Audi A6, Mobil Paling Aman Bagi Anak-anak

Audi A6 saat tes Euro NCAP (euroncap.com)

BRUSSEL, 24 Agustus 2011 – Sedan Audi A6 generasi terbaru dinyatakan sebagai kendaraan yang memiliki tingkat keamanan tertinggi bagi penumpang anak-anak oleh Euro New Car Assessment Programme (Euro NCAP). Setelah menjalani serangkaian uji tabrak, sedan bermesin diesel 2.000 cc itu mengumpulkan 41 poin atau nilai tertinggi.

“Nilai itu untuk perlindungan anak umur 18 bulan dan tiga tahun,” bunyi pernyataan organisasi keselamatan yang berkantor pusat di Brussel, Belgia, itu seperti dilansir autoevolution.com, Rabu, 24 Agustus 2011.

Sementara dalam hal perlindungan penumpang dewasa dan pejalan kaki, Audi A6 mendapatkan nilai terbaik di kelasnya. “Dalam uji tabrak frontal dari depan dan samping, serta simulasi mobil terguling sedan ini mendapatkan peringkat bintang lima atau tertinggi,” sebut pejabat Euro NCAP.

Nilai lebih Audi A6 dalam hal perlindungan kepada pejalan kaki adalah penggunaan lampu yang menyala di siang hari atau daytime running light. Peranti lain yang menjadi nilai tambah adalah night vision dengan fitur peringatan kepada pejalan kaki serta sistem pengereman Audi Presence System.

Peranti terakhir tersebut berguna memperlambat laju mobil di saat potensi kecelakaan tak bisa dihindari. Walhasil, dampak kecelakaan juga bisa diminimalkan.

Sejak beberapa tahun terakhir EuroNCAP menetapkan uji aspek keselamatan mobil baru yang akan dipasarkan di Eropa dengan tiga materi uji dan satu aspek penunjang. Keempatnya adalah, uji tabrak dari depan, samping dan belakang.

Adapun aspek lain yang dinilai adalah kelengkapan peralatan penunjang keamanan.

Leave a comment