbedaannya.

PT Mazda Motor Indonesia, pemenang merek Mazda, mengatakan kehadiran Biante dengan SKYACTIV ini bukan untuk menggusur New Biante. Istilahnya, Mazda kini memiliki dua varian Biante yaitu dengan dan yang tanpa teknologi SKYACTIV. Jika Biante biasa dibanderol Rp 382 juta maka Biante dengan SKYACTIV dilepas Rp 398 juta.

Selain harga apa bedanya? Banyak. Pertama tampilan. Perbedaan bisa terlihat dari bentuk bumper depan, chrome grille yang lebih besar bagian atas, terbalik dengan Biante biasa. Plus tampilan lampu kabut atau fog lamp.

22-09-Mazda Biante spesifikasi

Kedua di bagian mesin.

Dari data di atas terlihat jika Biante biasa menggunakan Direct Injection Spark Ignition (DISI) sedangkan satunya menggunakan SKYACTIV-G. Kapasitasnya sama namun kompresi rationya berbeda; 11:: 1 dan 12.0:1. Di sini terlihat jika Biante SKYACTIV memiliki kompresi lebih tinggi.

Konsekuensinya, Biante SKYACTIV harus menggunakan bensin tanpa timbal RON91 atau lebih.

Tenaga yang dihasilkan juga lebih besar meski torsinya tak berubah. Perbedaan lain jika Biante biasa diperkuat transmisi otomatis 5-percepatan makan Biante SKYACTIV sudah dipasangi SKYACTIV-Drive 6-speed. Tambahan lain, Mazda melengkapinya dengan sistem i-Stop (idle-stop system) yang dapat mematikan mesin ketika berhenti beberapa detik untuk menghemat BBM.

Untuk sistem audio dan interior tidak ada perbedaan dengan Biante, hanya saja ada penambahan 6.1 inci touchscreen display dengan LED backlighting yang dapat dioperasikan melalui tombol audio pada roda kendali, double DIN, 24-bit digital-to-analog-converter, built-in bluetooth untuk hands-free phone dan audio streaming.

Nah, yang mana pilihan Anda?

2 Responses

  1. […] IIMS 2013: Perbedaan… on IIMS 2013: Mazda New Biante SK… […]

  2. […] IIMS 2013: Perbedaan… on IIMS 2013: Mazda New Biante SK… […]

Leave a comment