Audi A5 Coupe, Si Mungil Bertenaga Besar

Audi A5 Coupe 2.0L TFSI (Ist)

JAKARTA, 24 Mei 2012 — Mungil, sporty, dan mewah. Kesan itu langsung terlihat ketika Audi A5 Coupe berkelir putih itu meluncur di pelataran parkir Bluegrass Cafe di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 16 Mei 2012 lalu. Mobil yang dikendarai Subronto Laras, Komisaris PT Indomobil Sales Internasional, itu mengawali prosesi peluncuran model terbaru dari Audi tersebut.

Audi A5 Coupe menjadi model pertama yang dilansir PT Garuda Mataram Motor, pemegang merek Audi dan Volkswagen di Indonesia, pada tahun 2012 ini.

Andrew Nasuri, CEO PT GMM mengatakan setelah ini pihaknya juga akan memasukkan beberapa model lainnya. “Strategi ini merupakan langkah kami untyuk memantapkan posisi Audi di pasar mobil mewah Indonesia,” kata dia.

Oke, mungkin kita fokus dulu ke Audi A5 Coupe ini.

Bermain di pasar premium, apalagi model Coupe, jelas bukan pekerjaan gampang buat Audi. Pasar ini sangat kecil. Namun PT GMM cukup yakin dengan peluang Audi A5 Coupe yang dibanderol Rp 690 juta (off the road Jakarta).

EKSTERIOR

Audi A5 Coupe merupakan satu dari tiga model dari keluarga A5. Dua model lainnya adalah Sportback dan Convertible. Namun Andrew Nasuri mengatakan pihaknya memilih hanya memasarkan varian coupe saja di Indonesia.

Dibandingkan model pertama yang dilansir pada 2009 lalu, tampilan Audi A5 Coupe ini mengalami banyak perubahan. Yang gampang dikenali adalah dari desain single-frame grille. Lampu depan tampil dengan desain modern serta dilengkapi fitur LED daytime lights plus xenon.

Di bagian buritan desain baru dilakukan pada lampu belakang yang kini ditambahi garis lampu LED. Selain itu, dua knalpot yang ada pada model sebelumnya kini tidak ada lagi, digantikan knalpot ganda yang ditempatkan di sisi kiri.

Selain itu, penggunakan bahan alumunium, baja, dan bahan sistentis lainnya membuat Audi A5 Coupe memiliki bobot yang lebih ringan.

INTERIOR

Mobil dua pintu ini bisa menampung empat penumpang. Meski demikian, perangkat di dalam kabin menunjukkan jika mobil ini terpusat pada pengemudi.

Tampilan interior termasuk simpel dan tidak neko-neko untuk sebuah ukuran mobil premium. Tempat duduk, pintu, dan dinding samping dibalut kulit Milano membuat kesan mewah.

Dashboard terpusat pada consol tengah tempat audio system dan pengatur suhu udara. Sedangkan kemudi multi fungsi membuat pengemudi bisa mengoperasikan musik dan telpon.

SASIS

Ada beberapa teknologi menarik yang disematkan Audi pada bagian ini. Suspensi Audi A5 Coupe menggunakan bahan alumunium. Pengendaliannya cukup presisi berkat lengan ayun belakang berikut suspensi berbentuk trapesium.

Oh, ya teknologi baru juga dilakukan pada sistem kemudi. Sistem power steering pada kemudi diatur secara elektromekanikal. Selain lebih presisi, teknologi ini juga membuat konsumsi bahan bakar lebih hemat hingga 0.3 liter untuk setiap 100 kilometernya.

Mobil dengan penggerak roda depan ini memiliki fitur seperti electronic stabilization program (ESP), electronic limited slip differential, tyre presurre monitoring system, serta driver select. Fitur terakhir memungkinan kita mengatur power steering, engine menagement, automatic transmission, suspension, dan automatic air contiditoning sesuai keinginan kita. Pilihannya ada tiga; comfort, auto, dan dynamic.

Tak ketinggalan adalah fitur keamanan. Audi melengkapi A5 Coupe dengan 2 adaptive airbag, plus 2 side airbag dan 2 head airbag. Lainnya, adalah Anti-Lock Braking System (ABS).

MESIN

Nah, bagian ini merupakan keunggulan Audi A5 Coupe. Pabrikan Jerman ini menggunakan mesin yang terpilih sebagai Engline of the Year sejak 2005 hingga 2009.

Mesin berkapasitas 2.0 liter TFSI berkonfigurasi 4 silinder dengan turbo charged dan direct injection. Ada tambahan adjustable intake camshafts, valvefit system pada sistem pembuangan, two balance shafts, friksi yang minimal pada mesin, serta saluran intake manifold yang bervariasi.

Inilah yang menjadi rahasia tenaga besar mobil ini. Audi menyebut mobil ini menghasilkan tenaga 211 horse power pada 4.300-6.000 rpm. Hebatnya lagi, torsi maksimum yang dihasilkan adalah 350 Newton Meter yang sudah didapatkan pada 4.200 rpm.

Torsi yang cukup wah untuk ukuran mesin berkapasitas 2.0 liter ini mampu melesatkan Audi A5 Coupe dari posisi diam menuju 100 km/jam dalam waktu 6.4 detik. Kecepatan maksimum disebutkan Audi mencapai 243 km/jam.

Kehebatan mesin ini dipadukan dengan transmisi 8 percepatan otomatis multitronic.

HARGA

Paket yang diberikan Audi A5 Coupe ini bisa didapatkan dengan harga Rp 690 juta off the road Jakarta. Tapi harga tersebut untuk kondisi standard. Jika konsumen ingin tampil beda, Audi memberikan versi “plus” alias Audi A5 Coupe plus.

Tambahannya antara lain fitur electric seat, park distance control, lampu Xenon, tempat duduk kulit, velg 18 inch dan lain-lain. “Semuanya bisa didapatkan dengan tambahan harga sebesar kurang lebih Rp 100 juta,” kata Imelda Muhidin, GM Marketing and Sales PT GMM.

Imelda mengatakan, Indonesia tahun ini hanya mendapatkan jatah 20 unit. Dari angka ini sebagian besar sudah ada pemesannya. “Kami akan berusaha meminta tambahan kuota dari prinsipal. Agak sulit jika kita meminta jatah negara lain karena spesifikasi mesin dan emisi yang berbeda,” kata dia.

SPESIFIKASI

Mesin: 4-cylinder 2.0 Turbo Fuel Stratified Injection
Kapasitas: 1.984 cc
Tenaga: 155 kW (211 hp) @ 4.300-6.000 rpm
Torsi: 350 Nm @ 1.500-4.200 rpm
Transmision: 8-speed multitronic
Ban: 245/40/R18
Top speed: 243 km/jam
Akselerasi 0-100 km/jam: 6,4 detik
Bahan bakar: RON 95
KonsumsiL 7.0 l/100km (kombinasi)
Panjang: 4/626 mm
Lebar: 1.854 mm
Lebar: 1.372 mm
Wheelbase: 2.571 mm

4 Responses

  1. […] 28 Mei 2012 – Peluncuran Audi A5 Coupe, 16 Mei 2012 lalu, hanyalah langkah pembuka PT Garuda Mataram Motor sebelum rangkaian pengenalan beberapa model […]

  2. […] Andrew Nasuri, CEO PT Garuda Mataram Motor mengatakan Audi A5 Coupe hanyalah langkah pembuka masuknya model-model baru Audi ke Indonesia. Ia menyebutkan akan ada empat […]

  3. […] Q3 menjadi model kedua yang diperkenalkan PT GMM. Sebelumnya, 16 Mei 2012, PT GMM meluncurkan Audi A5 coupe. Mobil sport dua pintu ini dibanderol Rp 690 juta (off the […]

  4. […] lain yang tampil adalah A5 2.0 TFSI Coupe yang baru saja diluncurkan 16 Mei 2012 lalu. Dengan konsep tempat duduk 2+2, Audi A5 Coupe […]

Leave a comment